Parenting

Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

makanan penyebab keguguran

Hindari makanan-makanan ini selama masa kehamilan, ya!

Masa kehamilan trimester pertama memang paling mengkhawatirkan bagi ibu hamil. Pasalnya, pada usia tersebut sangat menentukan apakah bayi bisa berkembang secara normal atau justru mengalami keguguran. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan keguguran, diantaranya adalah makanan, pola hidup, aktivitas dan kondisi dari janin tersebut.

Itulah mengapa ketika masuk masa trimester pertama bagi ibu hamil diwajibkan untuk berhati-hati dalam berbagai hal agar janin yang dikandung tetap sehat dan sempurna. Berbicara tentang makanan, bagi Sahabat yang menginjak trimester pertama wajib menghindari beberapa makanan di bawah ini. Simak daftar yang sudah Jitaksara siapkan berikut ini, ya Sahabat!

1. Makanan cepat saji dan berpengawet

1. Makanan cepat saji dan berpengawet

Nah makanan yang pertama yang perlu Sahabat hindari ketika masuk trimester pertama adalah makanan cepat saji yang mengandung banyak pengawet di dalamnya. Menurut para ilmuwan mengatakan bahwa efek junk food pada kehamilan akan meningkatkan risiko pada jumlah lemak trans dan lemak terhidrogenasi.

Itulah mengapa Sahabat perlu membatasi makanan yang berlemak, idealnya adalah memenuhi kebutuhan sesuai porsinya saja. Mempertahankan diet sehat tersebut dapat menjaga perkembangan janin semakin lebih sempurna.

2. Olahan daging

2. Olahan daging

Bagi Sahabat penyuka makanan dari olahan daging perlu waspada. Pasalnya daging yang tidak matang sempurna masih memiliki kandungan bakteri di dalamnya seperti Toxoplasma Gondii, Salmonella dan Listeria. Bakteri tersebut dapat menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi keracunan sehingga mengganggu pertumbuhan janin yang dikandung pula. Sebaiknya untuk mengonsumsi daging yang sudah benar-benar matang agar terhindar dari masalah tersebut

3. Peach

Peach

Rasanya yang enak dan segar pada buah ini memang mantap untuk disantap. Namun buah ini masuk ke dalam daftar makanan yang perlu dihindari ketika masa kehamilan tiba. Buah ini memiliki sifat panas yang dapat membuat suhu tubuh meningkat. Hal ini bisa menyebabkan pendarahan internal pada ibu hamil sehingga besar kemungkinan mengakibatkan keguguran.

Baca juga: 3 Pantangan Buah Ibu Hamil yang Harus Ditaati Demi Kesehatan Ibu dan Janin

4. Produk olahan susu mentah

4. Produk olahan susu mentah

Produk susu yang tidak melalui tahap pasteurisasi seperti susu segar mentah, gorgonzola, keju feta dan mozzarella perlu dihindari. Pasalnya produk tersebut kemungkinan besar mengandung bakteri Listeria yang membawa dampak buruk pada janin yang dikandung. Ibu hamil memang dilarang untuk mengonsumsi bahan makanan yang mentah untuk menghindari berbagai bakteri yang bisa masuk ke dalam tubuh.

5. Pepaya muda

5. Pepaya muda

Biasanya buah ini hadir pada makanan rujak yang menyegarkan. Bagi ibu hamil tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini dalam kondisi yang masih muda atau berwarna hijau. Kandungan di dalamnya bisa membuat persalinan menjadi prematur atau bahkan terjadi keguguran. Selain itu pada biji buah pepaya terdapat enzim yang dapat membuat rahim menjadi berkontraksi yang bisa menyebabkan keguguran.

6. Hati hewan

6. Hati hewan

Walaupun rasanya enak, namun para ibu hamil tidak diperkenankan untuk mengonsumsi olahan hati hewan. Jika mengonsumsi bahan makanan ini dapat meningkatkan akumulasi retinol yang bisa membahayakan janin yang sedang dikandung.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Ayam? Temukan Jawabannya di Sini!

7. Kepiting

Sebetulnya, kandungan nutrisi dalam kepiting ini juga banyak sekali namun tidak cocok untuk dikonsumsi ibu hamil. Mengonsumsi kepiting ini dapat menyebabkan rahim menjadi menyusut dan menyebabkan pendarahan internal. Walaupun rasanya begitu lezat, Sahabat perlu menghindari bahan makanan satu ini, ya!

8. Nanas

makanan penyebab keguguran

Sudah sewajarnya jika ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi buah nanas apalagi dalam jumlah yang banyak. Buah nanas dapat melunakkan leher rahim dan membuat kontraksi pada rahim. Dampak buruk tersebut juga bisa menyebabkan efek lanjutan seperti keguguran. Hindari buah ini dalam bentuk apapun, ya Sahabat!

9. Jus aloe vera

makanan penyebab keguguran

Kandungan aloe vera memang banyak manfaatnya bagi tubuh manusia terutama untuk kesehatan kulit dan obat penyakit dalam. Namun pada bahan makanan ini tidak disarankan bagi ibu hamil karena kandungan antrakuinon yang dapat membuat uterus menjadi berkontraksi sehingga terjadi keguguran. Namun tidak ada penelitian yang menyebutkan risiko aloe vera tersebut jika digunakan sebagai obat luar.

10. Pare

Pare

Rasanya yang segar dan pahit bisa menjadi teman makanan yang menyehatkan. Beberapa kandungan di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh seperti mengendalikan kadar gula tubuh sampai menangkal kanker. Namun jika dikonsumsi oleh ibu hamil, pare tersebut bisa menyebabkan kontraksi pada uterus sehingga menyebabkan pendarahan di janin. Sahabat perlu menghindari makanan ini agar janin yang dikandung tetap sehat, ya!

Itulah beberapa daftar makanan yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Pastikan untuk tidak mengonsumsinya untuk kelancaran selama masa kehamilan, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top