Health

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Pertumbuhan Anak

4 sehat 5 sempurna

Anak tumbuh sehat dan cerdas berkat makanan-makanan ini

Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, sayuran, lauk pauk, buah-buahan dan susu. Berbagai kandungan yang bisa ditemukan pada bahan makanan tersebut memang dibutuhkan selama masa pertumbuhan anak.

Jadi sebagai orang tua, Sahabat bisa menyediakan kebutuhan tersebut setiap hari. Yuk simak apa saja yang masuk ke makanan 4 sehat 5 sempurna tersebut dalam artikel Jitaksara berikut ini!

1. Makanan pokok

makanan 4 sehat 5 sempurna

Berbagai makanan pokok yang bisa Sahabat sediakan untuk mendukung pertumbuhan anak seperti:

  • Nasi, nasi merah
  • Jagung
  • Sagu
  • Singkong
  • Gandum
  • Kentang
  • atau dari jenis umbi-umbian lainnya.

Jadi tak harus selalu nasi karena anak akan merasa bosan, selain itu kandungan pada bahan pokok lain juga berguna untuk pertumbuhan anak. Bahan pokok ini dipilih karena mengandung banyak karbohidrat sebagai sumber energi bagi anak.

Sebagai rekomendasi, bahan pokok yang lebih mendukung pertumbuhan anak adalah nasi merah. Bahan ini sangat baik karena mengandung antioksidan dan vitamin B6 yang mampu menjaga keseimbangan hormon serotonin. Tentu bagi Sahabat tak sulit untuk mengolah bahan-bahan tersebut menjadi makanan yang disukai anak-anak, bukan?

2. Lauk pauk

Pada kategori makanan 4 sehat 5 sempurna memang ada komposisi lauk pauk yang diperlukan. Beberapa contoh lauk pauk yang rekomendasi seperti:

A. Daging ayam, sapi, kambing, bebek dan ikan

Daging ayam, sapi, kambing, bebek dan ikan

Komposisi lauk pauk memang perlu menyediakan bahan ini karena mengandung banyak sekali protein dan berbagai zat lain yang dibutuhkan oleh anak. Selain itu pada ikan terdapat omega 3 yang bagus untuk perkembangan otaknya. Tak hanya ikan, anak-anak juga perlu mengonsumsi daging ayam karena mengandung banyak protein hewani. Namun jangan sampai memberikannya setiap hari karena dapat menyebabkan anak menjadi obesitas.

B. Telur

Telur

Ada juga telur yang wajib dikonsumsi untuk anak. Namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya lebih dari 2 butir per hari. Telur mengandung banyak sekali magnesium yang dapat mengatur keasaman pH dalam tubuh.

C. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe

Lauk ini memang sudah menjadi santapan setiap hari karena akrab dengan masyarakat Indonesia. Dalam bahan ini mengandung banyak sekali asam amino dan protein nabati. Untuk mengolahnya, Sahabat bisa menggorengnya, menumis atau mencampurnya dengan sayuran.

3. Sayur-sayuran

Walau si kecil tak suka dengan bahan ini, setidaknya Sahabat tetap menyiapkan bahan ini sebagai asupannya, ya! Sahabat bisa membentuknya menjadi bentuk yang lucu atau memasaknya sesuai dengan selera anak. Beberapa sayuran yang penting dalam masa pertumbuhan anak seperti:

A. Sawi

Sawi

Pada sawi mengandung zat hijau yang sangat berguna untuk perkembangan tubuh anak. Zat ini juga dapat menyehatkan tulang, mencegah kanker, menyehatkan kulit dan rambut. Selain itu pada bahan ini juga mengandung vitamin K yang mengandung folat, niacin fosfor, kalium, dan thiamin.

B. Kubis, brokoli dan kembang kol

brokoli

Sayuran ini mengandung banyak flavonoid yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak. Berbagai zat antikanker juga ada di dalamnya, jadi jangan sampai melewatkan sayuran ini, ya Sahabat!

C. Wortel

Wortel

Pada sayuran ini mengandung gula alami dan banyak vitamin A. Warna oranye pada sayur ini mengandung zeaxanthin, beta karoten dan vitamin C yang tinggi. Wortel juga dipercaya dapat membantu indera penglihatan anak menjadi lebih baik.

4. Buah-buahan

Sebagai sumber makanan yang sangat penting, Sahabat juga perlu menyediakan berbagai buah-buahan pada menu 4 sehat 5 sempurna. Buah-buahan ini seperti jeruk, apel, anggur, sirsak, kelengkeng, alpukat dan manggis sangat cocok dikonsumsi oleh anak. Kandungan gizinya penting untuk pertumbuhan anak.

A. Buah hijau

Buah hijau

Ada juga kategori buah hijau yang mengandung banyak vitamin C, beta karoten, kalsium dan folat. Buah hijau yang rekomendasi untuk dikonsumsi anak seperti kiwi, jambu kristal dan apel.

B. Buah kuning

Buah kuning

Selain itu Sahabat juga bisa memilih buah kuning yang mengandung banyak sekali kalium, vitamin C dan beta karoten yang dapat melancarkan sistem metabolisme pada anak. Buah kuning merupakan buah yang paling efektif untuk melawan sel kanker. Contoh buah kuning ini adalah pisang, mangga dan nangka.

5. Susu

Susu

Sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna memang tak lengkap jika tak menghadirkan susu. Susu dapat membantu pertumbuhan tulang dan giginya menjadi lebih sempurna karena lebih banyak mengandung kalsium dan kalium. Beberapa olahan susu tak hanya dari hewan bisa Sahabat pilih seperti susu almond, susu kedelai, susu kambing dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa bahan makanan yang masuk ke makanan 4 sehat 5 sempurna. Sahabat bisa mengolahnya menjadi santapan yang lezat setiap harinya untuk si kecil, ya!

4 Comments

Most Popular

To Top