Health

10 Obat Kolesterol Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat Sendiri

obat kolesterol alami

Atasi kolesterol tinggi dengan bahan-bahan ini~

Kolesterol merupakan lemak yang masuk ke dalam darah dan berfungsi untuk memelihara membran sel. Namun dalam kadar yang tinggi, kolesterol tersebut justru akan menghambat kesehatan seseorang. Kolesterol ini disebabkan oleh banyak faktor seperti sering mengonsumsi makanan berminyak, makanan berlemak dan pola olahraga yang tidak teratur.

Semakin tinggi kadar kolesterol tersebut akan semakin membahayakan nyawa penderitanya. Itulah mengapa sangat penting sekali bagi Sahabat untuk melakukan pengecekan kesehatan setidaknya satu bulan sekali. Nah bagi Sahabat yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi kini tak perlu panik. Hanya perlu membuat ramuan sederhana yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut. Simak penjelasannya dalam artikel Jitaksara berikut ini, ya!

1. Kacang-kacangan

1. Kacang-kacangan

Obat kolesterol alami yang pertama adalah kacang-kacangan. Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang dapat melawan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh seperti kenari, almond, kacang, pistachio, pecan, hazelnut dan masih banyak lagi.

Di dalam kacang-kacangan tersebut mengandung sterol dan serat alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Jadi kini Sahabat ada alasan untuk mulai mengonsumsi kacang-kacangan ini, ya! Namun tetap mengonsumsinya sesuai porsinya dan jangan sampai berlebihan.

2. Ragi beras merah

2. Ragi beras merah

Obat alami untuk mengatasi kolesterol berlebih selanjutnya adalah ragi beras merah. Dalam ragi beras merah mengandung monacolins yang dapat menghambat sintetis kolesterol. Ragi beras merah dibuat dari fermentasi ragi merah dan beras.

Namun dalam mengonsumsi bahan alami satu ini perhatian khusus karena mengandung lovastatin dan bahan kimia lain yang dapat memberikan efek samping. Sahabat bisa berkonsultasi dulu dengan dokter masing-masing terutama bagi yang hamil, menyusui atau penderita masalah hati.

3. Minyak ikan

3. Minyak ikan

1 sampai 4 gram minyak ikan per hari dapat menurunkan trigliserida dan mencegah penyakit jantung. Bahan alami satu ini memang memiliki khasiat yang tinggi sebagai obat kolesterol yang paling ampuh. Sahabat bisa mengonsumsinya dalam bentuk kemasan produk minyak ikan yang banyak tersedia di apotek dan toko online.

Baca juga: 2 Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Harus Kamu Tahu

4. Oatmeal

Oatmeal

Tidak ada salahnya dalam seminggu mengonsumsi menu makanan yang terbuat dari oatmeal. Selain rasanya enak ternyata oatmeal ini memiliki peran untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat larut pada oatmeal ini yang dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di pembuluh darah.

Itulah mengapa sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan ini. Sahabat bisa menambahkan susu dan aneka potongan buah segar agar rasanya semakin lebih mantap.

5. Minyak kelapa

5. Minyak kelapa

Mungkin kebanyakan orang masih berpikir bahwa sumber dari kolesterol adalah minyak. Namun berbeda dengan bahan alami satu ini, minyak kelapa justru bermanfaat tinggi untuk mengatasi kolesterol jahat. Tentunya harus menggunakan minyak kelapa yang murni ya Sahabat, tapi bukan minyak kelapa bekas menggoreng. Tambahkan minyak kelapa murni dalam menu diet Sahabat untuk lebih efektifnya.

6. Jus jeruk

Jus jeruk

Bahan alami satu ini memang tak diragukan lagi manfaatnya. Kandungan dalam buah jeruk seperti folat, vitamin C dan flavonoid membantu mengurangi kolesterol secara drastis. Apabila setelah pengecekan kadar kolesterol Sahabat tinggi, bisa langsung mengonsumsi jus jeruk untuk segera menurunkan kadar kolesterolnya.

Baca juga: Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Untuk Pertumbuhan Anak

7. Cuka sari apel

7. Cuka sari apel

Selain menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh ternyata cuka sari apel ini juga bermanfaat untuk mengatasi darah tinggi, infeksi saluran pernapasan dan asam urat. Cuka sari apel memang lebih direkomendasikan oleh para ahli kesehatan karena manfaat di dalamnya memang cukup efektif. Sahabat bisa mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel ini ke dalam segelas air putih. Minum tiga kali sehari selama satu bulan penuh untuk dapat mengatasi kolesterol tersebut.

8. Gooseberry India

8. Gooseberry India

Kandungan dalam buah gooseberry ini berfungsi sebagai hipolipidemik alami yang dapat mengurangi konsentrasi lipid dan serum. Kolesterol jahat dalam tubuh tentu dapat berkurang secara drastis jika Sahabat mengonsumsi buahnya langsung atau minuman yang mengandung buah tersebut. Untuk mengonsumsinya bisa diminum setiap pagi hari saat perut masih kosong.

9. Bawang merah

9. Bawang merah

Menurut ilmuwan di Hongkong menemukan bahwa bahan alami satu ini dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dapat berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung. Cara mengonsumsinya hanya dengan satu sendok teh bawang merah yang sudah dihaluskan, kemudian tambahkan madu secukupnya. Minum campuran tersebut sehari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Ketumbar

Ketumbar

Biji ketumbar memiliki hipoglikemik yang dapat mengatur diabetes dan menurunkan kadar kolesterol. Cara membuat ramuannya cukup mudah, rebus dua sendok teh biji ketumbar dengan satu gelas air. Setelah mendidih, ramuan tersebut bisa didinginkan dahulu dan disaring kemudian baru bisa diminum. Sahabat bisa meminum ramuan tersebut dua kali sehari.

Itulah beberapa obat kolesterol alami yang mudah dibuat di rumah. Tentunya dengan porsi yang sesuai akan menurunkan kolesterol lebih efektif. Sahabat juga bisa berkonsultasi pada dokter masing-masing untuk mengetahui perkembangan kadar kolesterol dalam tubuh tersebut. Selamat mencoba!

1 Comment

Most Popular

To Top