Dewasa

Mengenal Teratozoospermia, Penyebab Istri Susah Hamil

teratozoospermia adalah

Jangan sampai impian memiliki momongan terhalang karena ini, ya!

Sebanyak 50% kasus infertilitas tergantung dari pria, sisanya dari banyak faktor yang bisa terjadi. Salah satu penyebab infertilitas tersebut adalah spermatozoa yang tak normal. Beberapa pria mengaku sperma yang dikeluarkannya terlalu sedikit, namun hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi tiram agar produksi sperma lebih banyak dan bisa meningkatkan libido.

Namun yang menjadi masalahnya adalah sperma yang abnormal tersebut bisa berbentuk yang tidak semestinya. Nah di bawah ini ada beberapa penjelasan yang sudah Jitaksara siapkan tentang kondisi abnormal ini. Sahabat bisa menyimak informasinya dengan seksama, ya!

1. Apa itu sperma yang tidak normal?

1. Apa itu sperma yang tidak normal?

Sperma yang tidak normal merupakan suatu kondisi yang terjadi pada sperma yang memiliki peluang lebih kecil untuk membuahi sel telur. Jika istri tidak kunjung hamil maka bisa jadi pasangan prianya memiliki kondisi sperma yang abnormal. Salah satu kelainan tersebut adalah teratozoospermia yang membuat pria memproduksi sperma dalam jumlah sedikit.

Baca juga: 5 Rahasia Kuat Tahan Lama Tanpa Obat di Ranjang

Jika jumlahnya tidak memadai maka akan memperkecil peluang sel telur dapat dibuahi. Terlebih lagi jika bentuk dan kondisi sperma yang dikeluarkan tidak normal, tentu akan sulit untuk mendapatkan kehamilan. Sebaliknya, jika kondisi sperma yang normal ditambah dengan volume yang cukup akan membuat peluang kehamilan lebih tinggi.

2. Ciri-ciri sperma yang tidak normal

2. Ciri-ciri sperma yang tidak normal

Sperma yang tidak normal memiliki bentuk yang buruk, hal ini biasa disebut dengan nama teratozoospermia. Ketika bentuknya tidak normal namun parameter air mani dan lainnya dalam kondisi yang normal, maka bisa dikatakan bahwa sperma tersebut masih normal. Nah, ada beberapa bentuk dari sperma yang tidak normal seperti:

  • Big head, ukuran kepala sperma lebih besar dari ukuran semestinya
  • Small head, ukuran kepala sperma lebih kecil dari ukuran normal
  • Rough head, bentuk kepala sperma dengan bentuk yang rusak
  • Rough body, bentuk bagian tubuh sperma yang rusak
  • Two tails, memiliki dua ekor
  • Two heads, memiliki dua kepala

Baca juga: Hukum Mengeluarkan Air Mani di Malam Hari Pada Bulan Puasa

3. Ciri-ciri sperma yang sehat dan normal

teratozoospermia

Bentuk yang normal dengan kondisi air mani yang cukup akan memperbesar seseorang akan mendapatkan kehamilan. Hal ini dipengaruhi oleh kesehatan dari pasangan prianya. Konsumsi berbagai nutrisi yang dibutuhkan juga dapat mendukung bentuk dan volume mani keluar dengan ukuran normal. Beberapa ciri-ciri sperma yang sehat bisa Sahabat lihat di bawah ini:

  • Memiliki satu kepala dengan bentuk oval dan memiliki ukuran panjang sekitar 5-6 mikrometer dengan lebar 2,5-3,5 mikrometer
  • Memiliki tutup (akrosom) yang mencakup 40-70% dari kepala spermanya
  • Memiliki satu ekor panjang dengan kepala dan tubuh sperma yang bagus, ukurannya pun juga normal
  • Tidak ada leher, bagian tengah atau ekor
  • Tidak ada tetesan di bagian kepala sperma yang lebih besar dari setengah ukuran kepala spermanya

Pria dengan kelainan sperma ini lebih cenderung susah membuahi sel telur. Sampai sekarang pun juga tidak ada kepastian apakah kesulitan membuahi tersebut dikarenakan bentuk sperma yang tidak normal atau memang ada faktor lain. Itulah mengapa Sahabat perlu menjaga kesehatan selalu agar mendapatkan tubuh yang sehat dan kualitas sperma yang sempurna.

Jika diperlukan, Sahabat bisa berkonsultasi dengan dokter masing-masing untuk langkah terbaik mendapatkan kehamilan. Perencanaan dan berbagai tindakan pengobatan perlu dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Click to comment

Most Popular

To Top