Career and Education

7 Prospek Kerja Ilmu Hukum. Tak Cuma Pengacara, lho!

Yuk, kuliah hukum!

Apakah Sahabat lulusan sarjana ilmu hukum? Apakah Sahabat mengharapkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi dari pendidikan yang telah Sahabat dapatkan?

Jika iya, tentu saja Sahabat tidak akan kesulitan untuk mendapatkan gaji tersebut. Hal ini dikarenakan banyak sekali prospek kerja dari lulusan ilmu hukum dengan jaminan masa depan yang cerah.

Berikut Jitaksara jabarkan 7 prospek kerja ilmu hukum yang menjanjikan di bawah ini. Simak yuk!

1. Pengacara

prospek kerja ilmu hukum

alliant.edu

Pengacara merupakan prospek karir yang paling banyak diminati oleh lulusan ilmu hukum.

Seperti yang Sahabat ketahui, banyak sekali pengacara-pengacara kondang di Indonesia yang sukses dan memiliki masa depan yang terjamin, contohnya saja Hotman Paris.

Namun menjadi seorang pengacara yang sukses tentu saja tidaklah instan.

Untuk menjadi seorang pengacara terkenal harus memiliki banyak pengalaman dalam menangani kasus, analisis dan ilmu komunikasi yang sangat baik.

2. Hakim

Hakim

daerah.sindonews.com

Menjadi hakim merupakan salah satu tujuan atau cita-cita banyak orang yang memilih mengemban pendidikan Ilmu Hukum.

Semua orang tahu, menjadi seorang hakim tentu tidak mudah, karena menjadi hakim sangat dibutuhkan kredibilitas yang tinggi.

Di tangan hakim lah keputusan pengadilan menjadi tonggak penting dalam hukum.

Dengan adanya tanggung jawab yang besar sebagai seorang hakim, maka pemerintah pun berani memberikan gaji yang fantastis untuk seorang hakim.

Oleh karena itu profesi hakim banyak menjadi pilihan bagi orang yang mengambil pendidikan Ilmu Hukum.

3. Jaksa

Jaksa

vox.com

Prospek kerja lainnya adalah menjadi seorang jaksa. Pekerjaan sebagai jaksa memiliki perananan yang sangat penting dalam hukum, yaitu menyampaikan dakwahan tuduhan pada pelaku kejahatan.

Namun untuk menjadi seorang jaksa tidaklah mudah, sebab syaratnya Sahabat harus lulus seleksi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Jika lolos seleksi ini, maka Sahabat akan sangat beruntung, karena gaji menjadi jaksa tentu saja tidak sedikit, sebab jaksa merupakan salah satu pegawai pemerintahan yang tingkat kredibilitasnya tinggi.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

4. Notaris

Notaris

luatsunguyenhong.com

Salah satu profesi bidang hukum yang menjanjikan masa depan cerah lainnya adalah notaris, karena penghasilan seorang notaris cukup tinggi.

Penghasilan paling rendah sebagai seorang notaris adalah 4 juta rupiah per bulan, itu saja untuk seorang notaris pemula.

Kemampuan notaris sangat diperlukan dalam membuat bermacam akta pendirian, bangunan, mengurus warisan, dan masih banyak lainnya.

5. Konsultan Hukum

5. Konsultan Hukum

communityrights.org

Sahabat yang mengambil pendidikan ilmu hukum juga dapat memilih profesi menjadi seorang konsultan hukum.

Menjadi seorang konsultan hukum merupakan prospek karir yang sangat menggoda bagi para lulusan sarjana hukum.

Tugas seorang konsultan hukum adalah memberikan gambaran atau arahan mengenai kelengkapan dokumen ketika akan menghadapi sidang.

Pada umumnya konsultan hukum bekerja di sebuah lembaga. Gaji yang didapatkan seorang konsultan hukum pun bervariatif mulai jutaan hingga puluhan juta.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Penyiar Radio. Ada Saran dari Penyiar Profesional, lho!

6. Staf Kementrian

6. Staf Kementrian

soekarnohatta.imigrasi.go.id

Profesi yang diminati kemudian adalah menjadi staf kementrian. Profesi ini paling banyak diincar oleh lulusan ilmu hukum.

Bisa Sahabat lihat lowongan pekerjaan CPNS dari pemerintah, sebagian besar staf kementrian membuka lowongan untuk sarjana hukum.

Menjadi abdi negara adalah impian banyak orang, karena selain gaji yang lumayan, banyak sekali tunjangan-tunjangan yang didapatkan.

7. Dosen

prospek kerja ilmu hukum

careerninja.co.uk

Bagi Sahabat lulusan Ilmu Hukum yang tertarik dengan bidang pendidikan, menjadi seorang dosen adalah salah satu keputusan yang tepat bagi Sahabat.

Selain bisa menyalurkan ilmu dan mendidik para mahasiswa, menjadi dosen adalah prospek karir yang sangat menjamin.

Gaji dosen kemungkinan setara dengan pegawai BUMN ditambah dengan bermacam-macam tunjangan yang dapat membuat masa depan Sabat menjadi terjamin.

Banyak sekali kan prospek kerja yang menjamin dari lulusan ilmu hukum? Semoga penjabaran di atas dapat menjadi referensi bagi Sahabat untuk menentukan karir yang diinginkan ya!

Click to comment

Most Popular

To Top