Parenting

9 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil yang Harus Diperhatikan

minyak zaitun untuk ibu hamil

Minyak zaitun ternyata memiliki segudang manfaat untuk ibu hamil, lho~

Minyak zaitun dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk ibu hamil. Berbagai kandungan tersebut seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, vitamin E, omega-3 dan lainnya dapat mendukung perkembangan janin selama masa kehamilan.Nah untuk lebih jelasnya Sahabat bisa melihat berbagai manfaat tersebut dalam minyak zaitun untuk ibu hamil. Simak dalam artikel Jitaksara berikut ini, ya Sahabat!

1. Mengatasi puting pecah-pecah

1. Mengatasi puting pecah-pecah

Saat mendekati persalinan atau ketika menyusui, Sahabat akan mengalami kulit pecah-pecah di sekitar area puting. Nah Sahabat bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian ini untuk mengatasi masalah tersebut. Kandungan yang ada di dalamnya dapat meremajakan kulit sekitar puting sehingga lebih halus dan terawat.

2. Perkembangan saraf pada janin

2. Perkembangan saraf pada janin

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan dari minyak zaitun jika dikonsumsi oleh ibu hamil adalah dapat membantu perkembangan sistem saraf pada janin. Minyak zaitun mengandung lemak sehat berupa omega-3 yang penting untuk perkembangan tersebut dan juga sistem imun pada janin. Sahabat bisa mengonsumsi minyak zaitun pada trimester terakhir.

3. Berat badan dan perkembangan jantung janin yang ideal

3. Berat badan dan perkembangan jantung janin yang ideal

Kandungan omega-3 pada minyak zaitun dapat membantu pertumbuhan dari jantung janin. Nah, jika Sahabat rutin mengonsumsinya secara teratur selama masa kehamilan maka akan berdampak positif pada fisik bayi nantinya. Selain itu ada juga vitamin E yang bisa menurunkan risiko bayi lahir prematur.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

4. Membantu perkembangan otak janin

4. Membantu perkembangan otak janin

Jika dikonsumsi oleh ibu hamil, minyak zaitun juga dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada janin yang dikandung. Banyak kandungan yang dapat meningkatkan fungsi dan perkembangan otak tersebut. Jadi ketika sudah lahir dan tumbuh dewasa akan lebih cakap dan terampil.

5. Perkembangan pankreas dan ginjal pada janin

minyak zaitun untuk ibu hamil

Kandungan vitamin E yang tinggi pada minyak zaitun dapat membantu perkembangan pankreas dan ginjal selama pertumbuhan pada janin. Selain itu minyak zaitun juga disarankan khususnya bagi ibu yang sebelumnya memiliki riwayat melahirkan bayi prematur.

6. Mencegah infeksi

6. Mencegah infeksi

Minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin A yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh ini diperlukan sebagai pencegahan terhadap serangan infeksi atau bakteri yang masuk. Selama dikonsumsi secara rutin, minyak zaitun ini dapat memberikan manfaat yang lebih pada ibu yang sedang hamil, lho Sahabat.

Baca juga: 16 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

7. Mencegah serangan jantung dan kolesterol

7. Mencegah serangan jantung dan kolesterol

Manfaat penting lainnya dari minyak zaitun adalah dapat mencegah penumpukan plak pada dinding arteri. Kandungan asam oleat yang ada di dalamnya tersebut dapat mencegah dari penyakit jantung dan kolesterol. Mungkin persepsi ini sering salah arti, dimana minyak biasanya adalah penyebab kolesterol. Namun tidak demikian karena beberapa jenis minyak murni justru mengurangi risiko kolesterol ini, Sahabat.

8. Mengurangi stretch mark

8. Mengurangi stretch mark

Apakah di bagian tubuh Sahabat terdapat tanda stretch mark yang membekas? Tenang saja, oleskan minyak zaitun ini pada bagian tubuh yang terdapat stretch mark secara konsisten. Biasanya timbul pada bagian paha, perut, payudara atau pinggul. Minyak zaitun mengandung polifenol yang dapat mengatasi masalah tersebut.

9. Melancarkan proses persalinan

minyak zaitun untuk ibu hamil

Dalam proses persalinan dibutuhkan lebih banyak vitamin K yang mendukung untuk proses koagulasi darah. Mekanisme tersebut yang dapat membantu proses persalinan nantinya. Nah itulah mengapa dibutuhkan berbagai nutrisi yang mengandung manfaat tersebut salah satunya adalah minyak zaitun. Selain itu vitamin C dalam minyak ini dapat menjaga sirkulasi darah sehingga oksigen dapat masuk ke otak dan organ lain saat kelahiran nantinya.

Itulah beberapa manfaat yang akan Sahabat dapatkan jika menggunakan minyak zaitun. Kandungan dalam minyak zaitun tersebut dapat mendukung masa kehamilan dan kelahiran pada ibu hamil. Selamat mencoba!

2 Comments

Most Popular

To Top