Career and Education

7 Prospek Kerja Ilmu Filsafat. Ternyata Banyak Juga, lho!

Berminat kuliah jurusan filsafat?

Jurusan ilmu filsafat memang tidak sepopuler jurusan kedokteran, psikologi, hukum, dan lain sebagainya. Bahkan mungkin beberapa dari Sahabat bertanya-tanya mengenai prospek kerja dari lulusan ini.

Jangan salah lho Sahabat karena lulusan ilmu filsafat ternyata juga memiliki prospek kerja yang menarik dan menjamin tidak kalah dari lulusan jurusan lainnya.

Berikut ini sudah Jitaksara rangkumkan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan ilmu filsafat. Simak, ya!

1. Konsultan Rekrutmen Perusahaan

prospek kerja ilmu filsafat

sleekr.co

Seorang lulusan filsafat mampu menafsirkan, meringkas, dan memahami informasi dari ilmu yang telah diterima selama kuliah.

Kemampuan tersebut sangat dibutuhkan sebagai konsultan rekrutmen perusahaan.

Profesi ini bertanggung jawab dalam memilih dan mencocokan calon pegawai ke posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Konsultan rekrutmen bertugas menarik calon pegawai, menyaring, mewawancarai, memeriksa latar belakang untuk dicocokan dengan posisi yang dibutuhkan.

2. Eksekutif Pemasaran

2. Eksekutif Pemasaran

maritimeinfo.org

Menjadi seorang eksekutif pemasaran adalah salah satu prospek kerja yang diminati oleh lulusan ilmu filsafat karena mereka telah terbiasa mempresentasikan ide dan informasi selama di bangku kuliah.

Peluang karir ini sangat cocok untuk Sahabat yang memiliki karakter dinamis. Profesi ini berkaitan dengan pemasaran sebuah produk atau jasa perusahaan.

Pekerjaannya bervariasi mulai dari perencanaan, periklanan, organisasi, pengembangan produk, distribusi, sponsor dan penelitian.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

3. Tenaga Pengajar atau Dosen

3. Tenaga Pengajar atau Dosen

insiderguides.com.au

Seorang lulusan ilmu filsafat yang tertarik di dunia pendidikan, bisa mencoba karirnya sebagai tenaga pengajar atau dosen.

Lowongan pekerjaan sebagai tenaga pengajar sangatlah banyak, banyak universitas yang membuka lowongan pekerjaan untuk dosen filsafat.

Selain gaji yang menjanjikan, Sahabat dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama kuliah ke anak didiknya.

Sahabat dapat mengajarkan pola pemikiran yang baru dan fresh bagi generasi muda untuk lebih kritis menghadapi berbagai macam permasalahan.

4. Wartawan

Wartawan

kumparan.com

Profesi wartawan cocok untuk Sahabat yang memiliki kemampuan menafsirkan dan menganalisis berbagai informasi berbeda menjadi sebuah berita yang menarik.

Biasanya pekerjaan ini meliputi penelitian dan penulisan berbagai jenis berita, baik berita nasional, regional, maupun lokal yang meliputi berbagai bidang.

5. Psikoterapis

Psikoterapis

riantikuwais.blogspot.com

Psikoterapis adalah seseorang yang melakukan terapi dengan metode yang teruji berdasarkan prinsip ilmu psikologi modern untuk mengatasi berbagai masalah psikologis dan emosional.

Dengan menjadi seorang psikoterapis, Sahabat dituntut untuk menggunakan berbagai cara baru untuk mengatasi masalah klien selama konsultasi.

Sahabat harus mampu memahami proses berpikir dan konflik batin para klien.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Ilmu Hukum. Tak Cuma Pengacara, lho!

6. Pejabat Pemerintahan

6. Pejabat Pemerintahan

kompas.com

Prospek kerja lain untuk lulusan filsafat adalah dengan menjadi pejabat pemerintah. Prospek kerja ini sangat diminati oleh banyak orang.

Menjadi seorang pejabat pemerintah adalah pekerjaan dengan prospek masa depan yang cerah dan terjamin.

Para lulusan filsafat direkrut oleh pemerintah untuk membantu pengembangan kebijakan dan prosedur pemerintahan.

Seorang pejabat pemerintah harus memastikan bahwa layanan dari pemerintah telah disampaikan secara efektif kepada masyarakat

7. Penulis Buku

prospek kerja ilmu filsafat

entrepreneur.com

Pada dasarnya, seorang lulusan filsafat memiliki kemampuan untuk menjabarkan ide-ide dan pikiran kritisnya dengan mudah.

Oleh karena itu, menjadi seorang penulis buku adalah prospek kerja yang cocok untuk seorang lulusan ilmu filsafat.

Apabila Sahabat berhasil menerbitkan buku filsafat, maka pengetahuan dan pikirian yang tertuang dalam buku tersebut dapat memberikan pengaruh yang besar di bisang kemanusiaan dan ilmu pengetahuan.

Selain Sahabat akan memperoleh uang dari royalti penjualan, Sahabat akan sering mendapatkan undangan ke berbagai seminar dan diskusi yang membahas isi buku tersebut.

Dari penjabaran di atas, peluang kerja untuk lulusan ilmu filsafat sangan beragam dan menarik bukan?

Apakah Sahabat telah menentukan pilihan peluang kerja yang cocok? Semoga tulisan diatas membantu untuk menentukan pilihan karir yang cocok ke depannya, ya!

Click to comment

Most Popular

To Top