Baby

7 Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

obat batuk untuk ibu menyusui

Jangan minum obat batuk sembarangan saat menyusui, ya!

Bagi ibu yang sedang menyusui tentu memiliki masalah tersendiri apabila ingin menggunakan obat-obatan kimia. Hal ini juga tidak lepas dari efek samping dan kandungan obat tersebut yang bisa berpengaruh pada kualitas asi yang dihasilkan. Itulah mengapa banyak ibu-ibu yang memilih menggunakan bahan alami yang tidak memiliki efek samping namun tetap efektif dalam mengatasi penyakit tersebut.

Nah, di bawah ini ada beberapa bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat batuk yang ampuh. Untuk menemukan dan cara mengolahnya pun juga sangat mudah, lho Sahabat. Yuk langsung simak informasinya hanya di Jitaksara.com!

1. Minyak Kelapa

1. Minyak Kelapa

Pada bahan alami ini mengandung senyawa antivirus yang kuat, lho Sahabat. Kandungan ini adalah Medium Chain Triglycerides (MCT) yang dicerna secara berbeda dan lebih cepat dari lemak jenuh lainnya. Minyak kelapa ini secara efektif dapat menghancurkan virus dan bakteri yang biasa ditemukan pada penyakit flu, campak, infeksi paru-paru sampai asma.

Mungkin Sahabat akan bertanya-tanya, bukankah itu minyak dan minyak biasanya mengandung kolesterol? Nah, justru pada minyak kelapa ini bisa menjaga kolesterol yang baik dan menurunkan kolesterol jahat. Caranya cukup dengan mengkonsumsi 1-2 sendok makan setiap harinya secara rutin sampai batuk hilang.

2. Jahe

2. Jahe

Pada jahe terdapat kandungan antimikroba, antioksidan, antiinflamasi dan pereda nyeri. Dari dulu sampai sekarang bahan ini memang paling sering digunakan sebagai obat berbagai penyakit dalam, salah satunya adalah batuk. Nah, fungsi jahe ini nantinya dapat meningkatkan sistem imun dan dapat menghangatkan tubuh dengan baik.

Caranya sangat mudah, Sahabat bisa mengolahnya sebagai minuman hangat yang menyegarkan tubuh. Potong jahe menjadi beberapa irisan kemudian rebus dengan air selama satu jam. Saring dan tambahkan madu agar khasiatnya lebih terasa, Sahabat bisa meminum resep ini sampai gejala batuk mereda.

Baca juga: 7 Tips Puasa untuk Ibu Menyusui yang Harus Kamu Tahu

3. Bawang Putih

3. Bawang Putih

Bahan ini memang mudah ditemukan karena semua orang pasti menggunakannya dalam masakannya sehari-hari. Bawang putih dikenal memiliki senyawa antioksidan, antivirus, antibakteri dan anti jamur. Kandungan ini bernama allicin yang merupakan senyawa kuat yang muncul saat diiris dan sebelum dimasak.

Cara menggunakannya cukup langsung dikunyah, namun kebanyakan orang tak tahan dengan rasanya karena terlalu kuat. Sahabat bisa mencincangnya sampai halus dan menambahkan satu sendok makan madu agar rasanya tak terlalu kuat. Lakukan setiap hari tiga kali sampai batuk mereda.

4. Teh Hijau

4. Teh Hijau

Menurut studi terbitan The Journal of American Medical Association memberikan ulasan bahwa teh hijau dapat membantu menjaga kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit masuk. Dalam teh hijau ini mengandung banyak sekali antioksidan yang dapat menyembuhkan batuk secara efektif.

Beberapa kandungan seperti klorofil, EGCG (Epigallocatechin Gallate, flavonoid, teofilin dan L-theanine tersebut yang bertugas melawan berbagai penyakit. Cara menggunakan bahan ini cukup dengan mengkonsumsinya sebagai minuman hangat saat pagi dan sore hari.

5. Kunyit

Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui

Tidak hanya di Indonesia namun hampir di seluruh kawasan Asia banyak yang menggunakan rimpang ini sebagai tanaman obat. Ternyata kunyit ini juga dapat menjadi obat batuk alami, lho Sahabat. Kandungan utamanya seperti curcumin yang memiliki banyak kelebihan seperti mencegah terjadinya penyakit, mengurangi alergi, menjaga organ dalam, antiinflamasi dan masih banyak lagi. Cara mengolahnya menjadi obat batuk alami hanya dengan membuatnya sebagai minuman yang enak atau dicampur bersama dengan teh dan madu.

Baca juga: 5 Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil Trimester Kedua

6. Sari Cuka Apel

Obat Batuk Untuk Ibu Menyusui

Dalam bahan ini dikenal mengandung antibakteri yang dapat membunuh mikroba penyebab penyakit. Sari cuka apel ini juga dapat membantu melegakan sistem pernapasan dan mengeluarkan lendir saat batuk. Maka dari itu bahan ini juga sangat rekomendasi untuk digunakan sebagai obat batuk alami. Sahabat hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh sari cuka apel dengan segelas air putih hangat kemudian meminumnya. Jika diminum secara rutin akan dapat membantu meredakan batuk Sahabat.

7. Produk Probiotik

7. Produk Probiotik

Biasanya ketika ibu menyusui terkena serangan penyakit karena sistem imunnya sedang menurun. Maka dari itu membutuhkan bahan-bahan yang mengandung probiotik seperti yogurt dan lainnya. Dalam produk tersebut mengandung banyak sekali bakteri baik yang berguna memerangi bakteri jahat dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Sahabat perlu mengkonsumsinya secara rutin selama beberapa hari sampai batuk mereda. Selain permasalahan penyakit batuk yang dialami oleh ibu menyusui, ternyata bahan tersebut juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh, lho Sahabat.

Itulah beberapa obat batuk alami yang bisa Sahabat coba di rumah. Memilih untuk menggunakan bahan alami memang sangat tepat terlebih lagi untuk ibu yang sedang menyusui. Selain tidak ada efek sampingnya, bahan-bahan tersebut juga dapat menutrisi tubuh dan dapat membantu memperkuat imunitas tubuh. Selamat mencoba!

1 Comment

Most Popular

To Top