Kid

5 Mainan Edukasi Anak 1 Tahun yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembang

Berikan mainan ini ke si Kecil, ya!

Mendukung tumbuh dan kembangnya anak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari pembelajaran sejak dini hingga edukasi dalam bentuk mainan juga bisa dilakukan.

Dalam pertumbuhan anak terutama umur 1 tahun, harus ada pendekatan khusus di mana mengajarkan sesuatu pada anak dengan cara yang menyenangkan.

Misalkan Sahabat ingin mengajarkan pada anak tentang huruf abjad maka Sahabat bisa mengajarkannya dengan mainan berbentuk abjad.

Anak akan lebih mudah mengingat dan otaknya lebih berkembang dengan pesat dengan cara ini.

Tak hanya memberikan mainan secara langsung, sebagai orang tua tetap harus terlibat dalam setiap aktivitas perkembangannya. Sahabat bisa mengajaknya bermain dan berinteraksi dalam permainan tersebut.

Bagi Sahabat yang masih bingung, Jitaksara sudah menyiapkan beberapa rekomendasi mainan yang bisa Sahabat gunakan untuk mengedukasi anak.  Simak dalam artikel Jitaksara di bawah ini, ya!

1. Mainan yang bisa digunakan untuk interaksi fisik

mainan edukasi anak 1 tahun

novakdjokovicfoundation.org

Jenis mainan ini seperti bola, telepon-teleponan, bowling plastik, sepeda dan masih banyak lagi. Jenis mainan yang bisa membantu mengembangkan koordinasi antara mata dan gerak motorik tubuhnya.

Selain seru, jenis permainan ini biasanya lebih disukai oleh anak. Anak akan terdorong semakin aktif sehingga anggota tubuhnya bisa bergerak bebas.

Anak juga akan termotivasi untuk merangkak, berjalan dan rasa ingin tahunya semakin meningkat.

2. Mainan yang digerakkan dengan kaki

mainan edukasi anak 1 tahun

photos.com

Jika anak Sahabat berjenis kelamin laki-laki maka bisa membelikannya mainan seperti mobil-mobilan, sepeda, kereta atau yang lainnya.

Usahakan mainan tersebut bisa memacu anak untuk bergerak. Misalkan mainan mobil-mobilan atau truk yang bisa dinaiki anak. Mainan jenis ini bisa membantu mengembangkan fisik anak.

Selain itu Sahabat juga bisa mengajarkan tata krama dalam berlalu lintas sejak dini, misalkan mengenalkan rambu-rambu lalu lintas atau etika ketika menyalip (jika bermain mobil-mobilan).

Baca juga: 7 Game Edukasi Anak Usia 1-4 Tahun untuk Bantu Kembangkan Kemampuan Anak

3. Mainan bertema binatang

leapfrog.com

Sahabat bisa mengajarkan dan mengenalkan berbagai mainana bertema binatang ini. Mulai mengenalkan bentuknya, suaranya dan pengetahuan lain yang berkaitan dengan binatang tersebut.

Anak akan bisa mengingat dan berimajinasi dengan mainan bertema binatang tersebut. Tentunya pilih mainan dengan ukuran yang agak besar, apabila mainan terlalu kecil bisa tertelan oleh anak.

Ciptakan suasana yang menyenangkan agar anak mudah dalam memahami setiap bentuk dan jenisnya.

4. Mainan untuk mengenalkan bentuk, huruf atau warna

curiousworld.com

Untuk mengenalkan bentuk, warna dan huruf abjad bisa diperkenalkan sejak dini kepada anak. Sahabat bisa memandunya untuk memisahkan mainan-mainan sesuai dengan warna atau bentuknya.

Mainan dari ini juga bisa melatih kemampuan kognitif anak seperti mengingat, berpikir, memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara tepat.

Sahabat perlu menemani anak dan terlibat dalam permainan tersebut. Hal ini penting dilakukan karena interaksi sosial juga akan menambah minat dan kemampuan anak.

Baca juga: Cara Membuat Slime Tanpa Lem. Dijamin Aman untuk Anak!

5. Mainan alat musik

mainan edukasi anak 1 tahun

momlovesbest.com

Mainan terakhir adalah mainan alat musik yang bisa mengeluarkan jenis suara tertetu. Tidak hanya menghibur saja namun mainan ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak juga.

Mainan alat musik juga bisa melatih indera pendengaran si kecil menjadi lebih peka.

Jika memang anak memiliki bakat di musik maka ia akan lebih memilih mainan alat musik ini dibandingkan dengan mainan yang lainnya.

Sahabat bisa memilih alat musik dengan warna yang mencolok dan berwarna terang. Pilih juga mainan yang aman dimainkan untuk anak seusianya.

Itulah beberapa jenis mainan edukasi yang bisa diberikan kepada anak usia 1 tahun. Mainan edukasi bisa merangsang dan melatih anak agar tumbuh kembangnya menjadi lebih maksimal. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top