Health

Penyebab Haid Tidak Teratur dan Dampaknya untuk Masa Subur

dampak menstruasi tidak teratur

Apa sih yang menyebabkan haid tidak teratur?

Haid tidak teratur memang ada dampaknya dalam masa subur seorang perempuan. Hal ini dapat dilihat dari siklus haid sebelumnya untuk menentukan apakah haid yang sekarang normal atau tidak. Tentunya ada banyak sekali penyebab haid tidak teratur tersebut yang bisa Sahabat lihat di bawah ini. Informasi tentang siklus haid memang sangat penting terutama bagi Sahabat yang berencana ingin segera mendapatkan momongan.

Yuk langsung simak informasi yang dirangkum Jitaksara.com tentang apa menjadi permasalahan haid tidak normal dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini!

1. Siklus Haid Normal

1. Siklus Haid Normal

Idealnya setiap perempuan memiliki siklus haid mereka setelah 28 hari. Namun haid tersebut bisa juga terjadi dalam rentang waktu 21 hari sampai 34 hari paling lambatnya. Nah dengan perhitungan tersebut tentu Sahabat bisa memperkirakan sendiri kapan haid akan berlangsung lagi. Haid yang lancar ini juga berhubungan dengan masa subur pada perempuan, yang artinya jika siklusnya normal maka kesuburan juga normal.

Baca juga: 9 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Ibu Hamil Wajib Ketahui

2. Penyebab siklus haid tidak teratur

A. Tingkat stress tinggi

A. Tingkat stress tinggi

Tingkat stress tertentu yang dialami oleh perempuan memang bisa menjadi penyebab masalah terlambatnya siklus haid, bisa jadi dipercepat atau bisa telat juga. Biasanya hal ini sering terjadi pada perempuan yang bekerja di kantor atau pabrik, dengan tekanan pikiran yang cukup bisa membuat kondisi kesehatan makin stress. Untuk itu Sahabat perlu mengkondisikan fisik dan mental agar tidak stress dalam menjalani pekerjaan, ya!

B. Diet buruk

B. Diet buruk

Makan makanan sembarangan juga bisa menjadi pemicu ketidak teraturannya siklus haid. Biasanya terjadi ketika seseorang sering mengkonsumsi bahan makanan instan bahkan tidak makan buah atau sayur sama sekali. Untuk itu perlu mengkonsumsi makanan secara seimbang agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang. Pastikan untuk semua nutrisi terpenuhi agar tubuh selalu mendapatkan apa yang dibutuhkannya.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

C. Berat badan berubah-ubah drastis

C. Berat badan berubah-ubah drastis

Banyak hal yang bisa menjadikan tubuh memiliki berat yang tidak teratur. Dalam sebulan bisa jadi asupan lemaknya kurang sehingga menyebabkan haid tidak teratur. Lemak penting bagi tubuh karena berperan dalam menciptakan hormon estrogen yang cukup. Itulah mengapa perempuan dengan bulimia atau anoreksia cenderung mengalami menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, diet rendah kalori juga dapat menjadi penyebab ketidakteraturan siklus menstruasi pada perempuan.

3. Dampak Untuk Masa Subur

Penyebab Haid Tidak Teratur

Seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa siklus menstruasi atau haid yang teratur dapat menandakan bahwa kesuburan pada perempuan tersebut juga baik. Jika menstruasi tidak teratur berarti kesuburan pada perempuan juga akan bermasalah, namun bukan berarti tidak subur sama sekali.

Hal ini berlaku apabila Sahabat ingin membuat rencana kehamilan yang optimal. Dengan menggunakan hitungan haid yang teratur tersebut dapat memberikan kesempatan lebih besar untuk dapat hamil. Sahabat wajib menjaga segala sesuatu yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur, ya!

Selain dapat menjaga kesehatan tubuh ditambah lagi dapat memberikan pengaruh positif jika ingin berencana hamil dalam waktu yang dekat. Sahabat juga bisa mengimbangi dengan olahraga yang cukup dan istirahat yang sempurna agar terhindar dari masalah tersebut.

Demikian ulasan tentang penyebab haid tidak teratur dan bagaimana cara mengatasinya. Sahabat bisa berkonsultasi dengan dokter masing-masing jika dirasa terdapat keanehan dalam siklus haid yang terjadi. Hal tersebut bisa menjadi pertanda awal datangnya suatu penyakit juga, lho!

2 Comments

Most Popular

To Top