Parenting

7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janinnya

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Jangan lupa konsumsi buah naga selama kehamilan ya

Buah naga memang dikenal dekat dengan ibu hamil. Selain rasanya yang enak ternyata pada buah naga ini mengandung banyak kebaikan di dalamnya terutama bagi janin yang sedang dikandung. Nah, kandungan-kandungan tersebut nantinya memiliki peran tersendiri untuk menutrisi ibu dan janinnya sehingga sampai masa kelahiran nanti dapat terjaga dengan maksimal.

Bagi Sahabat yang penasaran tentang manfaat dari buah naga selama masa kehamilan bisa melihat informasinya di bawah ini. Tentunya menjadi alasan yang kuat juga mengapa ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini. Yuk, simak penjelasan dari Jitaksara di bawah ini!

1. Sumber lemak yang baik

Sumber lemak yang baik

Lemak ternyata juga dibutuhkan oleh ibu hamil, lho Sahabat. Selain sebagai sumber energi untuk melakukan aktivitas, lemak juga berguna untuk pembentukan otak pada janin. Setidaknya dalam satu porsi buah naga terdapat 0.1 sampai 0.6 gram lemak yang terkandung di dalamnya. Jadi sangat baik untuk dikonsumsi terutama saat masa kehamilan tiba. Sahabat bisa mengonsumsinya sebagai jus atau bisa juga langsung dimakan.

2. Sumber karbohidrat

Sumber karbohidrat

Manfaat buah naga untuk ibu hamil selanjutnya adalah sebagai sumber karbohidrat yang tinggi. Pada 100 gram buah naga terdapat 9 sampai 14 gram karbohidrat. Sedangkan kebutuhan pada ibu hamil minimal 135 gram karbohidrat per harinya. Jadi Sahabat bisa mendukung kebutuhan karbohidrat ini dengan mengonsumsi buah naga. Itulah mengapa biasanya buah naga disajikan bersama dengan bahan makanan lain.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

3. Kaya vitamin C

Kaya vitamin C

Selama masa kehamilan, vitamin C harus terus dipenuhi karena dapat berguna untuk pertumbuhan gusi, tulang dan gigi pada janin yang dikandung. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk membentuk antibodi pada tubuh sehingga mampu menangkal segala penyakit yang masuk ke dalam tubuh ibu selama masa hamil. Setidaknya kebutuhan vitamin C harian yang harus dipenuhi sekitar 70 miligram sedangkan pada 3,6 ons buah naga mengandung 4 sampai 25 miligram vitamin C. Tentunya Sahabat bisa menambahkan buah lain untuk dimakan bersama buah ini, ya!

4. Mengatasi sembelit

Mengatasi sembelit

Manfaat selanjutnya pada buah naga jika dikonsumsi selama kehamilan adalah dapat mengatasi masalah sembelit. Sembelit atau konstipasi memang umum terjadi selama masa kehamilan karena kurangnya serat yang dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut. Nah dalam buah naga ini mengandung serat sekitar 0,3 sampai 0,9 gram yang cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Jadi rutin konsumsi buah ini agar terhindar dari sembelit, ya Sahabat!

5. Meningkatkan hemoglobin

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Kandungan zat besi dalam buah naga ini dapat meningkatkan jumlah hemoglobin secara cepat. Biasanya pada ibu hamil timbul beberapa masalah, salah satunya adalah anemia. Masalah ini timbul karena asupan nutrisi saat hamil biasanya tidak teratur. Hal ini disebabkan karena ibu hamil biasanya merasa mual atau muntah sehingga kebutuhannya tidak tercukupi. Dengan mengonsumsi buah ini, kadar hemoglobin dalam darah bisa terus meningkat dan menghilangkan risiko terkena anemia tersebut.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

6. Mendukung pertumbuhan tulang

6. Mendukung pertumbuhan tulang

Manfaat yang didapatkan selanjutnya dari buah naga adalah mendukung pertumbuhan tulang pada janin yang dikandung. Pada buah naga mengandung banyak sekali kalsium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin yang dikandung.

7. Mencegah lahir cacat

manfaat buah naga untuk ibu hamil

Manfaat yang paling penting selanjutnya adalah menghindari bayi cacat ketika dilahirkan. Kandungan dalam buah naga yang berperan penting untuk mencegah hal tersebut adalah asam folat. Asam folat ini sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung janinnya sehingga pemenuhan gizinya haru tercukupi. Beberapa nutrisi lain yang mendukung pertumbuhan janin tersebut adalah vitamin B1, B2, B3 dan kandungan lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika Sahabat mengonsumsi buah naga selama masa kehamilan. Dukung terus perkembangan janin yang sedang dikandung dengan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Selain itu, Sahabat juga dapat menambah nutrisinya dengan mengonsumsi berbagai suplemen dan susu formula selama masa kehamilan.

3 Comments

Most Popular

To Top