Gadget

6 Perbedaan Laptop dan Notebook. Sudah Tahu Belum?

perbedaan laptop dan notebook

Sudah tahu perbedaannya belum?

Teknologi semakin berkembang di semua bidang yang ada salah satunya adalah komputerisasi. Jika zaman dulu pertama kali komputer hanya digunakan sebagai alat menghitung saja, kini sudah tercipta laptop yang bisa mengerjakan berbagai hal di dalamnya. Mau mendengarkan musik, video, video call, alarm, mengerjakan pekerjaan, desain dan masih banyak lagi. Untuk itulah sampai sekarang ini teknologi terus berkembang pada perangkatnya tersebut.

Bagi Sahabat yang sedang mencari laptop tentu akan bertanya-tanya, apa sih perbedaan antara laptop dan notebook tersebut? Nah tenang saja, Jitaksara sudah menyiapkan berbagai informasi dari laptop dan notebook tersebut yang bisa Sahabat dapatkan. Simak di bawah ini, ya!

1. Ukuran layar

1. Ukuran layar

Perbedaan pertama adalah dari segi ukuran layarnya. Pada laptop biasanya memiliki ukuran layar lebih dari 18 inci sedangkan ukuran layar notebook antara 13 sampai 18 inci. Perbedaan ini memiliki maksud tertentu lho Sahabat. Salah satunya dari faktor penggunaan, laptop sering sekali digunakan untuk mengedit gambar atau menjalankan program yang dimensinya membutuhkan layar yang lebih lebar.

2. Bobot

Bobot

Perbedaan selanjutnya yang bisa dilihat secara fisik adalah bobotnya. Karena ukurannya, laptop memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan notebook dimana bisa mencapai 3 sampai 5 kg. Sedangkan pada notebook dibuat lebih ringan dan membawanya pun mudah yaitu sekitar 1 sampai 2 kg saja. Walau begitu fungsi dan perangkat yang ditanamkan dalam laptop lebih tinggi dari notebook. Inilah yang menjadikan bobotnya lumayan berat.

3. Spesifikasi grafis

3. Spesifikasi grafis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan keduanya juga terletak pada kebutuhannya. Laptop biasanya digunakan untuk menjalankan program yang besar dan berat sehingga membutuhkan spesifikasi yang mumpuni juga. Terutama pada bagian grafisnya, laptop memiliki VGA dengan kualitas untuk mendukung performanya lebih baik. Dibandingkan dengan notebook yang memiliki kapasitas VGA yang lebih kecil. Namun jangan salah, sekarang ini banyak notebook yang didesain dengan menggunakan VGA yang mumpuni juga, lho Sahabat.

4. Ukuran RAM

perbedaan laptop dan notebook

Selain dari segi grafisnya, dukungan pada kedua perangkat tersebut juga berbeda pada kapasitas RAMnya. Pada laptop memiliki kapasitas RAM yang lebih besar untuk mendukung performa kecepatannya, sedangkan pada notebook lebih kecil.

5. DVD ROM

5. DVD ROM

Walau sudah tidak zamannya lagi menggunakan DVD, namun laptop keluaran lama terdapat slot untuk membaca DVD atau CD ini. Bisa terletak di kanan atau kiri bagian laptop tersebut. Pada notebook tidak ada perangkat DVD ROM sehingga tidak bisa membaca kepingan DVD atau CD tersebut. Namun tenang saja, kini Sahabat bisa membeli perangkat DVD ROM eksternal yang disambungkan melalui USB.

6. Daya tahan baterai

perbedaan laptop dan notebook

Untuk perbedaan yang terakhir ini tentu sepadan dengan masa penggunaannya. Laptop memiliki masa kerja yang lebih lama dan dalam menjalankan berbagai aplikasinya pun membutuhkan baterai yang berkapasitas besar. Dibandingkan dengan notebook yang memiliki kapasitas lebih rendah daripada laptop.

Walaupun begitu daya tahan notebook terkadang bisa lebih lama dibandingkan dengan laptop, lho Sahabat. Hal ini karena pada notebook tidak bisa menjalankan aplikasi atau program yang berat sehingga tidak memaksa perangkat tersebut untuk mengeluarkan daya maksimalnya.

Nah itulah perbedaan antara notebook dan laptop. Sahabat kini bisa lebih tahu tentang perbedaan tersebut dan bagaimana memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhannya. Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini akan terus berupaya meningkatkan kinerja dari laptop dan notebook tersebut. Selalu ikuti update menariknya di Jitaksara, ya Sahabat!

1 Comment

Most Popular

To Top