Travel

Panduan Lengkap Pembatalan Tiket Kereta Secara Online (Update)

Tak perlu antri di loket lagi, lho!

Naik kereta kini lebih mudah dan cepat dengan pemesanan tiket melalui online. Berbagai channel seperti Tokopedia, Tiket.com, Bukalapak dan masih banyak lagi juga menyediakan fitur pemesanan tiket ini secara online. Mengapa sih tiket online lebih dipilih dibandingkan datang langsung ke stasiunnya?

Ada banyak kelebihan jika Sahabat memesan tiket secara online seperti lebih ringkas, bisa pilih tempat duduk, ada diskon, mudah dan cepat. Selain itu tiket online juga bisa dipesan jauh-jauh hari untuk menghindari kehabisan tiket.

pembatalan tiket kereta secara online

easybook.com

Kadang ada saja masalah yang sering dihadapi bagi penumpang yaitu perubahan jadwal tiketnya atau pembatalan tiketnya. Pada proses pembatalan akan dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari nilai tiket yang dibatalkan.

Jadi harus lebih berhati-hati dalam melakukan pemesanan tiket kereta api tersebut, ya Sahabat. Untuk pembatalan tiket ini bisa dilakukan secara offline dan secara online dengan tahapan yang sudah Jitaksara rangkum ini!

1. Pembatalan melalui loket di stasiun terdekat

Sahabat bisa langsung datang ke stasiun terdekat dan segera menuju ke Customer Service on Station (CSOS). Di sana akan diarahkan cara-cara pembatalannya dengan menunjukkan identitas asli dari salah satu penumpang

Jangka waktu untuk pengembalian dananya kurang lebih sama seperti pembatalan online. Pembatalan bisa dilakukan dengan menunjukkan salah satu dari identitas asli penumpang jika terdapat kode booking lebih dari satu.

2. Pembatalan tiket secara online

  • Pertama, masuk ke aplikasi KAI Access dan masuk ke pilihan “My Trips”
  • Kemudian pilih kode booking dan pilih pembatalan
  • Selanjutnya Sahabat bisa memilih minimal satu penumpang untuk melakukan pembatalan tersebut.
  • Klik centang pada syarat dan ketentuan, lalu klik lanjut
  • Masukkan akun bank berupa nomor rekening dan bank tujuan untuk proses transfer dananya
  • Jika semua data yang dimasukkan sudah benar maka bisa langsung klik konfirmasi yang berupa ringkasan pembatalan yang Sahabat lakukan.
pembatalan tiket kereta secara online

indonesia.go.id

Adapun beberapa syarat dan ketentuan dalam pembatalan online adalah sebagai berikut:

  • Salah satu penumpang yang data dirinya terdaftar pada apliksai KAI Access dan menggunakan akun KAI Access pemiliknya
  • Pembatalan bisa dilakukan paling lambat 24 jam sebelum keberangkatan kereta dan tiketnya sudah dibayar. Apabila tiket sudah tercetak dan kurang dari 24 jam maka pembatalan bisa dilakukan langsung di stasiun yang melayani.
  • Pembelian tiket melalui channel lain tetap bisa dibatalkan melalui aplikasi KAI Access dengan input kode booking pada menu My Trips selama pemilik akun membatalkan tiketnya.
  • Pembatalan tiket dikenakan biaya adminstrasi sebesar 25% dari tarif tiket yang dibatalkan dan di luar biaya pesan kelipatan Rp1.000,-
  • Pengembalian dana pemohon akan diproses pada hari ke-30 sampai hari ke-45 setelah pengajuan dan dibayarkan secara non-tunai (transfer)
  • Jika terjadi kegagalan transfer maka akan mendapatkan sms pemberitahuan jika telah gagal transfer dan bisa langsung menuju Customer Service on Station (CSOS) yang terdekat.
  • Sahabat bisa memberikan bukti pembatalan di aplikasi KAI Access dan SMS gagal transfer tersebut pada CSOSnya. Selanjutnya Sahabat akan mendapatkan penggantian dananya secara tunai
  • Jika dalam satu pembatalan tersebut terdiri dari beberapa kode booking maka bisa diwakilkan pada salah satu penumpang dengan menunjukkan identitas asli.

Itulah beberapa langkah mudah yang bisa Sahabat lakukan untuk pembatalan tiket online KAI Access. Jika memang tidak ada waktu bisa menempuhnya dengan cara online, namun jika ragu dengan proses tersebut bisa datang langsung ke stasiun terdekat.

 

 

 

Click to comment

Most Popular

To Top