Career and Education

7 Prospek Kerja Manajemen. Salah Satu Jurusan Paling Favorit, nih!

Yuk, kuliah manajemen!

Jika mendengar tentang jurusan manajemen pasti nggak asing lagi karena banyak sekali anak muda yang setelah tamat SMA tertarik untuk mengambil jurusan ini.

Nah, untuk memperkuat ketertarikan Sahabat mengenai pilihan melanjutkan kuliah ilmu manajemen tenang saja.

Jitaksara sudah merangkumnya 7 prospek kerja manajemen sebagai salah satu jurusan paling favorit. yuk simak prospek kerjanya di bawah ini!

1. Konsultan Bisnis

prospek kerja manajemen

logique.co.id

Konsultan bisnis merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh lulusan manajemen karena banyak perusahaan yang membutuhkan seorang konsultan bisnis untuk mengembangkan perusahaan mereka.

Gaji seorang konsultan bisnis sangat bervariasi, tergantung besar-kecilnya skala perusahaan tempat mereka bekerja, jenis bisnis perusahaan, dan region dari perusahaannya.

2. Konsultan Perbankan

2. Konsultan Perbankan

glints.com

Berbeda dengan konsultan bisnis, konsultan perbankan hanya berkaitan dengan serba-serbi perbankan saja. Konsultan perbankan bisa disebut juga dengan Back Officer.

Peluang ini sangat terbuka lebar bagi Sahabat lulusan manajemen yang fokus dengan manajemen perbankan karena bisnis perbankan di Indonesia sudah menjamur. Banyak sekali jenis bank seperti konvensional ataupun syariah milik swasta dan pemerintah. Dengan begitu, Sahabat tidak perlu khawatir akan kehabisan lowongan pekerjaan untuk profesi ini.

Baca juga: 7 Fungsi LinkedIn untuk Kemajuan Karier Kamu di Dunia Profesional

3. Manajer Pemasaran

3. Manajer Pemasaran

tumpi.id

Ilmu manajemen sering dikaitkan dengan pemasaran atau marketing, maka tidak heran menjadi manajer pemasaran merupakan bidikan utama bagi lulusan manajemen.

Fokus dari manajemen pemasaran terletak pada pemasaran produk, periklanan, target pasar, dan sebagainya.

Seorang manajemen pemasaran berkewajiban meyakinkan banyak orang untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa dari perusahaan tempatnya bekerja .

4. Manajer SDM

4. Manajer SDM

intipesan.com

Jika Sahabat berminat dengan manajemen sumber daya manusia (SDM), profesi yang cocok adalah menjadi seorang Recruiter perusahaan.

Tetapi untuk menjadi seorang recruiter, Sahabat harus bersaing ketat dengan lulusan ilmu psikologi.

Selain menjadi recruiter, Sahabat bisa memilih profesi sebagai staf Human Resources Department (HRD).

Tugas seorang HRD tidak hanya merekrut calon staf, tetapi juga harus memastikan dari segala sisi, yaitu karakter, keahlian, dan pengalaman kandidat.

5. Manajer Keuangan

5. Manajer Keuangan

jurnal.id

Menjadi manajer keuangan harus memiliki ambisi yang besar dan memiliki kemampuan mengatur strategi keuangan yang baik.

Seorang manajer keuangan berperan sebagai pihak yang berusaha mendapatkan dan menerima uang yang besar dalam sebuah perusahaan.

Selain itu manajer keuangan juga berusaha mengatur pengeluaran beban yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Ilmu Hukum. Tak Cuma Pengacara, lho!

6. Akuntan

Akuntan

idntimes.com

Akuntan ibarat jantung sebuah perusahaan, mereka adalah yang paling pertama dipekerjakan saat perusahaan baru berjalan dan yang paling akhir dikeluarkan saat perusahaan bangkrut.

Profesi ini cocok bagi Sahabat yang tertarik dengan manajemen keuangan dan menyukai matematika. Seorang akuntan bertugas melakukan pencatatan keluar masuk uang perusahaan.

Mungkin profesi ini terkesan berat bagi seseorang yang tidak menyukai matematika, namun berhasil tidak nya sebuah perusahaan dapat dilihat dari kinerja akuntannya.

Jika pencatatan pembukuan keuangan baik, maka akan memudahkan manajemen perusahaan untuk menganalisis dan mengambil keputusan dalam rangka menaikkan laba yang besar bagi perusahaan.

7. Pengusaha

prospek kerja manajemen

news.gallup.com

Basic awal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha baru adalah cara melakukan manajemen pada perusahaan.

Jika tidak, kemungkinan besar bisnisnya tidak akan berumur panjang. Oleh karena itu lulusan ilmu manajemen sangat cocok menjadi seorang pengusaha.

Jika Sahabat termasuk tipe orang yang tidak suka bekerja terikat dengan sebuah perusahaan, dan tidak betah lama-lama menjadi karyawan, profesi ini sangat cocok bagi Sahabat.

Namun untuk menjadi seorang pengusaha harus memiliki tekad yang kuat lahir dan batin.

Dari penjabaran diatas apakah Sahabat sudah bisa menentukan pilihan karir dimasa depan?

Apapun pilihan Sahabat, pastikan memahami seluk-beluk mengenai karir yang dipilih dan menjalaninya dengan kesiapan yang mantap. Tetap semangat, ya!

Click to comment

Most Popular

To Top