Baby

7 Perkembangan Bayi 3 Bulan yang Harus Diperhatikan

perkembangan bayi 3 bulan

Apakah Si Kecil sudah mengalami perkembangan ini?

Perkembangan bayi usia 3 bulan memang sudah sangat baik dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Terlebih lagi, pada usia ini bayi lebih ekspresif dan mampu menerima rangsangan dari luar seperti suara, bau maupun sentuhan.

Di bawah ini ada beberapa informasi tentang perkembangan apa saja yang terjadi ketika menginjak usia 3 bulan. Jadi Sahabat bisa lebih tahu harus bagaimana saja untuk mendukung perkembangannya. Yuk simak informasi dari Jitaksara di bawah ini, Sahabat!

1. Perkembangan Motorik Bayi

1. Perkembangan Motorik Bayi

Kemampuan motorik pada bayi tahap ini memang akan meningkat. Otot leher akan semakin kuat dan mampu menopang kepalanya saat digendong tegak maupun saat tengkurap. Selain itu bayi juga dapat mengangkat dadanya sesekali dan kakinya akan menendang-nendang dengan kuat. Dalam perkembangan ini, Sahabat bisa menggendong dan menyentuhkan kakinya ke lantai. Hal ini bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi bayi tersebut karena akan menendang-nendangkan kakinya ke lantai.

2. Lebih Ekspresif dan Dapat Berkomunikasi

2. Lebih Ekspresif dan Dapat Berkomunikasi

Perkembangan bayi usia 3 bulan akan lebih ekspresif. Selain itu bayi juga sudah bisa mengoceh, lho Sahabat. Namun masih dalam ocehan sederhana seperti “cooing”, “eeeiiih” atau tertawa ringan. Sahabat bisa menjelaskan benda di sekitar atau menjelaskan siapa saja yang ada di rumah. Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut bisa membantu perkembangan bayi dan meningkatkan IQ saat besar nanti, lho Sahabat.

3. Pertumbuhan Fisik yang Terjadi

3. Pertumbuhan Fisik yang Terjadi

Bayi laki-laki memiliki berat normal sekitar 5,1-7,9 kg dengan panjang tubuh sekitar 57,6-65,3 cm dan untuk lingkaran kepalanya sendiri sekitar 38,3-42,7 cm. Nah, untuk bayi perempuan berat badannya pada bulan ketiga sekitar 4,6-7,4 kg dengan panjang tubuh 55,8-63,8 cm dan untuk lingkar kepalanya 37,2-41,9 cm. Sahabat jangan khawatir jika bayi terlihat kurus, sering haus dan sering lapar bukan berarti kekurangan gizi. Hal ini menunjukkan bahwa bayi tersebut mengalami GS atau growth spurt yaitu percepatan pertumbuhan.

Baca juga: 7 Arti Mimpi Melahirkan Anak Laki Laki

4. Kemampuan Indra Terkoordinasi Dengan Baik

4. Kemampuan Indra Terkoordinasi Dengan Baik

Biasanya bayi pada umur ini sudah bisa mengoordinasikan indranya dengan baik seperti mendengar suara atau mencium bau di sekitarnya. Bayi juga ikut tersenyum saat melihat wajah Sahabat atau merasakan sentuhan-sentuhan di tubuhnya.

5. Kognitif Bayi Meningkat

5. Kognitif Bayi Meningkat

Kemampuan kognitif pada bayi usia tiga bulan ditunjukkan dengan sikap terhadap orang di sekitarnya. Misalnya memberikan balasan senyuman pada orang yang tersenyum padanya atau mulai bisa memilih orang yang dia sukai. Nah untuk mendukung perkembangannya, Sahabat bisa mengajaknya berinteraksi dengan bermain “cilukba”, memijat halus pada tubuhnya atau memberikan mainan yang berwarna terang.

Baca juga: 7 Cara Melatih Anak Berpuasa Sedari Dini yang Bisa Orang Tua Coba

6. Waktu Tidur Lebih Panjang

perkembangan bayi 3 bulan

Perkembangan otak pada bayi usia ini memang sangat pesat dan dapat mengakibatkan waktu tidur malamnya pun semakin lebih banyak (6-8jam). Walau terkadang masih terjaga sebentar karena ingin menyusu. Pada pagi hari dan siang hari, bayi mampu terjaga sekitar 2-4 jam.

7. Nafsu Makan Bertambah

perkembangan bayi 3 bulan

Bayi usia 3 bulan membutuhkan asupan susu sekitar 170-200 ml per harinya dengan frekuensi menyusunya sekitar 7-8 kali sehari. Untuk asupan ASI, pastikan ibunya ternutrisi dengan baik agar kualitas ASInya juga baik, ya Sahabat.

Nah itulah perkembangan bayi usia 3 bulan yang bisa Sahabat cermati. Baik asupan dan nutrisi juga perlu dijaga dengan baik, ya Sahabat! Hal tersebut berguna menunjang perkembangan tubuhnya semakin lebih baik.

1 Comment

Most Popular

To Top