Health

Tidur Siang: Manfaat, Waktu yang Tepat dan Efek Samping

Banyak manfaatnya, lho!

Banyak orang yang bilang bahwa tidur siang justru mengganggu tidur saat malam harinya. Tidur siang memang bisa berdampak demikian, namun jika dilakukan secara tepat dan di waktu yang tepat maka akan mendapatkan banyak sekali manfaatnya.

Setiap orang memiliki kebutuhan waktu istirahat yang berbeda-beda. Untuk itu masing-masing orang tersebut tahu kapan harus beristirahat. Jika memang sudah waktunya, Sahabat bisa meminta izin untuk berhenti bekerja sejenak dan mengambil waktu istirahat.

manfaat tidur siang

thejournal.ie

Jika tetap memaksakan maka pekerjaan yang sedang dijalani tidak akan fokus bahkan bisa membahayakan dirinya sendiri. Untuk itu Sahabat perlu mengetahui berbagai macam hal tentang tidur siang dari manfaat, cara melakukannya, waktu yang tepat dan efek samping jika berlebihan.

Setelah mengetahui hal tersebut, Sahabat bisa lebih mengerti pentingnya tidur siang. Yuk simak informasi yang Jitaksara siapkan di bawah ini, Sahabat!

Manfaat tidur siang

Tak hanya bermanfaat bagi anak-anak saja, tidur siang bagi orang dewasa pun juga bermanfaat, lho Sahabat. Tidur siang dengan waktu dan cara yang tepat sangat bermanfaat untuk:

  • Mengurangi kelelahan yang berlebih
  • Meningkatkan fokus dan kewaspadaan
  • Meningkatkan mood
  • Meningkatkan performa fisik dan mental saat kerja
Manfaat tidur siang

dreams.co.uk

Efek negatif tidur siang

Manfaat tidur siang memang banyak, namun di balik itu ada efek negatif yang buruk bagi kesehatan seperti:

  • Sleep inertia yaitu kondisi uring-uringan dan linglung sementara setelah bangun tidur
  • Gangguan tidur pada malam harinya. Jika tidur siang berlebihan bisa menganggu waktu tidur malam harinya, pastikan untuk cukup waktu tidur dan jangan terlalu berlebihan. Jika sebelumnya Sahabat memiliki masalah insomnia atau sering mengigau, tidur siang ini bisa memperparah keadaan tersebut.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Insomnia yang Bisa Kamu Coba Mulai Hari Ini

Waktu yang tepat untuk tidur siang

Sewajarnya manusia dan pekerja, ketika sudah mengantuk berat dan tidak tertahankan sebaiknya untuk menyampaikan kepada atasan untuk minta izin tidur siang. Jika tidak, pekerjaan tidak akan fokus bahkan bisa berdampak buruk untuk keselamatan dirinya sendiri. Sahabat perlu menyediakan waktu tidur siang jika:

  • Merasa letih dan ngantuk
  • Kurang tidur semalam karena pergantian shift kerja atau lembur
  • Ingin membuat jadwal tidur siang yang rutin

Ada beberapa masalah yang timbul ketika tubuh ingin tidur lebih lama padahal tidak beraktivitas yang berat. Jika sudah begini, Sahabat bisa berkonsultasi pada dokter karena bisa jadi sebagai kondisi medis lainnya.

manfaat tidur siang

medicalnewstoday.com

Cara tidur siang yang baik

Bagi Sahabat yang ingin istirahat tidur siang bisa melakukannya dengan cara yang tepat. Hal ini untuk menghindari efek negatif dan dampak yang ditimbulkan dari tidur siang tersebut.

  1. Tidur siang baik dilakukan hanya 10 sampai 30 menit saja. Lebih dari itu akan membuat uring-uringan setelah bangun tidur.
  2. Waktu tidur yang tepat adalah jam 2 sampai 3 sore, waktu ini dipilih biasanya setelah makan siang sering merasa mengantuk. Jam ini juga cenderung tidak mengganggu aktivitas tidur pada malam harinya.
  3. Bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal tidur Sahabat.
  4. Usahakan untuk tidur di tempat yang tenang, gelap, suhu kamar nyaman dan tidak ada gangguan.
  5. Jangan terburu-buru ketika bangun, jika terburu-buru akan membuat kepala jadi sakit dan justru membuat tidak enak badan.

Baca juga: Ini Dia Jam Tidur yang Baik dan Harus Kamu Terapkan Sekarang Juga

Itulah beberapa manfaat, cara dan waktu yang tepat untuk tidur siang. Selama Sahabat tahu cara melakukannya pasti akan mendapatkan manfaatnya. Selamat mencoba!

1 Comment

Most Popular

To Top