Career and Education

7 Prospek Kerja Agribisnis. Banyak Profesi yang Menjanjikan, lho!

Simak penjelasannya di sini!

Mengingat Indonesia adalah negara yang memiliki sumber kekayaan alam yang besar, peluang kerja lulusan agribisnis tidaklah sempit.

Potensi lulusan agribisnis sangat dibutuhkan oleh negara seperti di Indonesia dalam memajukan kualitas hasil pertanian di dalam negeri.

Penasaran dengan prospek kerja agribisnis? Berikut Jitaksara rangkum dalam 7 prospek kerja agribisnis. Catat, ya Sahabat!

1. Pegawai perusahaan bidang pertanian (bekerja di Bappeda)

prospek kerja agribisnis

infoblora.com

Menjadi pegawai perusahaan di bidang pertanian merupakan salah satu prospek kerja agribisnis.

Salah satu perusahaan di bidang pertanian adalah Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA). BAPPEDA adalah instansi yang menjadi pusat ilmu pengetahuan agribisnis.

Dengan menjadi pegawai BAPPEDA, Sahabat bisa turut mensejahterakan masyarakat. Instansi ini berkontribusi dalam membangun masyarakat luas mengenai bagaimana cara mengelola pertanian, perkebunan, dan ladang yang baik.

2. Pegawai instansi pemerintahan

2. Pegawai instansi pemerintahan

okezone.com

Pada saat pembukaan lowongan CPNS, banyak instansi pemerintahan yang membuka lowongan untuk lulusan ilmu agribisnis.

Menjadi seorang pegawai negeri sipil sangat diminati oleh banyak orang, selain dikarenakan gaji yang menggiurkan, terdapat tunjangan-tunjangan yang menjanjikan masa depan.

Oleh karena itu, menjadi pegawai instansi pemerintah bisa jadi prospek kerja yang baik untuk lulusan ilmu agribisnis.

3. Pengusaha

Pengusaha

pengusahaidn.blogspot.com

Prospek kerja agribisnis tidak hanya sebatas pada ilmu akademik saja. Sahabat dapat memanfaatkan beberapa posisi lain sebagai prospek kerja, misalnya menjadi seorang pengusaha.

Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki SDA yang berlimpah, dan negara ini sangat mengandalkan hasil pertaniannya.

Dengan menjadi seorang pengusaha, Sahabat bisa mengambil jenis usaha yang dapat memberdayakan dan memajukan kualitas pertanian yang ada.

Seorang pengusaha dibidang agribisnis dituntut untuk menciptakan pekerjaan yang menjawab permasalahan yang dihadapi oleh bidang pertanian.

Dengan menjadi seorang pengusaha, selain menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah, hal ini bisa menjadi kesempatan untuk memberikan orang lain kesempatan untuk bekerja dibidang agribisnis

Baca juga: 5 Prospek Kerja Teknologi Pangan. Masa Depan Cerah, lho!

4. Peneliti

Peneliti

republika.co.id

Sahabat sebagai lulusan agribisnis bisa mempertimbangkan prospek kerja sebagai peneliti. Mengingat pertanian memiliki permasalahan yang sangat kompleks, seorang peneliti sangat dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Menjadi seorang peneliti tidak hanya menjadi tempat mengaplikasikan teknik riset yang baik, tetapi bisa membantu banyak sektor dengan data-data temuan dari penelitian.

Sahabat bisa menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian dan riset di Indonesia, contohnya seperti LIPI atau BPS (Badan Pusat Statistik).

5. Bisnis Komoditi Baru

5. Bisnis Komoditi Baru

distansumbawa.com

Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akan hasil pertaniannya, banyak komoditi-komoditi unik yang tidak ditemukan di negara lain.

Sahabat bisa mencoba menemukan dan memperkenalkan komoditi baru yang tebentang dari Sabang sampai Merauke.

Dengan bekal ilmu agribisnis yang telah didapat dari bangku kuliah, kesempatan untuk berbisnis komoditi baru sangatlah terbuka lebar.

Jika Sahabat berhasil menciptakan pasar komoditi baru tersebut, dapat dipastikan keuntungan yang didapatpun sangatlah besar.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

6. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

6. Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)

beritagar.id

Bekerja di Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dapat menjadi prospek kerja agribisnis yang tepat.

Sahabat dapat memberikan penyuluhan pada masyarakat terkait ilmu agribisnis, misalnya di bidang pertanian.

Dengan melihat langsung proses yang dilalui oleh para petani, mendengar permasalahan yang mereka alami, dan dapat memberikan solusi secara langsung. Jadi Sahabat dapat membantu para petani untuk mendapatkan hasil panen yang lebih besar.

7. Tenaga Pengajar atau Dosen

prospek kerja agribisnis

heirloom.barnraiser.us

Bagi Sahabat lulusan Ilmu Agribisnis yang tertarik dengan bidang pendidikan, menjadi seorang dosen adalah salah satu keputusan yang tepat bagi Sahabat.

Selain bisa menyalurkan ilmu dan mendidik para mahasiswa, menjadi dosen adalah prospek karir yang sangat luar biasa. Sahabat bisa membantu mencetak lulusan-lulusan agribisnis yang siap untuk memajukan pertanian negara Indonesia.

Telah dijabarkan diatas mengenai bermacam-macam prospek kerja agribisnis. Jadi, apakah Sahabat sudah menentukan pilihan prospek kerja di bidang agribisnis? Jika belum, semoga tulisan di atas bisa membantu!

1 Comment

Most Popular

To Top