Career and Education

7 Prospek Kerja Sastra Indonesia. Ternyata Luas, lho!

Enggak cuma jadi pujangga, lho~

Sampai sekarang ini banyak mahasiswa baru yang tertarik memasuki universitas dengan jurusan sastra Indonesia.

Jurusan sastra Indonesia banyak diminati tidak hanya hanya tentang keromantisan dan puisi-puisi cintanya saja, tetapi juga tentang prospek kerja yang cukup luas dan menjanjikan di masa depan.

Bagi Sahabat yang tertarik dengan ilmu sastra Indonesia, berikut merupakan peluang kerja terkait ilmu sastra Indonesia yang sudah dirangkum Jitaksara. Simak, ya!

1. Penulis (novel atau cerpen)

prospek kerja sastra indonesia

thebalancesmb.com

Salah satu peluang kerja yang dapat dilakukan oleh lulusan sastra Indonesia yaitu dengan menjadi seorang penulis novel atau cerpen.

Untuk Sahabat yang tertarik dalam menulis dan membaca novel, disarankan untuk masuk jurusan ini untuk menyalurkan bakat menjadi seorang penulis. Rata-rata gaji per bulan untuk pekerjaan ini yaitu sekitar Rp3 juta  ke atas.

2. Pengajar Bahasa Indonesia

2. Pengajar Bahasa Indonesia

ewa.org

Pandangan kerja yang biasanya terpikirkan oleh mahasiswa sastra Indonesia adalah sebagai pengajar Bahasa Indonesia.

Namun tak hanya sebagai pengajar Bahasa Indonesia di sekolah-sekolah saja lho Sahabat, ada banyak lembaga atau sekolah luar negeri yang membuka kelas Bahasa Indonesia ini.

Setidaknya untuk pengajar Bahasa Indonesia di luar negeri, Sahabat harus menguasai bahasa negara lain juga.

3. Penerjemah bahasa

3. Penerjemah bahasa

translate.sa.gov.au

Pernah terpikirkan membuat subtitle untuk bioskop? Atau menerjemahkan suatu naskah? Tentu ini pekerjaannya seorang sastrawan Bahasa Indonesia.

Dengan ilmu yang dipelajari selama di gedung perkuliahan, Sahabat akan lebih bisa menyampaikan maksud dari sebuah naskah atau bentuk lainnya ke dalam Bahasa Indonesia dengan lebih baik.

Sahabat bisa bergerak sendiri (freelance) atau masuk ke dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Sektor Industri

4. Jurnalis

4. Jurnalis

wikimedia.org

Jurusan sastra Indonesia memang lekat masa depannya sebagai jurnalis. Merangkum suatu kejadian atau berita menjadi sebuah gagasan tulisan yang mudah dipahami oleh banyak orang.

Tidak semua orang bisa menulis gagasan ini dalam Bahasa Indonesia dengan baik, namun bagi mahasiswa sastra Indonesia sudah menjadi makanan sehari-hari. Masa depan untuk pekerjaan ini tentu indah, lho Sahabat!

5. Penulis script film

5. Penulis script film

freelancewriting.com

Merangkai suatu cerita dari novel atau gagasan pikiran dan menuangkannya menjadi karya tulisan memang tidak mudah, apalagi ada kaitannya dengan dunia film.

Tugas seorang script writer adalah menulis script yang akan dipahami oleh aktor dan sutradara. Dari tulisan itulah akan tergambar bagaimana ekspresi yang harus dilakukan oleh aktor tersebut.

Peran seorang sastra Indonesia sangat penting di sini, menuangkan sebuah gambaran yang ada dipikiran ke dalam kertas berupa script film. Soal gajinya jangan ditanya ya Sahabat, tentu angka kisarannya sangat besar.

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Perfilman Terbaik di Indonesia

6. Leksikografer

Leksikografer

shutterstock.com

Prospek kerja jurusan sastra Indonesia selanjutnya adalah Leksikografer. Profesi ini memang jarang didengar oleh masyarakat umum.

Seorang leksikografer ini bekerja untuk mengedit dan menulis kamus besar. Walau jarang terdengar namanya, namun pekerjaannya sangat penting sekali.

7. Editor

prospek kerja sastra indonesia

evolvingweb.ca

Dalam suatu perusahaan media, ada banyak posisi yang bisa Sahabat ambil sebagai lulusan sastra Indonesia yaitu editor.

Setelah karya dibuat oleh seorang jurnalis maka langkah selanjutnya adalah editorial. Di mana naskah atau gagasan akan diedit kembali agar sesuai dengan peraturan perusahaan media tersebut.

Editorial ini juga banyak mengedit kata-kata yang tidak sesuai dengan EYD. Jadi penting sekali untuk mengambil anak-anak dari lulusan sastra Indonesia.

Nah itulah beberapa prospek kerja sastra Indonesia yang bisa Sahabat ketahui. Di dunia kerja akan ada banyak sekali posisi dan tantangannya masing-masing. Selama Sahabat mampu berkembang di dalamnya tentu akan lebih sukses. Selamat berjuang!

 

 

1 Comment

Most Popular

To Top