Fashion and Beauty

5 Manfaat Tomat untuk Wajah dan Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu

manfaat tomat untuk wajah

Sudah tahu belum, Sahabat?

Buah tomat sering dipandang sebelah mata, terlebih lagi banyak orang melihatnya hanya sebagai bahan makanan juga. Menurut beberapa penelitian, dalam buah ini mengandung banyak sekali manfaat terutama untuk kecantikan. Tak heran jika Sahabat datang ke tempat spa herbal tentu melihat paket yang menyediakan buah ini sebagai bahan utamanya.

Dalam buah tomat mengandung vitamin, mineral, antioksidan dan berbagai kandungan lain yang dapat menutrisi kulit dengan baik. Jika diaplikasikan secara rutin pada kulit wajah tentu hasilnya sangat memukau. Nah, Jitaksara sudah merangkumnya dalam daftar manfaat tomat tersebut untuk kecantikan wajah beserta cara membuat ramuannya. Simak di bawah ini, ya Sahabat!

1. Menangkal radikal bebas

manfaat tomat untuk wajah

Hidup di perkotaan sering sekali terpapar udara kotor dan radikal bebas. Hal ini akan membawa dampak buruk pada kulit wajah sehingga tampak kurang sehat. Nah, masker tomat ini bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Sahabat hanya perlu membuat masker dari tomat dan mengaplikasikannya ke wajah. Jika dilakukan secara rutin, kulit wajah akan tetap sehat dan lebih halus tanpa menggunakan make up lain, lho!

Baca juga: 5 Manfaat Teh Hijau untuk Wajah Agar Tetap Memukau

2. Mengurangi minyak di wajah

2. Mengurangi minyak di wajah

Say no more oily face! Kini Sahabat bisa terlepas dari belenggu minyak berlebih pada wajah hanya dengan menggunakan tomat. Tomat yang diblender bersama dengan mentimun bisa dijadikan sebagai masker untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kandungan di dalamnya dapat menutrisi kulit wajah dan menghilangkan minyak berlebih, lho Sahabat. Cukup aplikasikan campuran tersebut selama 30 menit dan bilas dengan air bersih. Hasilnya bisa langsung dilihat!

3. Mengecilkan pori-pori

3. Mengecilkan pori-pori

Memiliki pori-pori wajah yang besar juga dapat mengurangi tampilan wajah. Hal ini bisa diatasi menggunakan tomat karena bisa berguna untuk menyamarkan dan mengecilkan pori-pori tersebut. Sahabat bisa mengompresnya dahulu dengan air hangat, kemudian buat tomat menjadi jus. Aplikasikan jus tomat tadi menggunakan kapas di wajah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih ketika selesai.

Baca juga: 6 Rekomendasi Hydrating Toner untuk Kulit Berminyak

4. Mengatasi masalah jerawat

Apabila Sahabat mengalami masalah jerawat yang berlebihan bisa menggunakan tomat ini. Kandungan di dalam tomat juga dapat membersihkan kulit wajah secara menyeluruh dan menutrisi dari luar. Dalam beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa tomat menjadi bahan alami yang dapat mengusir jerawat, lho Sahabat.

Caranya dengan membuatnya sebagai masker, tambahkan 2 sendok makan perasan air lemon kemudian aduk hingga rata. Setelah mendapatkan campuran masker tersebut bisa langsung mengaplikasikannya ke area wajah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mencerahkan wajah

manfaat tomat untuk wajah

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari tomat yaitu dapat mencerahkan wajah yang kusam. Kandungan vitamin C yang tinggi membantu meregenerasi dan menutrisi kulit sehingga tampak cerah. Cara cukup mudah, ambil buah tomat yang agak besar lalu iris tipis-tipis.

Kemudian irisan tersebut bisa ditempelkan pada area wajah. Biarkan sampai 20 menit agar nutrisi di dalam tomat dapat meresap di kulit wajah. Setelah selesai bisa membilasnya dengan air bersih. Sahabat bisa membuat masker tomat tersebut seminggu 3 atau 4 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari tomat untuk kecantikan. Pastikan untuk menggunakannya secara rutin agar dapat melihat hasil yang sempurna dibandingkan dengan produk kecantikan lain. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top