Parenting

5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Dapatkan kebaikan susu kedelai dalam masa kehamilan

Susu kedelai merupakan salah satu produk yang terbuat dari kedelai. Dengan proses tertentu menghasilkan cairan seperti susu yang kemudian dikenal sebagai susu kedelai. Produk ini memang sangat bermanfaat bagi tubuh tak hanya ibu hamil trimester kedua. Berbagai kandungan penting di dalamnya memberikan segudang manfaat bagi mereka yang mengonsumsinya.

Nah, Sahabat pasti banyak mendengar tentang susu kedelai ini sangat baik dikonsumsi saat masa kehamilan trimester kedua? Daripada semakin penasaran Sahabat bisa menyimak informasi dari Jitaksara di bawah ini, ya Sahabat!

1. Mengandung karbohidrat

1. Mengandung karbohidrat

Karbohidrat memiliki fungsi sebagai asupan energi yang ada di dalam tubuh. Kandungan inilah yang membuat seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas ekstra sehari-hari. Bisa dibilang juga bahwa mengonsumsi karbohidrat ini juga sangat disarankan terutama bagi Sahabat yang sedang hamil. Hal ini dapat mengatasi kelelahan selama masa kehamilan Sahabat. Susu kedelai juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi rasa mual dan muntah karena kandungan karbohidrat di dalamnya dapat menggantikan makanan pokok ketika muntah tersebut.

2. Lemak nabati

2. Lemak nabati

Lemak biasanya disalah artikan sebagai kandungan pada bahan makanan yang perlu dihindari. Sebetulnya tubuh juga membutuhkan asupan lemak ini namun yang terpenting adalah tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Pada susu kedelai terdapat lemak nabati yang sangat bermanfaat bagi tubuh ibu hamil trimester kedua terutama untuk janin yang sedang dikandungnya. Lemak ini dapat memerangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sekaligus sebagai cadangan lemak untuk bayi yang dikandungnya.

3. Kandungan protein lengkap

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Sebetulnya ada banyak makanan yang mengandung protein seperti ikan, produk susu, dan masih banyak lagi. Namun terkadang yang menjadi masalahnya adalah makanan tersebut biasanya menjadi sumber mual bagi ibu yang sedang hamil. Inilah mengapa Sahabat bisa mengonsumsi susu kedelai ini untuk tetap mencukupi berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk terus berkembang. Protein yang terdapat pada susu kedelai seperti glisin, treonin, lisin dan arginin yang membuatnya lengkap dibandingkan jenis bahan makanan lain.

4. Mengandung banyak vitamin

4. Mengandung banyak vitamin

Berbagai vitamin yang bisa ditemukan pada susu kedelai seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin E. Vitamin ini berguna untuk menjaga kebugaran tubuh dan membuat tubuh Sahabat sehat selama masa kehamilan. Berbagai vitamin tersebut juga dibutuhkan selama masa perkembangan janin dalam kandungan. Inilah mengapa susu kedelai juga merupakan minuman favorit bagi para vegetarian. Walau pada susu kedelai ini mengandung banyak vitamin, tetap saja Sahabat perlu mengonsumsi bahan makanan lain dari sayur dan buah.

5. Tinggi asam folat

5. Tinggi asam folat

Kandungan yang paling penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil trimester kedua adalah asam folat. Asam folat ini berperan membantu tumbuh kembang janin di dalam kandungan, lho Sahabat. Terutama untuk perkembangan sel syaraf dan otak dari bayi. Susu kedelai memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga cocok sekali dikonsumsi oleh ibu hamil.

Biasanya saat masa kehamilan tiba akan ada banyak penawaran dari suplemen dan merk susu tertentu untuk memenuhi kebutuhan asam folat ini. Namun secara sederhana dan mudahnya, Sahabat hanya perlu mengonsumsi susu kedelai ini untuk mendapatkan kandungan tersebut.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Sahabat dapatkan jika mengonsumsi susu kedelai selama masa trimester kedua. Namun jika saat mengonsumsinya terjadi rasa mual atau muntah, sebaiknya bisa menggantinya dengan bahan lain. Selamat mencoba!

4 Comments

Most Popular

To Top