Career and Education

Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi yang Harus Kamu Tahu

Mana jenis perguruan tinggi yang kamu pilih?

Di Indonesia pendidikan tinggi dibagi menjadi dua jenis yaitu Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi.

Apa sih perbedaan antara Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi? Yuk kita bahas terlebih dulu tentang pengertiannya sebelum membahas mengenai jenis-jenis perguruan tinggi tersebut.

Pendidikan Akademik adalah sistem pendidikan tinggi yang proses pendidikan dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan dan pemahaman materi ilmu pengetahuan bagi para mahasiswanya.

Pendidikan Akademik mencakup program pendidikan Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Pendidikan Vokasi adalah sistem pendidikan tinggi yang proses pendidikannya dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan praktik.

Jadi ketika persiapan dalam kelulusan, mahasiswa dapat mengimplementasikan keahliannya. Pendidikan Vokasi mencakup program pendidikan Diploma I (D1), Diploma II (D2), Diploma III (D3), dan Diploma IV (D4)

Kemudian pendidikan tinggi yang berjenis Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi ini digolongkan lagi berdasarkan jenjang serta program studi seperti, Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi.

perbedaan universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi

nationalreview.com

Dari perguruan tinggi ini sebenarnya memiliki pengertian yang hampir mirip, tetapi masing-masing memiliki ciri dan sifat yang khas. Berikut Jitaksara sampaikan perbedaannya.

Baca juga: 5 Perbedaan Politeknik dan Universitas. Mana yang Kamu Pilih?

1. Pengertian Universitas

Universitas adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik serta juga dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Apabila memenuhi syarat, universitas juga dapat menyelenggarakan sebuah pendidikan profesi. Universitas menyelenggarakan kegiatan atau aktivitas dalam hal pendidikan lebih luas daripada perguruan tinggi lainnya.

2. Pengertian Institut

Pengertian Institut sama dengan Universitas, perbedaannya adalah Institut lebih terbatas dibandingkan Universitas.

Pada Institut hanya fokus pada beberapa kelompok ilmu-ilmu pengetahuan dan teknologi tertentu saja. Berbeda dengan Universitas yang cangkupannya sangat luas.

Contohnya seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) yang fokus pada unsur teknik dan teknologinya. Sedangkan pada Institut Pertanian Bogor (IPB) yang fokus pada unsur pertanian.

Jadi, pendidikan pada Institut lebih fokus dan terbatas bidangnya dibandingkan Universitas.

perbedaan universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi

jobs.thefuntimesguide.com

3. Pengertian Sekolah Tinggi

Pengertian Sekolah Tinggi hampir sama dengan Universitas dan Institut, pembedanya adalah pada Sekolah Tinggi hanya fokus pada satu bidang ilmu pengetahuan saja.

Contohnya adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang hanya berfokus pada ilmu-ilmu ekonomi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang hanya berfokus pada ilmu-ilmu kesehatan, dan masih banyak lainnya.

Jadi, Pendidikan Sekolah Tinggi lebih sempit dan fokus daripada Universitas dan Institut.

Baca juga: 10 Beasiswa S2 Luar Negeri 2019-2020. Raih Gelar Master-mu!

4. Pengertian Politeknik

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi di dalam berbagai bidang atau kelompok ilmu pengetahuan juga Teknologi.

Politeknik hanya fokus pada pendidikan Vokasi saja, sehingga pendidikannya memiliki fokus pada penyiapan lulusan mahasiswanya agar dapat langsung mengaplikasikan skill dan keahliannya.

Hal ini bisa dilakukan karena sistem pendidikan vokasi lebih banyak praktikumnya daripada teorinya.

Keahlian yang didapat tergantung oleh jurusan yang diambil seperti bidang teknik, bidang teknologi, bidang administrasi, atau bidang ekonomi.

5. Pengertian Akademi

Akademi adalah suatu perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi didalam satu atau beberapa cabang ilmu pengetahuan atau teknologi tertentu.

Pengertian akademi ini lebih sempit dari Sekolah Tinggi ataupun Politeknik, karena program pendidikan yang dijalankan hanya satu atau beberapa cabang keilmuan saja.

Contohnya adalah, Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, Akademi Militer, ataupun Akademi Kepolisian. Pendidikan akademi-akademi tersebut hanya fokus pada satu bidang ilmu yang dipelajari.

Uraian di atas adalah perbedaan mengenai pengertian Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, dan Akademi secara umum. Semoga penjabaran di atas dapat membantu Sahabat dalam memilih perguruan tinggi ya!

 

Click to comment

Most Popular

To Top