Career and Education

7 Prospek Kerja Jurusan Peternakan. Tidak Cuma Jadi Peternak, lho!

Kuliah peternakan? Coba, yuk!

Banyak yang bilang bahwa anak-anak lulusan jurusan peternakan ini tidak memiliki masa depan. Banyak yang mengira juga bahwa jurusan peternakan ini selalu berkutat dengan ternak yang bau dan jorok. Namun tahukah Sahabat jika jurusan ini sangat penting di kehidupan manusia?

Bayangkan saja jika ternak yang sekarang ini jadi bahan konsumsi sehari-hari tidak terawat dan terkena penyakit? Tentu semakin mengerikan lagi, ya! Itulah mengapa jurusan peternakan ini penting dan menjanjikan di masa depan. Nah seperti apa gambaran prospek kerja tersebut? Simak informasi yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini, ya!

1. Instansi pemerintah

prospek kerja peternakan

alinea.id

Prospek kerja jurusan peternakan yang pertama adalah instansi pemerintahan. Di tempat ini Sahabat bisa berkarya untuk masyarakat terutama dalam bidang peternakan. Instasi dalam pemerintah ini biasanya bekerja untuk mengontrol kesehatan di peternakan daerah.

Hal ini sangat penting sekali mengingat pangan masyarakat bisa terkontrol dari tangan Sahabat. Jadi harus benar-benar memastikan bahwa peternakan yang dicek tidak ada penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Sahabat juga bisa berkarya dalam penerapan teknologi terbaru di peternakan desa yang masih manual.

2. Perusahaan obat hewan

2. Perusahaan obat hewan

georgeherald.com

Prospek kerja selanjutnya juga ada di perusahaan obat hewan. Tak hanya mereka yang kuliah di jurusan obat kimia saja yang bekerja di perusahaan ini. Mereka yang dari jurusan peternakan juga bisa bekerja sebagai pembuat obat atau aplikator obat pada hewan.

Soal gaji sih jangan ditanya, pastinya sangat menjanjikan karena obat juga dibutuhkan sebagai perangsang di perternakan. Jika Sahabat bisa meracik obat yang lebih efektif dan aman untuk ternak, tentu akan lebih menjanjikan lagi.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Agribisnis. Banyak Profesi yang Menjanjikan, lho!

3. Perusahaan pakan ternak

3. Perusahaan pakan ternak

youtube.com

Ada juga perusahaan pakan ternak yang siap menerima Sahabat. Bukan sembarang pakan ternak karena dengan formulasi kandungan tertentu pada ternak tersebut bisa lebih cepat merangsang. Entah itu untuk pertumbuhan atau perkembang-biakkannya.

Semakin tinggi kualitas pakan yang dihasilkan akan membuat perusahaan tersebut dibutuhkan. Maka dari itu anak-anak yang dari jurusan peternakan sangat dicari oleh perusahaan ini.

4. Perusahaan peternakan

4. Perusahaan peternakan

thepoultrysite.com

Berbagai perusahaan peternakan ini juga membutuhkan lulusan dari jurusan peternakan. Pasalnya, peternakan sekarang ini bukan hanya dikembangkan untuk usaha mandiri, namun sebagai usaha perusahaan. Jadi membutuhkan lebih banyak lulusan peternakan untuk mengontrol ternak tersebut.

Sahabat bisa memiliki peran penting di dalamnya sebagai tenaga ahli ternaknya di sini. Untuk gajinya tentu sangat tinggi mengingat perusahaan tersebut bergerak di bidang konsumsi.

5. Wirausaha

5. Wirausaha

arvianchandra.weebly.com

Selain bekerja di perusahaan, Sahabat juga bisa meniti karir sebagai wirausaha. Mengembang-biakkan ternak, memformulasikan pakan dan obatnya serta mengembangkan teknologi dalam peternakan sendiri. Sahabat juga bisa berperan aktif dalam pasar ekspor ke luar negeri.

Baca juga: 5 Prospek Kerja Teknologi Pangan. Masa Depan Cerah, lho!

6. Tenaga didik dan dosen

6. Tenaga didik dan dosen

caes.ucdavis.edu

Tak hanya di kalangan universitas saja yang dibuka jurusan peternakan. Banyak dari sekolah menengah kejuruan (SMK) saat ini yang membuka jurusan peternakan juga. Tentunya Sahabat bisa menjadi tenaga pendidiknya dengan gaji yang cukup menjanjikan.

Berbagai ilmu bisa Sahabat ajarkan untuk mendapatkan kualitas ternak yang lebih baik dari sebelumnya. Mulai dari pengetahuan pengembang-biakan hingga penggunaan obat perangsang ternak.

7. Konsultan ahli peternakan

prospek kerja peternakan

msaworldwide.com

Ada juga prospek kerja jurusan peternakan sebagai konsultan ahli peternakan. Konsultan ini dibutuhkan oleh perusahaan dan lembaga tertentu yang ingin konsultasi seputar ternak atau bisnis ternak. Sahabat harus benar-benar tahu tentang berbagai macam ternak untuk bisa menjadi seorang konsultan ahli.

Bayarannya sangat tinggi dengan kerja yang lebih ringan dibandingkan dengan pekerjaan yang lain. Konsultan ternak ini tak hanya terbuka di Indonesia saja, bahkan dari luar negeri pun banyak yang membutuhkan tenaga ahli dalam hal ini.

Itulah beberapa prospek kerja dari jurusan peternakan yang bisa Sahabat dapatkan. Tentunya tak ada jurusan yang tak cemerlang di masa depan. Jadi kini bisa lebih semangat dalam belajar dan mencari ilmu, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top