Apps and Games

9 Mesin Pencari Selain Google. Ada yang Pernah Kamu Gunakan?

mesin pencari selain google

Tak hanya Google. Ini dia 9 mesin pencari lain yang juga eksis.

Mesin pencari seperti Google memang lebih dikenal karena pasarnya pun juga sangat luas. Banyak negara di seluruh dunia yang mengenal Google sebagai mesin pencari utama. Namun hal ini tidak berlaku di beberapa negara, misalnya saja Rusia dengan Yandexnya atau China dengan Baidunya. Masing-masing negara tersebut mengembangkan mesin pencari yang diadaptasi dari algoritma bahasa mereka. Maka dari itu hasil pencarian yang mereka kembangkan bisa lebih akurat dan efektif.

Nah Jitaksara sudah mengumpulkan berbagai mesin pencari yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Sahabat tentu sudah mengenal beberapa mesin pencari tersebut. Simak langsung di bawah ini, ya!

1. AOL

AOL

AOL atau yang dikenal sebagai America Online Search ini merupakan mesin pencari dukungan Bing. Sebelumnya AOL menyetujui hubungan 10 tahun dengan Microsoft pada tahun 2015 yang membuatnya melebarkan sayap di bidang advertising. Sampai sekarang ini, Bing tersebut menjadi mesin pencari bagi AOL sejak awal tahun 2016 lalu.

2. DuckDuckGo

DuckDuckGo

Jika Sahabat ingin mencari sesuatu dengan perlindungan privasi yang tinggi bisa menggunakan mesin pencari satu ini. DuckDuckGo ini menjadi alternatif karena bisa melindungi data pribadi, mengurangi cache iklan, menghindari filter bubbles dan membatasi data profil yang Sahabat gunakan. Intinya menggunakan mesin pencari ini lebih aman dan tenang, lho Sahabat!

3. Dogpile

Berbeda dengan Google yang menampilkan hasil pencarian dari sistemnya, pada Dogpile ini bisa menampilkan hasil pencarian dari mesin pencari lainnya. Jadi yang mana yang sesuai dengan keyword yang dicari akan ditampilkan sesuai yang diinginkan. Bahkan laman Lifewire pun juga pernah merilis bahwa mesin pencari ini bisa menampilkan 50% lebih web yang tidak ditampilkan mesin pencari lain.

Baca juga: 8 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah

4. Ask

mesin pencari selain google

Sebagian besar dari Sahabat pasti tahu mesin pencari satu ini. Ask yang dikenal sebagai Ask Jeeves yang merupakan perusahaan induk dari Ask for Kids, Teoma dan Bloglines. Halaman utama dan fiturnya lebih ringkas, jadi jika dilihat lebih enak daripada mesin pencari lain. Ask memiliki fitur smart answer dimana bisa merespon keyword yang Sahabat gunakan dengan mudah. Hasilnya lebih faktual dan aktual dibandingkan dengan mesin pencari lain, lho Sahabat!

5. Naver

Naver

Google memang terkenal di seluruh dunia, namun di beberapa negara banyak yang tidak menggunakannya. Sebagai contoh di Korea Selatan, ada mesin pencari khusus dengan algoritma yang disesuaikan dengan bahasa Korea Selatan, namanya adalah Naver. Bagi orang Korea tentu banyak yang mengatakan bahwa hasil pencarian Naver ini lebih efisien dibandingkan dengan Google.

6. Yandex

Mesin pencari yang paling populer di Rusia adalah Yandex dimana pangsa pasarnya lebih dari 50% dibandingkan dengan Google. Beberapa negara lain yang menggunakan mesin pencari ini seperti Turki, Belarusia, Kazakhstan, dan Ukraina. Yandex ini juga termasuk mesin pencari yang tegas karena jika ada konten duplikat atau tidak asli akan kena sanksi keras.

Baca juga: 5 Aplikasi Baca Buku Gratis yang Wajib Dimiliki Pecinta Literatur

7. Yahoo!

Yahoo

Bukan nama baru lagi karena dulu yang paling banyak digunakan adalah Yahoo. Beberapa fitur lain dari mesin pencari ini seperti news, finance dan email. Kini popularitasnya semakin turun dan pada bulan Juli 2018 lalu Yahoo menempati posisi ketiga setelah Google dan Bing.

8. Bing

mesin pencari selain google

Walau tidak sebesar Google namun Bing juga banyak digunakan di beberapa negara dunia. Per April 2018 lalu setidaknya pencarian di Bing menyumbang 6.45% dari pencarian global dunia. Selain tampilannya yang menarik, Bing juga lebih estetis dan fiturnya lebih beragam. Ada juga Bing Place for Business yang bisa Sahabat gunakan sebagai ganti Google My Business.

9. Baidu

mesin pencari selain google

Google memang terkenal di seluruh dunia namun tidak di China. Mereka memiliki sistem sendiri dimana semuanya dikembangkan oleh pemerintahnya sendiri. Seperti contohnya mesin pencari, mereka tidak mengenal Google tapi yang dikenal adalah Baidu. Setidaknya di China, Baidu merupakan mesin pencari paling populer dengan menyumbang 74% pencarian dalam negeri.

Nah itu dia beberapa mesin pencari selain Google yang bisa Sahabat gunakan. Dari sembilan mesin pencari tersebut yang mana yang paling favorit, nih Sahabat?

1 Comment

Most Popular

To Top