Food

8 Menu Sahur Terbaik untuk Anak Kost Demi Puasa Lancar

sahur untuk anak kost

Puasa lancar, kantong tetap aman~

Berbagai menu sahur bagi anak kost memang ada banyak kreasinya. Mulai dari yang murah, mudah sampai yang paling enak pun bisa tercipta di tangan anak kost. Nah biasanya menjelang bulan Ramadan seperti sekarang ini memang perlu disesuaikan dengan gaya hidup anak kost. Misalkan saat sahur tiba, biasanya masih malas mau bikin apa atau bahkan bangunnya mepet dengan waktu imsak. Tentu hal tersebut harus disesuaikan dengan menu sahur yang akan dibuat nantinya.

Bagi Sahabat penghuni kost tak perlu khawatir lagi, di bawah ini ada berbagai menu sahur terbaik yang bisa dikreasikan agar puasa seharian nanti tetap lancar. Yuk langsung simak artikel Jitaksara di bawah ini, Sahabat!

1. Sushi

Sushi

Menu sahur terbaik yang pertama adalah sushi yang bisa Sahabat kreasikan dengan berbagai bahan yang mudah ditemui. Bahan-bahan yang dibutuhkan seperti nasi, nori, mayonaise dan berbagai bahan isian lainnya. Isian tersebut bisa menggunakan sayuran, telur, daging atau sosis.

Cara membuatnya sangat mudah, tempatkan nori paling bawah kemudian di atasnya nasi dan berbagai isian tersebut. Selanjutnya tinggal gulung hingga berbentuk sushi, kemudian baru bisa dipotong-potong dan disantap.

2. Kreasi tepung bumbu

2. Kreasi tepung bumbu

Berbagai kreasi bisa Sahabat hasilkan menggunakan tepung bumbu. Tergantung dari lauk yang diinginkan untuk menu sahur nanti. Sahabat bisa menyiapkan berbagai lauk tersebut seperti tempe, tahu, terong, bawang bombay atau bahkan kol. Rasanya yang gurih dan kering dapat menemani perut Sahabat hingga waktu berbuka nanti.

3. Tumis jamur tiram

Tumis jamur tiram

Jika Sahabat tak ingin terlalu repot dan berantakan dalam menyiapkan menu sahur, tumis jamur ini bisa menjadi alternatifnya. Bahannya cukup mudah, hanya cabai, jamur dan bumbu tumis instan. Cuci bersih jamur dan cabai kemudian iris sesuka hati, selanjutnya bisa menumis bahan tersebut bersama dengan bumbu tumis instan. Jadi sangat simple dan cepat sebagai menu sahur anak kost, ya Sahabat!

Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Anak Kos yang Praktis dan Sehat

4. Terong balado

Terong balado

Doyan menu makanan pedas saat sahur? Sahabat bisa membuat terong balado yang nikmat. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah terong, aneka cabai, garam, lada, tomat dan minyak secukupnya. Haluskan bahan-bahan yang digunakan untuk sambalnya kemudian tumis dengan minyak secukupnya. Setelah itu bisa memasukkan terong ke dalam bumbu tadi dan bisa dimasak sampai matang. Disini Sahabat bisa menambahkan berbagai bahan tambahan lain seperti telur, sosis, udang dan masih banyak lagi.

5. Martabak mie

menu sahur anak kost

Pilihan menu sahur untuk anak kos yang murah dan cepat adalah martabak mie. Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan membuat mie instan seperti pada umumnya. Kemudian bisa memasukkan mie tersebut bersama dengan bumbunya ke dalam kocokan telur yang sudah siap. Baru adonan tersebut digoreng sampai matang. Disantap dengan nasi hangat pun akan terasa sangat enak, lho Sahabat.

6. Telur dadar campur

Telur dadar campur

Mau sahur tapi waktunya sangat mepet? Tenang saja Sahabat, masih ada menu telur dadar campur yang bisa dibuat mendadak nih. cukup kocok telur bersama dengan irisan cabai, garam, lada dan bawang. Kemudian bisa langsung menggorengnya sampai matang. Menu ini paling cocok dan mengenyangkan bagi penghuni kost, lho Sahabat. Menu ini juga sudah dipercaya sejak dulu sebagai santapan wajib bagi anak kost.

Baca juga: Hukum Berciuman Saat Puasa. Batal atau Tidak?

7. Orak-arik telur

menu sahur anak kost

Mau sahur Sahabat lebih berwarna? Coba masak orak-arik telur deh, dijamin nafsu makan ketika sahur akan langsung tergugah. Orak-arik telur memang menjadi menu sahur paling favorit bagi warga kos karena disamping harganya murah, cara penyajiannya pun juga terbilang mudah.

Sahabat cukup menyiapkan bahan yang ingin dicampurkan pada orak-arik telur tersebut misalnya tahu, wortel, tomat atau sawi. Baru kemudian diiris memanjang dan ditumis bersama bumbu bawang. Tambahkan berbagai bumbu dapur seperti lada, cabai dan tak lupa telurnya. Tumis hingga matang dan sajikan bersama nasi hangat.

8. Tumis kangkung

Tumis kangkung

Menu sahur anak kost yang terakhir adalah tumis kangkung. Nah tentunya Sahabat bisa mempersiapkan berbagai bumbu dan bahannya ya seperti cabai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, bumbu dapur lain dan kangkung itu sendiri.

Cara membuatnya terbilang cukup mudah lho Sahabat yaitu dengan memetik bagian kangkung yang layak dimakan setelah itu tinggal mengiris bahan-bahan tersebut. Nah pertama tumis dulu bumbunya sampai mengeluarkan aroma yang harum baru kemudian masukkan kangkungnya. Tunggu hingga kangkung agak lemas dan baru bisa disantap dengan nasi hangat. Menu sahur kali ini sangat bergizi lho Sahabat!

Nah pertama tumis dulu bumbunya sampai mengeluarkan aroma yang harum baru kemudian masukkan kangkungnya. Tunggu hingga kangkung agak lemas dan baru bisa disantap dengan nasi hangat. Menu sahur kali ini sangat bergizi lho Sahabat!

Berbagai olahan menu terbaik tersebut sangat mudah dibuat oleh anak kost dengan alat seadanya. Tentunya dengan nutrisi yang harus diperhatikan juga agar tetap kuat sampai berbuka nanti, ya Sahabat!

2 Comments

Most Popular

To Top