Baby

3 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Jangan minum obat sembarangan, ya!

Sakit gigi memang bisa datang pada siapa saja termasuk ibu menyusi. Ketika menyusui, apa saja yang dikonsumsi oleh ibu tersebut akan tetap berpindah ke dalam ASInya walau jumlahnya sedikit.

Maka dari itu jika mengonsumsi obat tentu haru tahu mana yang aman untuk ibu menyusui dan mana yang tidak.

Langkah pertama yang perlu Sahabat lakukan adalah berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu. Dari sana akan ada rekomendasi dan tips yang bisa Sahabat lakukan untuk bisa terbebas dari rasa sakit gigi.

Sakit gigi ini bisa terjadi karena banyak penyebabnya. Bisa karena gigi berlubang, infeksi mulut atau asupan kalsium yang kurang.

Apabila memang sudah tidak tertahankan, Sahabat Jitaksara bisa mencoba salah satu obat di bawah ini yang aman untuk ibu menyusui. Catat, ya Sahabat!

1. Paracetamol

obat sakit gigi untuk ibu menyusui

tokopedia.com

Obat sakit gigi untuk ibu menyusui yang pertama adalah paracetamol. Obat ini beredar luas dan mudah didapatkan di apotek atau toko obat terdekat.

Namun yang menjadi perhatian Sahabat adalah dosis yang dianjurkan untuk ibu menyusui. Paracetamol termasuk dalam golongan asetaminofen yang mampu meredakan sakit pada gigi dan demam.

Jika dikonsumsi sesuai dengan dosisnya, Sahabat tak perlu khawatir lagi jika ASI yang dihasilkan akan berkurang.

Dosis yang dianjurkan yaitu 500 mg untuk 4-6 jam, dosis yang berlebihan dapat menimbulkan kerusakan hati. Jadi jangan sampai berlebihan mengonsumsinya, ya Sahabat!

Satu hal lagi, sebelum mengonsumsi obat ini sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter masing-masing apabila ada cara lain yang lebih aman dan terbaik.

Beberapa cara alami juga bisa Sahabat lakukan untuk mengurangi rasa sakit yang tak tertahankan sementara. Baru dikemudian hari bisa datang ke dokter terdekat.

Baca juga: Cabut Gigi Saat Hamil, Adakah Risikonya bagi Ibu dan Janin?

2. Naproxen

obat sakit gigi untuk ibu menyusui

ukmeds.co.uk

Obat ini juga cocok dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk mengurangi rasa nyeri yang kambuh dan pembengkakan yang terjadi di mulut.

Hampir sama dengan obat sakit gigi lainnya, naproxen akan bekerja mencegah zat peradangan yang diproduksi oleh tubuh manusia.

Menurut Verywell Family, naproxen ini dianggap sebagai obat yang aman dalam jangka pendek untuk ibu menyusui.

Beberapa efek samping yang bisa terjadi saat mengonsumsinya adalah mengantuk, perut mual, pusing, nyeri pada ulu hati dan lainnya.

Untuk pemindahan kandungan dalam naproxen ini cukup rendah namun bisa memiliki efek samping pada bayi. Tetap berkonsultasi dengan dokter dulu sebelum mengonsumsinya, ya Sahabat!

Baca juga: 7 Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui, Dijamin Ampuh!

3. Ibuprofen

obat sakit gigi untuk ibu menyusui

blibli.com

Obat yang terakhir adalah ibuprofen yang termasuk dalam obat anti-inflamasi nonsteroid. Biasanya digunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri yang timbul pada area gigi.

Tapi yang harus Sahabat perhatikan adalah memastikan dahulu jika Sahabat tidak memiliki gangguan lambung atau penyakit asma.

Obat ini juga termasuk obat yang aman digunakan juga saat menyusui.

Ibuprofen yang terlarut dalam tubuh tetap akan masuk ke dalam ASI sehingga ketika Sahabat sedang menyusui maka jumlah yang kecil bisa terkonsumsi oleh bayi.

Itulah mengapa Sahabat perlu mematuhi dosis yang dianjurkan, apabila melebihi anjuran yang diberikan maka Sahabat harus menanggung risikonya sendiri.

Sahabat bisa meminta rekomendasi dan resep dari dokter yang bersangkutan untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui.

Demikian informasi tentang obat sakit gigi yang aman untuk ibu menyusui. Perhatikan dosis yang tertera dan Saat ini banyak aplikasi yang memudahkan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jadi Sahabat bisa menggunakannya sebelum memutuskan ingin meminum obat yang mana. Selamat mencoba!

Click to comment

Most Popular

To Top