Food

5 Menu Buka Puasa Anak Kos yang Praktis dan Sehat

menu buka puasa

Buka ala anak kost emang paling seru~

Berbagai menu buka puasa bagi anak kos memang ada banyak sekali. Sebetulnya sih tergantung dari kreativitas dari anak kos tersebut. Mau menggunakan bahan dan alat apa saja pasti bisa menghasilkan maha karya makanan yang sangat enak. Biasanya saking bingungnya tersebut terkadang sampai tidak terpikirkan menu buka puasa apa yang sekiranya enak, praktis dan menyehatkan.

Nah daripada Sahabat bingung bisa langsung lihat beberapa pilihan menu buka puasa di bawah ini. Selain enak, menu-menu rekomendasi di bawah ini juga memiliki nilai gizi yang tinggi, lho Sahabat. Yuk langsung simak rekomendasi dari Jitaksara berikut ini!

1. Salad buah

Salad buah

Menu buka puasa anak kos yang pertama ini memang terlihat mewah. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga tak murah. Namun sekali-kali perlu menyediakan menu yang praktis dan menyehatkan ini, ya Sahabat! Setelah bertahan berpuasa selama seharian penuh, tentu tubuh membutuhkan lebih banyak nutrisi yang harus dipenuhi.

Itulah mengapa menu salad buah ini menjadi pilihannya. Sahabat bisa menyajikannya dengan berbagai potongan buah yang segar dengan tambahan yogurt, susu dan bahan lain. Selain kandungan nutrisinya tinggi ternyata salad buah ini bisa menggugah selera saat berbuka puasa nanti, lho Sahabat!

2. Tumis kangkung

Tumis kangkung

Walau terlihat sederhana, nyatanya menu buka puasa satu ini masih menjadi andalan bagi anak kos. Tak mewah tapi sarat gizi, lho Sahabat. Selain itu untuk mendapatkan berbagai bahan pembuatannya juga cukup mudah dan murah. Bagi Sahabat penghuni kos yang tak ingin ribet dalam masak tumis kangkung ini bisa menggunakan bumbu tumis instan agar penyajiannya lebih cepat dan praktis.

Potong-potong kangkung yang sudah dibersihkan sebelumnya. Siapkan bumbu tumisannya seperti cabai, bawang, potongan udang dan berbagai bumbu lainnya. Tumis bumbunya dulu baru kemudian bisa dimasukkan kangkungnya. Masak sampai matang dan sajikan dengan nasi putih hangat. Hmmm sudah terbayang baunya yang menggugah selera, Sahabat?

Baca juga: 8 Menu Sahur Terbaik untuk Anak Kost Demi Puasa Lancar

3. Steak tempe

menu buka puasa anak kos

Jangan ngaku anak kos jika tak pernah bikin steak tempe. Bagi kebanyakan anak kos, mereka mengkreasikan berbagai bahan makanan murah menjadi menu makanan yang bisa dibilang agak mewah. Salah satunya adalah steak tempe ini, walau kedengarannya mewah namun cukup murah untuk dibuat.

Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung dan tempe yang sudah dihaluskan sebelumnya, kemudian campurkan berbagai bumbu dapur dan bentuk menjadi sebuah steak. Goreng dan sajikan bersama dengan sayuran lain seperti wortel, kentang goreng dan buncis. Bolehlah sekali-kali menyiapkan menu makanan mewah ala anak kos satu ini!

4. Telur dadar campur bayam jamur

Telur dadar campur bayam jamur

Jika Sahabat tak ingin repot beres-beres setelah memasak bisa juga membuat menu andalan ini. Selain bahannya mudah ditemukan, peralatan yang digunakan pun juga tak banyak. Bayam dan jamur yang sudah diiris-iris kecil kemudian dimasukkan ke dalam kocokan telur yang sudah dibumbui sebelumnya. Goreng sampai matang dan sajikan bersama dengan nasi hangat. Tentunya waktu berbuka puasa nanti akan tergugah seleranya dengan menu andalan anak kos satu ini.

Baca juga: Cara Mandi Wajib yang Benar untuk Laki-Laki dan Perempuan

5. Nasi goreng sayur

menu buka puasa anak kos

Menu buka puasa anak kos yang terakhir adalah nasi goreng sayur yang memiliki banyak nutrisi di dalamnya. Selama menunaikan ibadah puasa ini, Sahabat perlu mendukung dengan mengonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang tinggi.

Selain itu, menu makanan ini juga terbilang mudah untuk dibuat. Seperti membuat nasi goreng pada umumnya namun ditambahkan berbagai jenis sayur yang Sahabat suka seperti wortel, sawi, tomat dan masih banyak lagi. Bisa juga ditambahkan brokoli dan kacang polong agar lebih menarik untuk dimakan.

Berbagai menu buka puasa untuk anak kos tersebut memang rekomendasi untuk dibuat. Selain mudah untuk mendapatkan bahanya, menu tersebut juga mudah untuk membuatnya. Yuk langsung kreasikan berbagai bahan yang ada di kamar kosmu, Sahabat!

3 Comments

Most Popular

To Top