Parenting

7 Obat Maag untuk Ibu Hamil yang Ampuh dan Aman

obat maag untuk ibu hamil

Atasi maag saat hamil dengan obat ini!

Penyakit maag memang sangat menjengkelkan ketika sedang kambuh. Perut akan terasa nyeri bahkan sampai ke ulu hati. Bagi yang tak tahan dengan rasa nyeri tersebut mungkin sudah menangis kesakitan. Beberapa penyebab maag ini beragam, mulai dari telat makan, tukak lambung, atau bahkan karena adanya masalah pada organ pencernaan tersebut.

Mungkin bagi orang biasa tak masalah mengonsumsi obat pereda maag tersebut dari merk apapun, namun bagaimana jika yang mengalami hal tersebut adalah ibu yang sedang hamil? Tentu perlu tindak lanjut yang lebih aman agar janin yang dikandungnya tidak terganggu dengan kandungan yang ada di dalam obat tersebut. Nah di bawah ini ada beberapa jenis obat yang tergolong aman bagi ibu hamil yang sudah Jitaksara rangkum, yuk simak Sahabat!

*Urutan dari obat-obat yang ada dalam artikel ini adalah acak tanpa ada maksud tertentu.

1. Radin

1. Radin

Obat yang pertama memiliki nama Radin. Fungsinya sendiri untuk menurunkan produksi asam lambung yang berlebih pada perut. Obat ini sering diresepkan sebagai obat GERD, tukak lambung, tukak usus dua belas jari, dan obat maag. Kandungan zat aktif seperti Ranitidine HCl ini yang berperan penting untuk mengatasi masalah tersebut. Untuk mendapatkan obat ini terutama bagi ibu hamil perlu adanya resep dari dokter karena obat ini tergolong keras.

2. Omeprazole

2. Omeprazole

Obat yang kedua tergolong dalam obat PPI atau Proton Pump Inhibitor yang berfungsi menghambat produksi asam lambung. Biasanya jika Sahabat selesai berkonsultasi dengan dokter pasti akan diresepkan dengan obat ini. Beberapa penanganan masalah seperti gangguan lambung dapat diatasi dengan mudah. Namun perlu diketahui, obat ini maksimal dikonsumsi selama 2 minggu saja dan diminum sebelum makan.

3. Antasida Doen

3. Antasida Doen

Hampir sama kerjanya dengan obat maag lain karena pada Antasida Doen ini juga mampu meredakan rasa nyeri yang timbul karena tukak lambung atau maag. Bentuk dari obat ini adalah tablet kunyah yang bisa dikunyah dulu sampai halus baru ditelan. Harga yang ditawarkan sekitar Rp4.500,- per stripnya dengan isi 10 tablet.

4. Promag

Obat Maag Untuk Ibu Hamil

Obat ini memang paling sering digunakan oleh masyarakat karena mudah dibeli dan ditemukan. Kandungan aktif dalam obat ini seperti simetikon, hydrotalcite, dan magnesium hidroksida dapat meredakan maag dengan cepat. Obat ini harus diminum dalam kondisi perut yang masih kosong, artinya sebelum makan dengan cara dikunyah dahulu hingga larut.

5. Polysilane Suspensi

5. Polysilane Suspensi

Obat ini berfungsi sebagai antasida dan antiflatulent yang berperan mengobati masalah saluran pencernaan seperti maag, tukak lambung, kembung dan gastritis. Kandungan seperti magnesium hidroksida, dimetilpolisiloksan dan aluminium hidroksida dapat menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa nyeri pada perut. Dosis untuk orang dewasa sekitar 1-2 sendok takar yang diminum antara waktu makan dan sebelum tidur. Obat ini tergolong aman bagi ibu hamil namun tetap saja harus waspada karena dapat menghambat penyerapan asam folat.

6. Mylanta Liquid

6. Mylanta Liquid

Obat untuk maag yang terakhir yang juga tergolong dalam obat antasida adalah Mylanta Liquid. Obat ini dapat meringankan keluhan saluran cerna seperti maag, nyeri ulu hati, atau gastritis. Kandungan seperti antasida aluminium hidroksida, simetikon, dan magnesium hidroksida dapat menetralkan asam lambung yang kambuh dengan cepat. Obat ini dapat diminum satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan. Dosisnya bisa dilihat dalam kemasan tersebut, walau dianggap cukup aman bagi ibu hamil tetap saja ada kemungkinan mengganggu penyerapan asam folat dan zat besi.

7. Mylanta Tablet

Obat Maag Untuk Ibu Hamil

Di apotek atau toko obat biasanya menyediakan dua varian dari merk Mylanta yaitu bentuk tablet dan cair. Mylanta tablet juga dapat digunakan untuk meredakan penyakit maag yang kambuh bagi ibu yang sedang hamil. Kandungan aktif seperti magnesium hidroksida, simetikon, dan aluminium hidroksida dapat meringankan penyakit tersebut. Aturan pakai pada kedua obat ini sama yaitu satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

Itulah beberapa pilihan obat pereda maag yang bisa Sahabat minum walau saat hamil. Tentu penyakit maag memang menyakitkan, maka dari itu perlu penanganan dan sebisa mungkin mencegah hal tersebut terjadi. Selamat mencoba Sahabat!

3 Comments

Most Popular

To Top