Food

7 Makanan Khas Palembang Paling Lezat dan Wajb Dicoba

Wajib dicoba, nih!

Palembang sebetulnya memiliki banyak harta karun di dunia kuliner selain pempek. Maka dari itu Sahabat bisa mengeksplorasi dan memburu banyak kuliner yang ada di sana. Ciri khas kuliner Palembang biasanya menggunakan banyak rempah dalam makanannya. Jadi bisa tercipta rasa yang otentik dan original jika Sahabat mencicipinya langsung.

Bagi Sahabat yang ingin berkunjung atau sedang berada di Palembang tenang saja. Jitaksara sudah menyiapkan daftar kuliner yang wajib dicicipi tersebut di bawah ini. Simak baik-baik, ya!

1. Pempek

makanan khas palembang

foodizz.id

Tak lengkap rasanya jika ke Palembang nggak mencicipi kuliner satu ini. Saking terkenalnya kuliner ini, Sahabat bisa dengan mudahnya menemukan pempek di hampir semua daerah di Indonesia. Walau begitu, rasa asli dan otentik dari pempek ini hanya tersedia di Palembang. Jadi jika ada kesempatan berkunjung ke daerah ini jangan pernah melewatkan rasa asli dari pempek Palembang, ya Sahabat! Pempek memiliki banyak variasi di dalamnya seperti kapal selam, lenjer, keriting dan pempek lainnya yang bisa Sahabat coba.

2. Tempoyak

Tempoyak

hooikhawandsu.com

Kuliner satu ini cukup unik dibandingkan dengan kuliner lainnya yang ada di Palembang. Terbuat dari campuran durian yang ditumis dengan cabai dan bawang. Jadi teksturnya bisa dibilang seperti sambal pada umumnya. Rasanya nggak bisa terbayangkan, jadi Sahabat harus datang dan merasakan sendiri kenikmatannya. Biasanya tempoyak ini disajikan sebagai pelengkap makanan untuk menikmati ikan patin atau kuliner Palembang lainnya.

3. Martabak Har

3. Martabak Har

ksmtour.com

Hampir mirip dengan martabak biasa, namun pada martabak har ini memiliki ciri khas sendiri yaitu disiram dengan kuah kari. Rasa rempah yang kuat ditambah dengan campuran kentang dan daging akan membuat jiwa-jiwa kelaparan menjadi tak tahan. Sahabat bisa merasakannya di Rumah makan Har (Haji Abdul Rojak) di Jalan Protokol Sudirman.

4. Mie Celor

4. Mie Celor

bisnisbandung.com

Berbeda dengan olahan mie di daerah lain, di Palembang memiliki mie yang diolah dengan tambahan kuah santan kental dan dicampur dengan kaldu udang. Mie celor ini memang wajib untuk dicicipi jika Sahabat berkunjung ke Palembang. Dalam penyajian mie celor ini akan ditambahkan sayur-sayuran, telur dan juga taburan bawang goreng. Mie yang digunakan pun juga berbeda, orang Palembang sengaja membuat mie dengan ketebalan seperti udon. Jadi bisa lebih menggoda hawa nafsu untuk memakannya, ya Sahabat!

5. Pindang Patin

5. Pindang Patin

faktualnews.co

Tak hanya pempek, Palembang juga terkenal dengan kuliner pindang patinnya. Ikan patin yang diiris kemudian dibumbui cabe merah, bawang putih, cabe rawit, nanas dan berbagai bumbu rempah lainnya. Rasanya yang pedas dan menggoda ini cocok disajikan dengan nasi yang masih panas.

6. Laksan

Laksan

masakandapurku.com

Laksan merupakan kuliner khas Palembang yang memiliki bentuk seperti pempek lenjer. Dalam penyajiannya akan diiris setebal 1 cm dan disajikan dengan kuah santan. Resep asli dari laksan ini masih ditambahkan telur dan taburan bawang goreng. Sudah terbayang rasa nikmat dari kuliner ini, Sahabat?

7. Tekwan

makanan khas palembang

cookpad.com

Tekwan memiliki bahan yang sama dengan pempek, namun pada tekwan lebih dibuat kecil-kecil seperti bakso ikan. Penyajiannya pun menggunakan kuah kaldu udang yang ditambakan taburan bawang goreng dan daun bawang. Jika Sahabat sudah mencicipi rasa dari kulier ini pasti akan tega untuk menambah lagi!

Demikian beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Sahabat cicipi saat berada di Palembang. Sebetulnya masih ada banyak rekomendasi kuliner Palembang lain yang bisa Sahabat nikmati. Tunggu update selanjutnya, ya!

Click to comment

Most Popular

To Top