Food

10 Resep dan Menu Takjil Buka Puasa Murah dan Mudah Dibuat

menu takjil buka puasa

Berbukalah dengan yang manisss~

Berbagai olahan menu takjil buka puasa yang murah dan mudah bisa Sahabat kreasikan sendiri di dapur. Selama bulan Ramadan ini, menu buka puasa terutama pada takjilnya memang yang paling ditunggu. Setelah seharian berpuasa, pasti yang dibayangkan adalah menu takjil yang dingin dan menyegarkan. Nah untuk itu Sahabat bisa mempersiapkan berbagai bahan takjil dan mengolahnya saat mendekati waktu berbuka.

Yuk simak berbagai resep menu takjil yang murah dan mudah untuk dibuat dari Jitaksara ini, Sahabat!

1. Bubur sagu mutiara

Bubur sagu mutiara

A. Bahan yang dibutuhkan

1 bungkus sagu mutiara, pisang raja secukupnya, 125 gr gula pasir, 750 ml air, 400 ml santan, ½ sendok teh garam, 4 lembar daun pandan (2 lembar ikat simpul).

B. Cara membuat

Masak air hingga mendidih kemudian masukkan sagu mutiara dan gula pasir. Setelah itu masak hingga matang dan mengental, sesekali aduk adonan tersebut agar tidak lengket di dasar panci, ya Sahabat. untuk membuat kuahnya, panaskan santan kemudian masukkan garam dan daun pandan. Tunggu hingga mendidih sambil terus diaduk. Untuk cara penyajiannya cukup mudah, hanya perlu meletakkan bubur mutiara, potongan pisang di atasnya, lalu tuangkan kuah santan.

2. Es Manado

Es Manado

A. Bahan yang dibutuhkan

1 buah sirsak, 7 buah strawberry, 2 buah alpukat, 1 bungkus nata de coco, 500 ml air kelapa segar, 5 sendok makan gula, 5 sendok makan kental manis dan es batu secukupnya.

B. Cara membuat

Sahabat bisa memblender buah sirsak yang sudah dikupas dengan air sedikit, es batu dan gula sampai teksturnya agak kental. Setelah itu bisa menuangkannya ke dalam gelas lalu menambahkan dengan kental manis, air kelapa potongan strawberry, nata de coco dan alpukat. Jika memungkinkan, Sahabat juga bisa menambahkan biji selasih sesuai selera.

3. Es Shanghai

Es Shanghai

A. Bahan yang dibutuhkan

100 gr cincau hitam, 100 gr nangka muda, 100 gr kelapa muda, 200 gr alpukat, 100 gr kolang-kaling, 100 gr rumput laut, 5 sendok makan sirup cocopandan, 5 sendok kental manis, 500 gr es serut.

B. Cara membuat

Siapkan mangkuk atau gelas untuk tempat es Shanghainya, selanjutnya masukan berbagai bahan tersebut dengan es serut pada bagian tengahnya. Tinggal tuangkan sirup cocopandan dan kental manis di atas es serut tadi. Es Shanghai siap untuk dinikmati!

Baca juga: 5 Menu Buka Puasa Anak Kos yang Praktis dan Sehat

4. Es campur

Es campur

A. Bahan yang dibutuhkan

2 buah kiwi, 200 gr melon, 8 buah strawberry, 2 buah alpukat, 1 kaleng kental manis, 200 ml sirup cocopandan, 200 gr jeli, roti tawar secukupnya, 1 buah kelapa muda, 1 liter air matang.

B. Cara Membuat

Potong berbagai buah-buahan tersebut kemudian campurkan ke dalam satu wadah dengan dicampur dengan sirup, es batu, air dan kelapa muda. Aduk hingga rata dan sajikan pada gelas atau mangkuk kecil.

5. Es Cappuccino Cincau

Es Cappuccino Cincau

A. Bahan yang dibutuhkan

1 sachet bubuk cappucino instan, 100 gr cincau hitam, kental manis secukupnya, 2 sendok makan gula pasir, 200 ml air matang, es batu secukupnya.

B. Cara membuat

Siapkan blender kemudian masukkan berbagai bahan di atas kecuali cincau hitam. Setelah jadi, masukkan cincau ke dalam gelas terlebih dahulu kemudian tuang cappucino di atasnya. Rasanya dijamin segar untuk berbuka puasa nanti, ya Sahabat!

6. Es Cincau Thai Tea

Es Cincau Thai Tea

A. Bahan yang dibutuhkan

1 sachet bubuk Thai tea instan, 250 ml air hangat, 1 sendok makan kental manis, 2 sendok makan cincau dan es batu secukupnya

B. Cara membuatnya

Seduh bubuk Thai tea tersebut dengan air hangat dan aduk hingga rata. Kemudian masukkan kental manis, cincau dan es batu. Sajikan menu ini untuk berbuka puasa nanti.

Baca juga: 9 Tempat Bukber di Jakarta yang Enak dan Murah. Wajib Dicoba!

7. Es kopyor

Es kopyor

A. Bahan yang dibutuhkan

550 ml air kelapa muda, 300 gr kelapa kopyor, 60 ml sirup coco pandan dan es batu secukupnya. Untuk bahan agar-agar kopyornya adalah 450 ml santan kental, 200 ml air, 100 gr gula pasir, 1 bungkus agar-agar dan es batu secukupnya.

B. Cara membuat

Sebetulnya ada dua versi es kopyor yaitu menggunakan kelapa kopyor langsung atau menggunakan bahan agar-agar sebagai penggantinya. Nah untuk cara membuatnya tinggal membuat adonan agar-agar dan santan terlebih dahulu. Setelah tercampur rata bisa didinginkan menggunakan es batu agar lebih cepat jadinya. Selanjutnya tinggal disajikan ke dalam gelas dengan menuangkan air kelapa, sirup dan es batu. Kemudian disusul dengan agar-agar yang sudah diserut atau dipotong dadu sebelumnya.

8. Sop buah

Sop buah

A. Bahan yang dibutuhkan

¼ buah melon, ¼ semangka, 100 gr kolang-kaling, 100 gr nata de coco, ½ naga merah, 10 buah strawberry, 1 buah alpukat, kental manis secukupnya, sirup cocopandan secukupnya dan es batu.

B. Cara membuat

Cara membuatnya cukup mudah sekali kok Sahabat, hanya perlu memotong berbagai buah-buahan sesuai yang diinginkan. Kemudian masukkan ke dalam wadah dan campurkan dengan kental manis, es batu dan sirup cocopandannya. Jika perlu bisa ditambahkan air matang secukupnya.

9. Kolak pisang ubi

Kolak pisang ubi

A. Bahan yang dibutuhkan

500 gr pisang raja, 250 gr ubi, 50 gr gula merah, 30 gr gula pasir, 600 ml air, 200 ml santan dan 1 lembar daun pandan ikat simpul.

B. Cara membuat

Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan ubi yang sudah dipotong dadu, biarkan hingga teksturnya lembut baru bisa dimasukkan gula merah, gula pasir, garam dan pandan. Kemudian masukkan potongan pisang ke dalam panci hingga semua bahan melunak. Terakhir, tuangkan santan dan masak hingga mendidih.

10. Setup pisang

menu takjil buka puasa

A. Bahan yang dibutuhkan

10 pisang kepok, 200 gr gula pasir, ½ sendok teh garam, 2 lembar daun pandan, 1 batang kayu manis, 3 cengkeh dan 1 liter air.

B. Cara membuat

Masukkan semua bahan ke dalam panci kecuali pisang, setelah campurannya mendidih baru bisa memasukkan pisang dan rebus hingga teksturnya menjadi lunak. Sajikan pada gelas atau mangkuk, Sahabat bisa mencampurkan es batu saat disajikan nanti.

Itulah beberapa resep menu takjil buka puasa yang murah dan mudah untuk dibuat. Sahabat bisa mengkreasikan dengan berbagai bahan lain agar saat berbuka puasa nanti bisa lebih semangat. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top