Parenting

7 Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil dan Janin. Sudah Tahu Belum?

Manfaatnya menakjubkan, lho!

Buah belimbing adalah buah yang mudah ditemukan di mana-mana. Misalnya di pasar, di toko buah atau bahkan di pekarangan rumah. Pada buah belimbing ini mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh seperti serat, folat, niasin, karbohidrat, thiamin, vitamin A, C, E, K, kalium, kalsium dan masih banyak lagi.

Kandungan itulah yang berperan aktif menjaga kesehatan tubuh ibu dan janin yang dikandungnya. Nah kira-kira apa saja ya manfaat lain dari buah belimbing ini? Simak informasi yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini, yuk Sahabat!

1. Meningkatkan imunitas tubuh

manfaat belimbing untuk ibu hamil

beritagar.id

Sering mudah sakit saat hamil? Coba konsumsi buah belimbing secara rutin. Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk mmebantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Berbagai penyakit dan infeksi yang menyerang akan bisa tertangani dengan baik jika mengonsumsi buah ini. Selain itu di dalam buah belimbing juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu mengatur sel dan mengatasi radikal bebas.

2. Bagus untuk kesehatan mata

2. Bagus untuk kesehatan mata

askmen.com

Dalam buah belimbing mengandung banyak sekali vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Biasanya banyak infeksi dan gangguan lainnya yang dapat menganggu fungsi mata. Maka dari itu Sahabat perlu menjaganya dari dalam dengan mengonsumsi buah belimbing.

3. Mengobati batuk dan tenggorokan sakit

3. Mengobati batuk dan tenggorokan sakit

ideahacks.com

Batuk saat hamil memang sangat mengganggu, hal ini bisa lebih parah jika tenggorokan juga sakit. Efek lain yang ditimbulkan adalah berkurangnya nafsu makan karena pasti ibu hamil lebih mudah jenuh dengan makanan.

Untuk menyiasatinya, Sahabat bisa mengonsumsi buah belimbing. Kandungan di dalamnya secara aktif dapat meredakan batuk serta memberikan nutrisi lebih pada janin yang dikandung. Sahabat tidak melulu bergantung dengan obat yang diberikan oleh dokter, ya!

Baca juga: 5 Manfaat Timun untuk Ibu Hamil yang Tak Disangka-sangka

4. Mengobati gangguan pencernaan

4. Mengobati gangguan pencernaan

bustle.com

Serat dalam buah belimbing dapat mengatasi berbagai masalah sistem pencernaan tubuh seperti sembelit atau mulas. Kandungan serat yang tinggi tersebut ketika dikonsumsi akan bereaksi dan membantu tubuh mengeluarkan kotoran dengan optimal. Jadi bagi Sahabat yang sering merasa diare bisa mengonsumsi buah ini untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Sebagai antidiuretic

5. Sebagai antidiuretic

bacterioscan.com

Sering buang air kecil memang menjadi hal yang wajar bagi ibu hamil. Namun permasalahan buang air kecil ini juga akan mengganggu dan menyakitkan jika harus mondar-mandir ke belakang. Salah satu tipsnya ketika sedang hamil ada dengan memakan buah belimbing. Buah ini dapat menjadi antidiuretik untuk mengurangi masalah tersebut.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

6. Mengontrol tekanan darah

6. Mengontrol tekanan darah

walmart.ca

Tekanan darah tinggi dan serangan jantung dadakan bisa mengancam siapa pun saat hamil. Nah untuk mencegah penyakit ini dan mengurangi risikonya, Sahabat bisa mengonsumsi belimbing. Dalam buah ini mengandung kalium tinggi yang dapat mengatur dan menjaga tekanan darah.

7. Mencegah kanker bagi ibu dan janin

manfaat belimbing untuk ibu hamil

southcountryhealth.com

Manfaat yang terakhir adalah mencegah kanker untuk tubuh ibu dan janin yang dikandungnya. Pada buah belimbing mengnadung protein yang dapat menghentikan perkembangan sel kanker. Selain itu serat pada belimbnig juga membantu melindungi selaput lendir usus besar dari berbagai racun penyebab kanker.

Jadi Sahabat, dengan mengonsumsi buah belimbing ini secara rutin dapat menghindarkan ibu dan janinnya dari bahaya kanker. Walaupun bagus untuk tubuh, Sahabat juga perlu membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan, ya!

Demikian manfaat yang bisa didapatkan dari buah belimbing bagi ibu hamil. Berbagai manfaat kesehatan tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Tetap sehat dan tetap kuat, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top