Parenting

16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

manfaat pisang untuk ibu hamil

Banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil

Banyak yang mengatakan bahwa buah pisang sangat rekomendasi untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Hal ini memang benar karena kandungan yang ada di dalam buah pisang sangat mendukung perkembangan janin yang sedang dikandung. Buah pisang juga dapat mengatasi berbagai hal selama masa kehamilan seperti mual, diare, sembelit dan masih banyak lagi.

Nah bagi Sahabat yang penasaran bisa melihat banyak manfaat dari buah pisang yang sudah dirangkum oleh Jitaksara berikut ini. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Karbohidrat yang tinggi

Karbohidrat

Manfaat pertama yang didapatkan oleh ibu hamil adalah karbohidrat yang dikenal sebagai sumber energi utama. Itulah mengapa buah ini cocok sebagai cemilan atau menjadi makanan pendamping saat makan, ya Sahabat!

2. Meningkatkan energi

energi

Pada buah pisang setidaknya mengandung 28 gram gula pada setiap 225 gram buahnya. Jenis gula yang dimaksud adalah glukosa, fruktosa dan sukrosa yang dapat memberikan energi secara instan ketika memakan buah ini. Buah pisang juga sangat direkomendasikan ketika ibu hamil menginjak usia trimester terakhir atau pasca persalinan karena dapat memberikan energi yang lebih.

3. Membantu menyeimbangkan darah

potassium

Dalam buah pisang terdapat kandungan yang berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan darah yaitu potassium. Jadi tekanan darah akan menjadi lebih stabil dan aliran darah dapat beredar dengan maksimal. Selain itu juga ada kandungan kalium yang dapat mengurangi kram otot dan nyeri kaki selama masa kehamilan tersebut. Setidaknya, bagi ibu hamil diharuskan mengonsumsi sekitar 4.700 miligram potassium agar peredaran darah dalam tubuh semakin lancar.

4. Mencegah kaki menjadi bengkak

4. Mencegah kaki menjadi bengkak

Salah satu masalah yang timbul selama masa kehamilan adalah kaki yang bengkak. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Sahabat bisa mengonsumsi pisang secara rutin. Sebelumnya, American Pregnancy Association menemukan bahwa penyebab kaki yang bengkak tersebut akibat kekurangan potasium. Itulah mengapa sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi buah ini bagi ibu hamil.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janinnya

5. Mengurangi mual dan muntah

5. Mengurangi mual dan muntah

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari buah pisang adalah mengurangi mual dan muntah selama hamil. Kebanyakan dari Sahabat pasti sering mengalami mual yang berlebih, bahkan tak jarang banyak yang meminta obat anti mual sebagai tambahannya. Sebetulnya ada cara yang aman lho Sahabat, caranya dengan mengonsumsi buah pisang ini karena dapat mengurangi rasa mual dan muntah yang terjadi.

6. Kaya akan protein

6. Kaya akan protein

Di dalam buah pisang juga mengandung banyak protein. Protein inilah yang berfungsi sebagai sumber kalori dan pembentukan antibodi dalam janin dan tubuh ibunya. Biasanya buah pisang dipadukan dengan oatmeal karena dapat memberikan manfaat yang lebih dan mencegah bayi terkena risiko lahir dengan bibir sumbing. Protein yang terkandung dalam buah pisang ini sekitar 2,5 gram per 225 gram buah pisang.

7. Antioksidan yang tinggi

Antioksidan

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari buah pisang ini adalah kandungan antioksidannya yang tinggi untuk melawan radikal bebas. Kandungannya hampir 33% pada setiap buah pisang tersebut. Antioksidan ini yang akan meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh bagi ibu dan janinnya.

8. Sumber kalsium

kalsium

Pada buah pisang terkandung setidaknya 10 mg kalsium alami setiap 200 gramnya. Kalsium ini yang memberikan manfaat untuk membantu dan melancarkan neurotransmitter dalam perkembangan janin di dalam rahim. Pemenuhan kalsium yang sesuai dapat mendukung tumbuh dan kembangnya dari bayi yang dikandung.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

9. Memenuhi kebutuhan potasium alami

potasium

Jika Sahabat kehilangan banyak cairan selama masa kehamilan bisa diatasi dengan mengonsumsi pisang. Kandungan potasium pada pisang tersebut dapat memadatkan tinja jika terjadi diare akut yang menyebabkan dehidrasi.

10. Obat diare alami

diare

Dalam buah pisang juga mengandung banyak serat yang bagus untuk meringankan diare. Serat tersebut akan menyerap kelebihan air yang ada di dalam tubuh sehingga sewaktu dikeluarkan akan lebih padat. Jadi manfaatnya memang sudah jelas ya Sahabat untuk ibu hamil tersebut.

11. Membantu pencernaan

manfaat pisang untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil yang memiliki masalah dengan penyakit maag atau gangguan pencernaan lain bisa dengan mengonsumsi buah pisang ini. Kandungan antasida yang ada didalamnya dapat menekan sekresi asam. Selain itu kandungan lain seperti pektin juga mampu menormalkan pencernaan pada usus, lho Sahabat.

12. Mengatasi gangguan sembelit

sembelit

Pada masa kehamilan memang ada saja masalah yang harus dihadapi, salah satunya adalah sembelit. Nah hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah pisang karena mengandung serat yang cukup untuk membuat tinja menjadi lebih padat.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

13. Meningkatkan hemoglobin

Meningkatkan hemoglobin

Pertumbuhan hemoglobin atau sel darah merah pada tubuh ibu hamil harus didukung dengan pemenuhan nutrisinya seperti zat besi dan vitamin B6. Nah dalam buah pisang ini mengandung nutrisi tersebut sehingga sangat rekomendasi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

14. Tinggi vitamin B6

Tinggi vitamin B6

Dalam buah pisang mengandung banyak sekali vitamin B6 yang dapat mengurangi morning sickness yang dialami oleh ibu hamil. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut setidaknya sekitar 1.9 miligram setiap harinya, padahal dalam buah pisang mengandung 4 miligram vitamin B6 tersebut.

15. Mencegah anemia

15. Mencegah anemia

Biasanya saat hamil tubuh akan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Hal ini bisa disebabkan karena ibu hamil tersebut mengalami anemia atau kekurangan darah. Pisang setidaknya mengandung 3% zat besi dalam 225 gram buahnya. Jadi cukup sebagai pemenuhan gizi harian agar terhindar dari anemia.

16. Kaya akan asam folat

manfaat pisang untuk ibu hamil

Manfaat yang paling penting dari buah pisang terakhir adalah kaya akan asam folat. Asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena dapat membantu perkembangan saraf, otak dan tulang pada janinnya. Asam folat ini juga berguna mencegah bayi lahir cacat atau prematur.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Sahabat dapatkan dari mengonsumsi buah pisang selama masa kehamilan. Sahabat juga perlu mendukung kebutuhan nutrisi lain yang dibutuhkan dari sayur dan buah, ya!

4 Comments

Most Popular

To Top