Parenting

3 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Ternyata air kelapa punya banyak manfaat, lho~

Banyak orang yang mengatakan bahwa air kelapa sangat baik dikonsumsi terutama bagi ibu hamil yang berusia trimester ketiga. Air kelapa mengandung banyak sekali nutrisi dan zat baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi bahan alami satu ini memang sangat baik untuk dikonsumsi terutama bagi ibu hamil trimester ketiga.

Sahabat bisa mengonsumsinya dengan menambahkan sirup, jeruk, lemon atau bahan lain sebagai minuman yang menyegarkan. Tapi tahukah Sahabat jenis kelapa apa yang bagus untuk kehamilan tersebut? Jawabannya adalah air kelapa hijau yang murni dan masih segar.

Air kelapa hijau tersebut memang terkenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak fungsi. Bisa menjadi penawar racun, detoksifikasi saluran kemih dan sebagai penambah cairan dalam tubuh.

Nah bagi Sahabat yang masih penasaran dengan manfaat air kelapa ini bagi ibu hamil trimester ketiga bisa melihatnya dalam artikel Jitaksara berikut ini, ya!

1. Membantu melawan penyakit

1. Membantu melawan penyakit

Saat hamil, tubuh akan lebih rentan terkena berbagai macam penyakit. Nah manfaat yang pertama ini untuk membantu melawan berbagai penyakit tersebut. Biasanya akan disarankan untuk mengonsumsi berbagai suplemen dan obat, namun ketika masa kehamilan berlangsung sebaiknya memilih obat alami seperti air kelapa hijau ini.

Kandungan asam laurat didalamnya sangat baik untuk melawan penyakit. Asam ini sebetulnya juga bisa ditemukan di dalam ASI ketika menyusui. Senyawa tersebut bekerja sebagai anti jamur, anti virus dan anti bakteri. Tak heran ketika menginjak usia trimester ketiga ini pasti ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi air kelapa. Sebetulnya tak hanya bagi ibu hamil saja karena memang bahan alami ini bagus untuk menjaga kesehatan semua orang.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

2. Diuretik alami

2. Diuretik alami

Manfaat air kelapa selanjutnya untuk melancarkan sistem ekskresi pada ibu hamil. Air kelapa mengandung diuretik alami, zat ini berfungsi supaya pembuangan urin dan saluran kemih bersih dari zat racun. Jadi bisa dibilang air kelapa ini bisa menjadi detoksifikasi dalam tubuh secara cepat dan efektif.

Selain itu air kelapa juga bisa mencegah terjadinya infeksi saluran kemih yang sering terjadi selama masa kehamilan. Sahabat bisa mengonsumsi air kelapa ini secara berkala agar saluran ekskresi menjadi lancar tanpa ada gangguan.

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

3. Sebagai elektrolit alami

manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Air kelapa dikenal memiliki kandungan elektrolit alami, itulah mengapa banyak produk minuman elektrolit yang menggunakan bahan dasar air kelapa. Selain elektrolit, dalam air kelapa juga mengandung magnesium, kalsium dan berbagai zat yang dibutuhkan untuk ibu hamil. Selama masa kehamilan, ibu hamil perlu menjaga tubuhnya agar tetap terhidrasi dengan baik karena jika sampai kekurangan cairan bisa membahayakan tubuh ibu dan janin yang dikandungnya.

Air kelapa ini sangat baik untuk menjaga stamina dan tubuh ibu hamil agar tetap fit. Beberapa bahaya yang ditimbulkan jika sampai terjadi dehidrasi seperti edema, sakit kepala, kram bahkan yang paling parah bisa menyebabkan bayi lahir prematur. Kebutuhan elektrolit ini sangat diperlukan sebagai isotonik alami yang menjaga kadar air dalam tubuh ibu hamil.

Nah itulah tiga manfaat dari air kelapa bagi ibu yang sedang hamil. Tentunya dalam mengonsumsi air kelapa ini harus berkala dan jangan sampai berlebihan. Imbangi juga dengan mengonsumsi berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan dalam perkembangan janin selama masa kehamilan.

1 Comment

Most Popular

To Top