Kid

Minyak Ikan untuk Anak: Manfaat, Kandungan dan Dosisnya

Mau tahu manfaat minyak ikan untuk si Kecil?

Minyak ikan merupakan nutrisi yang kini populer di masyarakat Indonesia. Berbagai produk untuk mendukung tumbuh kembang anak juga terdapat kandungan minyak ikan ini sebagai bahan utama. Lalu bagaimana dengan manfaat dan anjuran untuk mengonsumsi minyak ikan tersebut kepada anak? Simak informasi dalam artikel Jitaksara di bawah ini, ya Sahabat!

1. Kandungan minyak ikan untuk anak

1. Kandungan minyak ikan untuk anak
Sumber: pexels.com

Dalam minyak ikan terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang anak seperti vitamin A, vitamin D, omega-3, DHA, EPA dan masih banyak lagi. Kandungan-kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh anak terutama untuk pertumbuhan sel tubuh dan tulangnya. Sedangkan omega-3, DHA dan EPA sangat baik untuk perkembangan otaknya. Itulah mengapa penting sekali untuk memenuhi nutrisi tersebut selama anak tumbuh dan berkembang.

Sebetulnya kandungan yang sama bisa ditemukan pada produk ikan lain seperti salmon, sarden dan herring. Kandungan tersebut juga terhitung sangat tinggi, untuk itu Sahabat bisa memenuhi nutrisi tersebut pada anak. Namun kini minyak ikan hadir dalam beberapa bentuk seperti suplemen cair, suplemen kapsul atau bentuk susu. Sahabat hanya perlu menyesuaikan dengan minat anak tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Terbaik

2. Dosis konsumsi suplemen minyak ikan

2. Dosis konsumsi suplemen minyak ikan
Sumber: pexels.com

Banyak anak-anak yang tidak menyukai rasa dari ikan apalagi langsung memberikannya dalam bentuk minyak ikan. Sahabat bisa berkonsultasi tentang suplemen apa saja yang mengandung minyak ikan ini yang lebih disukai oleh anak-anak. Sahabat juga bisa mencarinya sendiri produk suplemen tersebut yang mengandung setidaknya 50 mg DHA per porsinya.

Biasanya, dalam suplemen cair atau kapsul terdapat anjuran konsumsi untuk anak. Sahabat perlu melihat dosis tersebut agar tidak berlebihan atau kekurangan. Pemenuhan nutrisi dari suplemen tersebut juga perlu didukung dari bahan makanan lain seperti sayur dan buah. Jika ada tanda-tanda alergi pada produk suplemen tersebut bisa berkonsultasi dengan dokter untuk jalan terbaiknya.

Beberapa bahan makanan yang mendukung suplemen tersebut seperti telur dan produk olahan susu karena mengandung banyak sekali omega-3 di dalamnya. Sebagai suplemen utama memang bisa disajikan dengan suplemen minyak ikan tersebut secara langsung. Jika berbentuk minyak, Sahabat bisa menambahkannya dalam makanan pada anak untuk mengurangi rasa tak enak dan baunya.

Baca juga: Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Pertumbuhan Anak

3. Manfaat minyak ikan untuk anak

3. Manfaat minyak ikan untuk anak
Sumber: pixabay.com
  • Zat besi, kandungan inilah yang dibutuhkan oleh anak-anak agar pertumbuhannya bisa maksimal. Peran dari zat besi ini untuk membuat hemoglobin dan memberi warna pada sel darah merah. Anak-anak perlu tercukupi dengan nutrisi ini agar tidak kekurangan oksigen dalam darahnya sehingga organ vitalnya dapat bekerja dengan baik.
  • Asam lemak, kandungan ini dibutuhkan untuk menurunkan kadar trigliserida yang mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan ini juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner.
  • Membantu ADHD, radang sendi, asma, irama jantung tak normal dan mencegah beberapa penyakit serius terutama jantung.
  • Manfaat selanjutnya dari minyak ikan adalah dapat membantu meningkatkan perkembangan dan kerja otak pada anak. Beberapa penelitian menjelaskan bahwa anak-anak yang mengonsumsi minyak ikan ini lebih aktif dan berprestasi dibandingkan dengan yang tidak.

Nah itulah beberapa informasi tentang manfaat, kandungan dan takaran mengonsumsi minyak ikan tersebut. Sahabat perlu memenuhi nutrisi ini agar tumbuh kembang anak dapat terjaga. Imbangi juga dengan konsumsi bahan makanan lain seperti buah, sayur, susu, ikan dan daging agar pertumbuhannya semakin maksimal.

Click to comment

Most Popular

To Top