Parenting

5 Makanan Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil yang Ampuh

Konsumsi makanan ini secara rutin agar promil berjalan lancar, ya!

Ada banyak cara yang bisa Sahabat lakukan agar cepat mendapatkan momongan. Mulai dari program hamil, pola makan khusus, sampai program pra-kehamilan pun bisa dijalani. Sebetulnya, cepat atau tidaknya seseorang hamil ditentukan dari pasangan tersebut. Misalnya, ada siklus hari kesuburan yang bisa dihitung sebelumnya agar lebih meningkatkan peluang kehamilan. Kondisi kesehatan tubuh pasangan juga menentukan cepat atau tidaknya terjadi kehamilan tersebut.

Di bawah ini ada beberapa makanan yang sudah Jitaksara siapkan bagi Sahabat yang ingin program hamil. Kandungan di dalam makanan tersebut dapat meningkatkan kesuburan kedua pasangan sehingga lebih cepat hamil. Simak baik-baik, ya!

1. Makanan kaya zinc

makanan penyubur kandungan

food.detik.com

Kandungan zinc ini dapat melancarkan siklus menstruasi dan memproduksi sel telur dengan kualitas yang tinggi. Banyak dokter kandungan sendiri yang menganjurkan makanan yang mengandung zinc ini selama program kehamilan. Jadi siap-siap saja untuk mencari beberapa bahan makanan seperti kuning telur, tiram, hati sapi, biji-bijian dan masih banyak lagi, ya Sahabat! Biasanya dalam program kehamilan dianjurkan untuk mengonsumsi 2 -3 bulan sebelum masa yang diinginkan agar dapat segera mendapatkan calon momongan.

Baca juga: 5 Makanan Agar Cepat Hamil yang Wajib Dikonsumsi Saat Promil

2. Produk olahan susu

2. Produk olahan susu

inspiradata.com

Tidak harus produk susu yang bermerek, namun yang terpenting adalah gizi yang masih utuh di dalamnya. Berbagai produk olahan susu seperti yogurt, keju, susu segar dan mentega bisa mendukung kesuburan kandungan. Mengonsumsinya secara rutin dapat meningkatkan peluang kehamilan lebih besar, lho Sahabat. Namun yang perlu digaris bawahi adalah produk susu yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak agar tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh lainnya. Sebaiknya dalam mengonsumsi produk susu tersebut tidak boleh kebanyakan karena bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu seperti perut mulas bahkan mencret.

3. Ikan

3. Ikan

foodnetwork.com

Makanan penyubur kandungan selanjutnya adalah ikan. Ikan mengandung lemak omega-3 yang juga mendukung kesuburan calon ibu. Nah, kandungan lemak ini hampir ada di semua ikan namun beberapa jenis ikan seperti sarden, lele dan salmon lebih direkomendasikan. Walau beberapa calon ibu pasti merasa was-was karena akhir-akhir ini sering diberitakan tentang produk ikan yang mengandung merkuri. Namun tenang saja, dalam mengonsumsinya dianjurkan sekitar 12 ons ikan per minggu. Jika masih ragu dalam mengonsumsi ikan ini bisa menggantinya dengan produk lain seperti kacang almond dan telur.

Baca juga: Waspada! 10 Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

4. Makanan kaya protein nabati

4. Makanan kaya protein nabati

lifestyle.kompas.com

Beberapa makanan yang kaya akan protein nabati ini seperti tempe, kacang-kacangan, susu kedelai dan berbagai macam sayur protein nabati membantu perkembangan kesuburan bagi wanita yang sedang program hamil. Maka dari itu makanan-makanan yang kaya akan protein ini sangat direkomendasikan bagi Sahabat yang ingin cepat hamil. Jadi bisa lebih banyak-banyak mengonsumsi makanan yang mengandung protein nabati tersebut, ya Sahabat!

5. Daging

makanan penyubur kandungan

lifestyle.kompas.com

Jika Sahabat mengonsumsi daging secara rutin maka efeknya bisa meningkatkan kesuburan, lho Sahabat. Daging mengandung protein dan zat besi yang tinggi sehingga dapat menyehatkan tubuh bagian dalam terutama organ intim wanita. Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi daging ini tidak boleh berlebihan ya karena bisa menjadi penumpukan lemak pada tubuh. Sahabat bisa mengonsumsi daging yang berasal dari sapi atau ayam yang rendah lemak.

Nah itulah beberapa bahan makanan penyubur kandungan agar cepat hamil. Sebelum melakukan program hamil ada baiknya untuk mengecek kondisi kesehatan calon ibu terlebih dahulu. Hal ini mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Click to comment

Most Popular

To Top