Health

8 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengonsumsinya

Yuk, coba konsumsi buah surga ini!

Buah tin di Indonesia memang masih tergolong langka karena susah menemukannya. Namun di beberapa gerai buah dan sayuran tertentu menyediakan buah ini. Buah tin memiliki cita rasa yang manis dan segar dengan bentuk bulat kecil. Buah ini mengandung banyak sekali jenis vitamin seperti Vitamin A, C, E, K dan B kompleks. Ditambah lagi kandungan lain seperti fitonutrien, kalium, zat besi, mangan, magnesium dan masih banyak lagi dapat menjaga tubuh lebih baik.

Menurut banyak informasi dari ahli kesehatan mengatakan bahwa buah tin ini mengandung banyak manfaat kesehatan. Jitaksara sudah merangkum beberapa manfaat tersebut di bawah ini, simak ya!

1. Meningkatkan imunitas tubuh

manfaat buah tin

intisari.grid.id

Manfaat buah tin untuk kesehatan yang pertama adalah meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan penting di dalamnya seperti vitamin, mineral dan berbagai antioksidan lainnya membantu menangkal radikal bebas dan patogen yang menyerang. Dari manfaat inilah buah tin sangat bagus untuk tubuh terutama bagi mereka yang ingin mencegah penyakit mematikan seperti kanker, penyakit kardiovaskular dan berbagai penyakit lain.

2. Mengatasi insomnia

2. Mengatasi insomnia

gilitimes.com

Tubuh sangat membutuhkan waktu tidur yang berkualitas. Dalam sehari, tubuh membutuhkan waktu tidur rata-rata sekitar 6-8 jam. Waktu tidur ini dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel dan melawan berbagai penyakit yang masuk ke tubuh. Nah, bagi Sahabat yang memiliki masalah susah tidur atau insomnia bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi buah tin ini. Kandungan asam amino berupa triptofan di dalamnya dapat memproduksi hormon melatonin yang berguna untuk mengatur siklus tidur.

Baca juga: 10 Obat Kolesterol Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat Sendiri

3. Mengatasi masalah pernapasan

3. Mengatasi masalah pernapasan

alodokter.com

Berbagai masalah pernapasan seperti batuk, flu, bronkitis dan masih banyak lagi dapat diatasi dengan buah tin juga. Manfaat ini bisa terjadi karena kandungan dalam buah tin dapat melembapkan selaput lendir sehingga dapat mengeluarkan dahak yang berlebih. Biasanya buah tin ini dijadikan sebagai terapi bagi mereka yang memiliki gejala asma.

4. Mengatasi radang tenggorokan

4. Mengatasi radang tenggorokan

halodoc.com

Manfaat buah tin untuk kesehatan selanjutnya adalah mengatasi radang tenggorokan dan amandel. Kandungan di dalamnya dapat menenangkan tenggorokan dan menurunkan rasa sakit akibat radang yang terjadi. Buah tin ini dapat dijadikan sebagai jus yang menyegarkan.

5. Bagus untuk mata

5. Bagus untuk mata

jirua.com

Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang menyebabkan penglihatan seseorang menurun hingga mengakibatkan kebutaan. Manfaat buah tin ini memang sangat penting bagi kesehatan tubuh karena dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan karatenoid inilah yang dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut.

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

6. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

summitortho.com

Kandungan mineral, kalsium, fosfor dan magenesium dalam buah tin sangat bagus untuk tulang. Selain itu manfaat buah tin bagi orang dewasa juga untuk mencegah osteoporosis atau tulang keropos. Sedangkan bagi anak-anak bisa menutrisi tulang dan giginya agar berkembang dengan baik.

Baca juga: 5 Manfaat Timun untuk Ibu Hamil yang Tak Disangka-sangka

7. Mengatasi anemia

7. Mengatasi anemia

nova.grid.id

Buah tin termasuk buah dengan kandungan zat besi dan vitamin yang tinggi. Inilah mengapa buah tin ini dapat membantu memproduksi sel darah merah lebih banyak. Saat mengalami anemia, tubuh akan terasa lebih lesu dan mudah capek. Maka dari itu butuh dukungan dari buah mengagumkan ini. Jika dikonsumsi selama sebulan penuh, tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan optimal.

8. Menjaga saluran pencernaan tubuh

manfaat buah tin

ebay.com

Manfaat buah tin yang terakhir adalah untuk menjaga pencernaan tubuh. Bagi Sahabat yang sering mengalami sembelit bisa langsung mengonsumsinya secara rutin. Buah tin ini juga dapat menurunkan risiko kanker kolon dan memelihara sistem pencernaan agar bekerja dengan maksimal.

Nah itulah beberapa manfaat buah tin untuk kesehatan. Walau memiliki ukuran yang kecil dan tidak meyakinkan, namun ternyata kandungan di dalamnya sangat penting bagi tubuh. Maka dari itu Sahabat bisa mulai rutin mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan tubuh, ya!

 

Click to comment

Most Popular

To Top