Career and Education

7 Prospek Kerja DKV. Jadi Salah Satu Penggerak Ekonomi Kreatif!

Yuk, ambil jurusan DKV!

Ingin masuk jurusan DKV tapi masih bimbang dengan masa depa nantinya? Siapa bilang jika dunia kreatif tidak ada tempatnya.

Ada banyak industri kreatif saat ini yang mencari lulusan dari jurusan DKV. Industri ini yang berfungsi sebagai penggerak ekonomi kreatif dan penentu arah bangsa masa depan.

Bagi Sahabat yang masih ragu, coba lihat rangkuman prospek kerja DKV yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini. Simak di bawah ini, ya!

1. Web Desainer

prospek kerja dkv

usesixty.com

Dengan menjadi Web desainer, Sahabat bisa bekerja menjadi seorang freelancer atau karyawan kantoran. Semakin maraknya web online, membuat jasa web desainer sangat populer.

Tugas seorang web desainer adalah membuat tampilan website yang menarik. Banyak perusahaan yang meminta bantuan jasa web desainer ini untuk mendesain website perusahaan mereka sebagus mungkin untuk menarik pelanggan.

Gaji yang didapatkan dari web desainer kurang lebih 3 juta perbulan.

Untuk Sahabat lulusan desain komunikasi visual yang ingin mengembangkan kreativitasnya, web desainer merupakan pilihan yang tepat dan menjanjikan.

2. Animator

Animator

lectureinprogress.com

Kartun merupakan tontonan yang menarik untuk dilihat baik dari golongan anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Siapakah dalang di belakang pembuatan kartun ini? Tentu saja seorang animator.

Menjadi seorang animator adalah pekerjaan yang menarik, Sahabat akan dituntut untuk saling berlomba antar animator dalam membuat sebuah animasi yang diminati oleh banyak penonton.

Semakin populer animasi yang dibuat, maka akan semakin tinggi bayaran yang akan Sahabat terima.

3. Graphic Desainer

3. Graphic Desainer

www.careergirls.org

Graphic desainer adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, atau fotografi.

Seorang graphic desainer bertugas menciptakan karya dalam bentuk desain yang menarik seperti brosur sebagai promosi untuk mengiklankan sebuah produk.

Semakin kreatif karya yang Sahabat buat akan menarik banyak klien untuk bekerjasama. Semakin banyak klien yang mengajak kerjasama, maka akan semakin banyak pula gaji yang bisa didapat.

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Perfilman Terbaik di Indonesia

4. Ilustrator

Ilustrator

youtube.com

Ilustrator merupakan penyedia jasa ilustrasi atau sketsa suatu produk. Meskipun ilustrator bukan jenis pekerjaan baru, namun dapat diakui jasa seorang ilustrator semakin banyak di cari.

Dengan bantuan ilustrator akan memudahkan dalam melihat ilustrasi sebuah rancangan. Peluang kerja sebagai ilustrator saat ini sangat terbuka lebar.

Apalagi saat ini banyak permintaan dari klien yang ingin dibuatkan ilustrasi khusus sesuai dengan tema yang diinginkan oleh klien.

5. Creative Director

5. Creative Director

adweek.com

Creative director adalah seorang pemimpin kreatif di sebuah perusahaan seperti periklanan, pemasaran, publikasi, media, ataupun website.

Tugas dari creative director ini adalah merencanakan karya serta memberikan pengarahan, bimbingan, dan pengawasan kepada tim kreatifnya dari awal sampai akhir.

Hal ini dapat berguna untuk memenuhi target serta kriteria yang diinginkan oleh klien. Gaji yang bisa Sahabat dapatkan dari peluang kerja ini adalah sekitar 5 juta atau lebih perbulannya.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Penyiar Radio. Ada Saran dari Penyiar Profesional, lho!

6. Art Director

6. Art Director

freelancewriting.com

Tugas seorang art director adalah pengarah atau koordinator lapangan dalam sebuah acara seni.

Seluruh proses penyediaan material artistik sejak persiapan hingga akhir acara adalah tanggung jawab seorang art direction.

Saat ini peluang kerja menjadi seorang art director sangat dibutuhkan dalam berbagai seni, baik itu bidang periklanan, pemasaran, atau media.

7. Freelance Desainer

prospek kerja dkv

hrmagazine.co.uk

Pekerjaan sebagai freelancer sangat cocok untuk Sahabat yang tidak menyukai pekerjaan yang terikat dengan waktu.

Menjadi seorang freelance desainer banyak dibutuhkan di era masa kini karena banyak perusahaan yang lebih memilih menggunakan jasa freelance desainer dibandingkan merekrut karyawan.

Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menghemat pengeluaran biaya. Dengan menjadi seorang freelance desainer, Sahabat dapat menyesuaikan waktu kerja dan penghasilan.

Penghasilan yang didapatkan bisa lebih tinggi dan bervariasi tergantung dengan banyaknya permintaan dari klien.

Dari penjelasan di atas, terbukti kan bahwa pekerjaan seni memang punya tempat dan justru peluang kerjanya cukup menggiurkan.

Apalagi sekarang ini dunia semakin berkembang di arah digital, jadi lebih membuka peluang kerja yang lebih lebar bagi Sahabat lulusan DKV.

 

Click to comment

Most Popular

To Top