Parenting

5 Manfaat Timun untuk Ibu Hamil yang Tak Disangka-sangka

Timun untuk ibu hamil

Buah segar ini punya banyak manfaat untuk ibu hamil, lho!

Timun merupakan jenis sayuran yang mudah ditemui. Bentuknya yang lonjong dengan warna putih dan kehijauan ini ternyata memberikan segudang manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Tak heran sebagian dokter banyak yang menyarankan ibu hamil untuk dapat memenuhi nutrisi dari sayuran terutama dari timun ini.

Mengonsumsi timun saat hamil tidaklah dilarang namun dalam mengonsumsinya juga tidak boleh berlebihan. Beberapa temuan yang sudah terjadi, jika Sahabat mengalami tanda-tanda alergi setelah mengonsumsi timun ini bisa menghentikannya dan menggantinya dengan jenis sayuran lain. Walaupun begitu tetap saja kandungan dalam timun ini sangat berperan bagi ibu hamil.

Nah, Jitaksara sudah membuat beberapa daftar manfaat timun yang penting bagi ibu hamil. Simak di bawah ini, ya Sahabat!

1. Meningkatkan mood

1. Meningkatkan mood

shutterstock.com

Timun mengandung vitamin B, dimana dikenal untuk meningkatkan mood. Tak hanya saat menstruasi saja, namun saat hamil pun mood juga sering berubah-ubah dengan cepat. Vitamin B ini yang berperan untuk meredakan perasaan cemas, gelisah dan stres. Dalam beberapa penelitian pun juga sudah dibahas jika mengonsumsi timun juga sama manfaatnya seperti coklat untuk meningkatkan mood.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janinnya

2. Bagus untuk kulit

kulit bagus

cetaphil.co.id

Manfaat timun selanjutnya paling banyak digunakan oleh kaum hawa. Peran timun sangat baik sekali untuk mengencangkan dan menutrisi kulit selama masa kehamilan. Kandungan air yang banyak dan vitamin yang lengkap akan membantu kulit tetap sehat.

Sahabat bisa mengonsumsi timun ini langsung atau mengirisnya tipis-tipis sebagai masker kulit luar. Jika rutin mengonsumsi timun ini maka dalam jangka waktu beberapa minggu sudah mendapatkan hasil yang diinginkan.

3. Mencegah dehidrasi

manfaat timun untuk ibu hamil

ibuguruolahraga.blogspot.com

Dalam satu buah timun mengandung 96% air sehingga mengonsumsinya sangat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Sahabat bisa memakannya langsung sebagai lalapan atau membuatnya menjadi es timun serut yang menyegarkan. Namun dalam mengonsumsinya tidak boleh berlebihan, Sahabat juga perlu memenuhi gizi dari buah dan sayur lainnya untuk mendukung perkembangan janin.

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

4. Membantu perkembangan janin

4. Membantu perkembangan janin

abcnews.go.com

Salah satu manfaat yang penting dari timun untuk ibu hamil adalah dapat membantu mengembangkan janin dengan baik. Kandungan di dalamnya seperti B1, B2, B3, B5, B6, B9, folat, kalsium, fosfor, seng, yodium dan tembaga yang berperan dalam manfaat tersebut. Kandungan tersebut berperan membentuk jaringan tubuh, sel darah dan berbagai organ penting pada janin.

Sahabat perlu mengonsumsi lebih banyak bahan makanan yang mengandung kandungan tersebut seperti timun ini. Namun dalam mengonsumsinya tersebut tetap dalam porsinya ya Sahabat! Karena jika berlebihan akan berdampak buruk juga bagi kesehatan. Penuhi gizi lainnya dari sayur dan buah lain yang bisa disajikan bersama timun ini.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh

manfaat timun untuk ibu hamil

newzmagazine.com

Timun mengandung banyak antioksidan seperti vitamin C, mangan dan beta-karoten. Itulah mengapa timun sangat cocok sekali dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat menangkal kuman bakteri yang menyerang tubuh. Jika imunitas tubuh ibu tetap terjaga selama kehamilan juga menghindarkan kandungannya dari bahaya infeksi menular.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil jika rutin mengonsumsi timun. Sebaiknya Sahabat juga perlu mengonsumsi makanan lain yang dapat mendukung perkembangan janin selama masa kehamilan. Istirahat juga yang cukup dan jangan terlalu beraktivitas yang berat-berat, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top