Career and Education

7 Prospek Kerja Sastra Arab. Banyak Pilihan Karir, lho!

Mau belajar sastra Arab?

Saat ini jurusan sastra asing kian diminati banyak orang, salah satunya adalah jurusan sastra arab. Banyak yang mengira bahwa peluang kerja seorang lulusan sastra arab hanyalah menjadi seorang pengajar bahasa arab.

Jangan salah lho, padahal banyak sekali prospek kerja bagi seorang lulusan sastra arab yang menjamin dan tidak kalah kerennya dengan jurusan lainnya.

Dibawah ini Jitaksara jabarkan mengenai berbagai jenis peluang kerja bagi Sahabat yang memiliki minat dengan bahasa arab. Yuk Simak!

1. Penerjemah

prospek kerja sastra arab

future-trans.com

Dengan kemampuan multi bahasa yang dimiliki, Sahabat bisa memilih profesi sebagai penerjemah, apalagi jarang ada yang memiliki kemampuan bahasa arab.

Bayaran seorang penerjemah pun bervariasi tergantung dengan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki. Apabila kemampuan Sahabat sangat baik, maka fee yang didapatkan per halaman atau per kata cukup besar.

2. Jurnalis

Jurnalis

newsthump.com

Menjadi seorang jurnalis adalah salah satu profesi yang diinginkan oleh sesorang yang mempelajari bahasa asing. Biasanya profesi ini cocok untuk Sahabat yang memiliki minat terhadap bidang tulis menulis.

Seorang jurnalis yang sanggup mewawancarai orang asing, pastinya akan mendapatkan fee yang cukup besar sesuai dengan berita yang didapatkan dan diolah untuk dipublikasikan.

Baca juga: 7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

3. Peneliti Budaya

3. Peneliti Budaya

duniatimteng.id

Jika Sahabat memiliki minat yang besar terhadap kajian kebudayaan Arab, menjadi seorang peneliti adalah profesi yang sangat cocok. Sahabat bisa menjadi peneliti di berbagai pusat studi atau lembaga penelitian kebudayaan, khususnya di daerah Timur Tengah.

4. Penulis (Content Writter)

4. Penulis (Content Writter)

thenational.ae

Dengan kemampuan berbahasa arab yang dimiliki, ditambah dengan minat dan kemampuan dalam tulis-menulis, Sahabat bisa menjadi seorang penulis.

Sahabat bisa melakukan riset mengenai karya orang lain terutama yang berbahasa arab, kemudian membuat tulisan sendiri dengan bahasa arab atau bahasa lainnya.

Jika tulisan yang Sahabat buat diminati oleh banyak orang, maka tidak menutup kemungkinan royalti yang didapat pun sangatlah besar.

5. Lembaga Asing

5. Lembaga Asing

gulfnews.com

Perlu Sahabat tahu, bahasa arab merupakan salah satu bahasa resmi PBB yang dipakai saat pertemuan antar pemerintah, dan juga dalam pembuatan dokumen.

Nah, dengan adanya hal tersebut, dapat menjadi peluang bagi sarjana arab untuk bekerja di lembaga-lembaga asing, terutama lembaga yang dibawah naungan PBB.

Jika Sahabat menaruh minat terhadap bidang diplomasi, maka profesi yang bisa diambil adalah bekerja sebagai Diplomat di Kementrian Luar Negeri.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Sektor Industri

6. Interpreter (Juru Bahasa)

6. Interpreter (Juru Bahasa)

coreaxis.com

Jika Sahabat memiliki kemampuan berkomunikasi dengan bahasa arab, bekerja sebagai interpreter atau juru bahasa dapat menjadi peluang yang bagus.

Sahabat bisa menjadi juru bahasa orang asing atau pun lembaga internasional, khususnya negara yang menggunakan bahasa arab.

Gaji yang diterima untuk seorang juru bahasa pun cukup besar, karena profesi ini benar-benar membutuhkan kemampuan yang mahir dan mumpuni.

7. Tour Guide (Pemandu Wisata)

prospek kerja sastra arab

timesofisrael.com

Menjadi seorang tour guide atau pemandu wisata turis asing dari negara Timur Tengah adalah pekerjaan yang sangat mengasyikkan.

Selain mendapatkan gaji dari pekerjaan ini, Sahabat akan memiliki kesempatan berwisata sekaligus bekerja.

Pekerjaan ini cocok untuk Sahabat yang menyukai travelling. Menyenangkan bukan bisa mendapatkan uang dari hobby yang dimiliki?

Dari penjabaran di atas, peluang kerja untuk lulusan sastra arab  sangat beragam dan menarik bukan?

Apakah Sahabat telah menentukan pilihan peluang kerja yang cocok? Semoga tulisan diatas membantu untuk menentukan pilihan karir yang cocok yaa.

Click to comment

Most Popular

To Top