Career and Education

5 Perbedaan Politeknik dan Universitas. Mana yang Kamu Pilih?

Mana yang kamu pilih?

Bagi Sahabat lulusan SMA ataupun SMK yang ingin melanjutkan studi biasanya akan kebingungan dalam memutuskan untuk lanjut studi ke Universitas atau Politeknik.

Banyak orang mengira bahwa pilihan tersebut adalah sama, namun kenyataannya ada banyak perbedaan di dalamnya. Mau Universitas atau Politeknik, Sahabat perlu mengetahui dari awal agar tetap sejalan dengan apa yang dicita-citakan ke depan.

Nah, dibawah ini Jitaksara sudah merangkum mengenai perbedaan antara Universitas dan Politeknik dari berbagai aspek. Yuk simak, ya!

perbedaan politeknik dan universitas

inreview.id

1. Jalur Masuk

Dari jalur masuk pendaftaran, antara Universitas dan Politeknik pun berbeda. Untuk Universitas jalur yang dilalui adalah SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) dan SBNMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi).

Sedangkan Politeknik memiliki jalur pendaftaran tersendiri, yaitu PMDK-PN (Penelusuran Minat dan Kemampuan-Politeknik Negeri) dan SB-UMPN (Seleksi Bersama-Ujian Masuk Politeknik Negeri).

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Indonesia 2018 Versi UniRank. Pilih yang Mana?

2. Pendidikan

Dari jenis pendidikan yang diberikan antara Universitas dan Politeknik pun berbeda. Pendidikan dalam Universitas lebih merujuk pada pendidikan akademis, dimana cakupannya lebih luas di bidang teori.

Sedangkan Politeknik jenis pendidikan yang diberikan adalah pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi adalah pendidikan kejuruan yang ilmunya lebih menjurus dan lebih spesifik.

Mahasiswa Politeknik akan dijadikan ahli bidang iru sesuai dengan lapangan kerja yang dibutuhkan Jika Universitas hanya belajar mengenai lingkup jurusan, maka Politeknik cakupan pembelajarannya lebih mendalam, dari jurusan kemudian akan dipusatkan lagi menjadi program studi..

3. Materi Kuliah

Materi kuliah yang didapatkan di perguruan tinggi terdiri dari terori dan praktik. Untuk Universitas dan Politeknik memiliki rasio perbandingan yang berkebalikan antara teori dan praktiknya.

Pada Universitas antara teori dan praktik nya memiliki rasio perbandingan 60% : 40%, 60% untuk teori dan 40% untuk praktiknya. Pada dasarnya Universitas lebih menekankan ke pemahaman materi daripada praktiknya.

Sedangkan untuk Politeknik perbandingannya adalah kebalikan dari Universitas, 60% untuk praktik  dan 40% untuk teori.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalitas secara nyata dengan menerapkan praktiknya secara langsung. Jadi mereka dapat menciptakan mahasiswa yang siap kerja setelah lulus.

perbedaan politeknik dan universitas

pixabay.com

4. Kebut SKS

Biasanya banyak mahasiswa yang memilih kebut SKS agar cepat wisuda. Jika di Universitas, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengatur SKS tiap semesternya, yang penting target SKS tercapai sesuai dengan syarat kelulusan.

Sedangkan pada Politeknik, SKS telah diatur oleh setiap jurusan, sehingga tidak memungkinkan mahasiswa untuk memilih SKS per semesternya. Tujuannya adalah agar mahasiswa Politeknik lulus tidak kurang atau lebih dari waktu yang telah ditetapkan.

Namun, kelebihan dari mahasiswa Universitas lebih bisa mengatur SKS-nya sedemikian rupa untuk mempersingkat kelulusan mereka. Misalkan untuk jenjang S1 yang biasanya membutuhkan waktu 4 tahun, mahasiswa bisa mempersingkatnya menjadi 3,5 tahun asalkan SKS nya terpenuhi.

Baca juga: 7 Cara Kuliah di Luar Negeri. Dari Beasiswa Hingga Student Loan!

5. Gelar yang Didapat

Pada Universitas memiliki jenjang Strata 1 (S1), dimana ketika lulus gelar yang didapat oleh mahasiswanya adalah Sarjana, Sedangkan pada Politeknik memiliki jenjang Diploma, biasanya terdapat 2 jenjang pada Politeknik yaitu D3 dan D4.

Untuk jenjang D3, pendidikan yang ditempuh adalah selama 3 tahun, dan gelar yang didapat setelah lulus adalah A.Md (Ahli Madya). Sedangkan untuk D4, pendidikan yang ditempuh adalah selama 4 tahun, dan gelar yang didapat setelah lulus adalah S.ST (Sarjana Sains Terapan).

Pada dasarnya S1 pada Universitas setara dengan D4 pada Politeknik, yang membedakan hanyalah keahliannya saja.

Apakah Sahabat sudah memutuskan akan memilih masuk ke Universitas atau ke Politeknik?

Jika belum, dari uraian di atas dapat membandingkan kelebihan masing-masing yang sesuai dengan target Sahabat setelah lulus. Semoga uraian diatas dapat membantu pilihan Sahabat, ya!

1 Comment

Most Popular

To Top