Travel

Paspor Hilang di Luar Negeri, Ini yang Harus Kamu Lakukan

Jangan panik, segera lakukan langkah ini!

Walau terkadang semua barang bawaan sudah terjaga dengan baik, tentunya sebagai bagian dari manusia tak luput dari masalah kehilangan barang. Kejadian ini memang bisa menimpa siapa saja terutama mereka yang sedang berlibur ke luar negeri. Paspor hilang bukan perkara yang sepele, mengingat Sahabat merupakan tamu di negeri orang maka perlu membawa tanda pengenal yang sudah distandarkan secara internasional. Paspor yang hilang ini bisa terjadi karena dicuri orang atau memang jatuh di tempat yang tak terduga.

Nah, jika paspor ini sudah terlanjur hilang maka beberapa langkah di bawah ini bisa Sahabat lakukan. Tak membutuhkan waktu yang lama untuk mengurus dokumennya jika identitas lain (selain paspor) masih ada. Yuk simak informasi yang Jitaksara tulis di bawah ini, Sahabat!

1. Lapor ke polisi setempat

paspor hilang di luar negeri

inews.co.uk

Pertama, Sahabat perlu melaporkan diri ke kepolisian setempat. Sahabat bisa tanya atau minta diantarkan warga lokal untuk menemukan kantor kepolisian ini. Di kantor kepolisian ini Sahabat diminta melaporkan kronologi bagaimana bisa kehilangan paspor tersebut, kemudian ditulis pada formulir kejadian kehilangan secara jelas.

Jika sudah mendapatkan salinan bukti kehilangan maka Sahabat bisa lanjut ke tempat berikutnya. Laporan ini memuat tanggal, waktu dan tempat kejadian, jadi Sahabat bisa menjelaskan secara rinci dari informasi tersebut.

Baca juga: Paspor Hilang di Indonesia? Ini yang Harus Kamu Lakukan, Sahabat!

2. Hubungi kedubes RI / Konsulat Jenderal RI

2. Hubungi kedubes RI / Konsulat Jenderal RI

kemlu.go.id

Langkah selanjutnya, Sahabat bisa langsung menelpon kantor Kedubes RI setempat (KBRI) jika paspor yang Sahabat bawa telah hilang. Sebelum Sahabat mengunjungi tempat-tempat di negara tujuan, alangkah baiknya untuk selalu menyimpan nomor kedubes RI negara tersebut.

Hal ini untuk meminimalisir masalah yang akan terjadi selama berlibur ke negara tujuan. Nantinya akan ada langkah-langkah instruksi yang diberikan dari kantor Kedubes RI sebelum diarahkan untuk datang ke kantornya mengurus surat selanjutnya.

3. Mengambil SPLP di Kantor KBRI

3. Mengambil SPLP di kantor KBRI

novairinda.wordpress.com

Setelah semua proses Sahabat lakukan maka langkah selanjutnya adalah mengambil surat SPLP (Surat Perjalanan Laksana Paspor) yang berfungsi menggantikan paspor sementara. Jadi dengan membawa surat ini Sahabat sudah bisa bernapas lega karena bisa melanjutkan perjalanan sesuai dengan jadwal. Untuk mendapatkan surat ini Sahabat perlu melengkapinya dengan dokumen lain seperti:

  • KTP Indonesia
  • Akta kelahiran atau buku nikah
  • KK
  • Surat kehilangan dari kepolisian setempat
  • Salinan fotokopi paspor (jika ada)
  • Formulir SPLP
  • Pasfoto dengan latar warna terang
  • biaya pembuatan SPLP

biaya pembuatan ini akan dikenakan sebesar $5 USD atau sekitar Rp55 ribu. Biaya ini sudah ditetapkan dikebanyakan negara namun biayanya juga maish bervariasi. Lama prosesnya pembuatan surat ini tergantung dari KBRI setempat dan biasanya paling lama jadi dalam satu hari. Pembuatan semakin lama jika Sahabat tidak dapat menunjukkan identitas diri dan kewarganegaraan asal.

Baca juga: Visa Schengen Ditolak? Ini Dia Penyebab dan Apa yang Harus Dilakukan

4. Segera urus pembuatan paspor baru setelah tiba di Indonesia

paspor hilang di luar negeri

qiwii.id

Jika semua proses sudah selesai dan Sahabat juga sudah mendapatkan SPLP ini maka langkah terakhir adalah mengurus paspor baru ketika sudah tiba di Indonesia. Sahabat bisa mengurus secepatnya dan jangan lupa untuk membawa SPLP tersebut sebagai tanda buktinya.

Kini Sahabat tak perlu khawatir lagi jika kehilangan paspor saat berada di negara tujuan. Sebagai saran untuk traveling selanjutnya, Sahabat perlu memisahkan penyimpanan dokumen dan uang di tempat yang berbeda. Jadi ketika ada insiden kehilangan tersebut, Sahabat tidak akan kehilangan semuanya sekaligus.

 

Click to comment

Most Popular

To Top