Travel

Paspor Hilang di Indonesia? Ini yang Harus Kamu Lakukan, Sahabat!

Tak perlu panik saat paspormu hilang, ya!

Kehilangan paspor memang bisa terjadi pada siapa saja. Entah itu memang benar-benar hilang, dicuri, atau bahkan paspor rusak. Faktor kehilangan ini bisa disengaja atau tidak disengaja, maka dari itu seseorang yang sudah memiliki paspor harus benar-benar menjaganya dengan hati-hati. Lalu bagaimana jika sudah terlanjur kehilangan paspor tersebut?

Tenang saja, Jitaksara sudah menyiapkan langkah-langkah dan berkas yang diperlukan selama mengurus paspor baru tersebut. Usahakan untuk mengurusnya jauh-jauh hari jika Sahabat ingin keluar negeri dalam jarak dekat. Selain prosesnya yang memakan waktu cukup lama, hal ini juga dapat membuat kenyamanan sendiri dalam mengurusnya. Yuk simak di bawah ini, Sahabat!

1. Lapor ke polisi

paspor hilang di indonesia

illinoislegalaid.org

Hal pertama yang perlu Sahabat lakukan adalah melaporkan ke pihak kepolisian. Nantinya Sahabat akan dibuatkan formulir surat kehilangan dan akan menerima dua salinan asli dari surat tersebut. Pada formulir tersebut Sahabat perlu memberikan informasi seperti tempat, waktu dan kronologi kehilangan paspor tersebut.

2. Laporkan ke kedubes pemberi visa

2. Laporkan ke kedubes pemberi visa

dfa.ie

Jika sebelumnya Sahabat pernah mendapatkan visa dari negara tertentu, maka perlu menginformasikan tentang kehilangan paspor tersebut. Langkah ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tak diinginkan dikemudian hari.

3. Datangi kantor imigrasi

3. Datangi kantor imigrasi

karawang.imigrasi.go.id

Setelah mendapatkan surat dari kepolisian tersebut maka langkah selanjutnya yang perlu Sahabat lakukan adalah mengurusnya ke kantor imigrasi untuk membuat BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Sebelum datang ke kantor imigrasi tersebut, Sahabat perlu mempersiapkan beberapa dokumen seperti KTP, KK, akta kelahiran / buku nikah / ijazah, fotokopi paspor (jika ada) dan surat kehilangan dari pihak kepolisian sebelumnya.

Baca juga: Visa Korea Ditolak? Ini Dia Penyebab yang Harus Kamu Hindari!

4. Ambil nomor antrean di kantor imigrasi

4. Ambil nomor antrean di kantor imigrasi

curiosity.com

Segera ambil nomor antrean atau bisa meminta ke petugas dan tunggu hingga nomor tersebut dipanggil. Setelah dipanggil ke loket, selanjutnya serahkan dokumen yang diperlukan tersebut untuk dibuatkan permohonan BAP. Nantinya Sahabat akan diberitahukan waktu untuk bertemu dengan pejabat Wasdakim (Pengawas dan Penindakan Keimigrasian). Biasanya tenggang tiga hari setelah menyerahkan berkas tersebut.

5. Kembali ke kantor imigrasi untuk proses BAP

5. Kembali ke kantor imigrasi untuk proses BAP

imigrasi-tanjungpandan.com

Setelah tiga hari tersebut, Sahabat bisa datang ke kantor imigrasi untuk mengurus paspor yang hilang. Di sana Sahabat akan menjalani proses wawancara dengan pejabat tersebut. Nantinya akan ditanya apakah paspor rusak atau benar-benar hilang. Sahabat perlu mengutarakan informasi yang jelas dan sesuai dengan kenyataan. Jika alasannya diterima maka Sahabat akan dibuatkan dokumen BAP untuk dibawa ke tujuan selanjutnya.

6. Ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM

6. Ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM

rri.co.id

BAP yang sudah diterima kemudian perlu dibawa ke Kanwil Kementerian Hukum dan HAM. Di sana berkas akan diproses jika disetujui dan harus kembali ke kantor imigrasi lagi untuk mengurus penggantian paspor yang hilang.

7. Ke kantor imigrasi untuk pembuatan paspor baru

paspor hilang di indonesia

digitaloceanspaces.com

Dengan membawa surat persetujuan dari kantor Kanwil tersebut, Sahabat perlu menyertakan berkas kelengkapan lainnya yang dibutuhkan. Selanjutnya Sahabat akan diberikan slip pembayaran untuk denda dan penggantian paspor tersebut. Biaya untuk denda sekitar Rp300 ribu sedangkan untuk paspor baru sekarang adalah Rp355 ribu. Pembayaran bisa dilakukan di Bank Negara Indonesia terdekat untuk pelunasannya. Setelah mendapatkan bukti transfer bisa langsung kembali ke Kantor Imigrasi untuk mengambil nomor antrean dan wawancara lagi.

Itulah beberapa tahapan yang bisa Sahabat lakukan jika kehilangan paspor. Kehilangan paspor di luar negeri pun juga prosesnya hampir sama saat mengurusnya lagi di Indonesia. Jadi jaga hati-hati paspor yang Sahabat miliki, ya!

Click to comment

Most Popular

To Top