Career and Education

7 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi. Dari Jurnalis Hingga Analis

Banyak lho prospek kerjanya!

Sama halnya dengan ilmu manajemen, ilmu komunikasi banyak diminati oleh anak muda dalam menentukan masa depannya. Seperti yang diketahui prospek kerja ilmu komunikasi sangat banyak.

Pada umumnya lulusan ilmu komunikasi bekerja di bidang-bidang yang membutuhkan kecakapan dalam penyampaian pesan atau berita, seperti  periklanan, jurnalistik, broadcasting, pemasaran, dan sejenisnya.

Berikut telah Jitaksara rangkum apa saja peluang kerja yang bisa dimasuki oleh seorang lulusan ilmu komunikasi.

1. Jurnalis

prospek kerja ilmu komunikasi

beritagar.id

Dalam ilmu komunikasi, jurnalistik merupakan salah satu mata kuliah wajib. Jurnalistik merupakan bagian penting dalam ilmu komunikasi.

Oleh karena itu menjadi seorang jurnalis biasanya adalah pilihan utama bagi mahasiswa ilmu komunikasi yang baru saja lulus.

Menjadi seorang jurnalis harus memiliki kemampuan bagaimana memilah berita yang layak mengemasnya menjadi sebaik mungkin untuk dapat disebarkan ke masyarakat luas.

2. Penyiar

Penyiar

sheffieldav.com

Bidang penyiaran pada dasarnya ialah proses menyampaikan pesan melalui media massa seperti surat kabar, televisi ataupun radio kepada masyarakat.

Seorang lulusan ilmu komunikasi sangat dibutuhkan masuk ke dunia kerja bidang penyiaran, karena lulusan ilmu komunikasi memiliki kemampuan dalam penyampaian pesan dengan mumpuni.

Contoh pekerjaan dari bidang penyiaran ini adalah menjadi seorang penyiar.

Menjadi seorang penyiar dituntut untuk dapat menentukan strategi agar pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat sesuai dengan segmentasinya.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Penyiar Radio. Ada Saran dari Penyiar Profesional, lho!

3. Announcer dan Presenter

3. Announcer dan Presenter

reviewjournal.com

Lulusan ilmu komunikasi selalu dituntut untuk pandai berbicara dengan efektif dan menarik dalam menyampaikan maksud dan tujuannya.

Hal inilah yang menjadikan posisi announcer atau presenter menjadi sasaran yang tepat sebagai prospek kerja lulusan ilmu komunikasi.

Menjadi seorang announcer atau presenter harus memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan menarik, sehingga pendengar pun tidak akan merasa jenuh dan bosan ketika mendengarkannya.

4. Master of Ceremony (MC)

4. Master of Ceremony (MC)

emceelaster.com

Menjadi seorang MC harus memiliki kemampuan menyampaikan pesan dengan menarik, sehingga pendengar pun tidak akan merasa jenuh dan bosan ketika mendengarkannya.

Sama halnya dengan seorang presenter, n presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan MC bisa juga diposisikan dalam berbagai acara event.

Tugas seorang MC cukup berat, karena berhasilnya suatu acara menjadi sesuai tujuannya sangat bergantung dengan kemampuan MC.

MC dituntut memiliki kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara sesuai dengan harapan pemilik acara.

5. Public Relations Officer

5. Public Relations Officer

nationalskillindiamission.in

Tugas seorang public relation atau humas adalah mewakili perusahaan dalam setiap waktu, menjaga nama baik perusahaan, serta mewujudkan hubungan yang baik terhadap seluruh klien perusahaan.

Seorang public relation dituntut untuk mengembangkan pikiran melalui penyampaian pesan perusahaan kepada masyarakat agar perusahaan yang dikelolanya senantiasa memiliki reputasi yang baik.

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Perfilman Terbaik di Indonesia

6. Event Organizer

6. Event Organizer

loggedinout.wordpress.com

Seorang Event organizer memiliki tanggung jawab merancang sebuah event, mengemas acara sesuai dengan konsep, dan mengatur acara sedemikian rupa agar tujuan acara dapat tersampaikan dengan baik.

Kesuksesan sebuah event sangat tergantung dari event organizernya, oleh karena itu seorang event organizer ditantang dan diharapkan mampu menyampaikan makna dari acara dan mewujudkan good reputation dari penyelenggara.

7. Analis

prospek kerja ilmu komunikasi

luminategroup.com

Menjadi seorang analis, terutama seorang bisnis analis dapat juga menjadi prospek kerja ilmu komunikasi.

Tugas seorang analis adalah melakukan riset dan analisa pasar, mengukur efektivitas produk, dan memonitornya agar sebuah produk dapat terjual kepada pasar yang tepat secara efektif dan efisien.

Dengan adanya seorang bisnis analis, diharapkan dapat membantu perusahaan meningkatkan keuntungan dan kepuasan konsumen.

Jika penjabaran prospek kerja ilmu komunikasi di atas sesuai dengan minat bahkan cita-cita Sahabat, jangan ragu ya untuk memilih dan mempelajari ilmu komunikasi.

Click to comment

Most Popular

To Top