Career and Education

10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Sektor Industri

Yuk, kuliah sastra Inggris!

Banyak yang tidak menyangka jika lulusan sastra Inggris memiliki prospek yang cerah. Kebanyakan masih berpikir jika seorang sastra Inggris hanya bekerja sebagai penerjemah atau tenaga pendidik.

Nyatanya, di luar sana banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan lulusan ini.

Dari sekian banyak prospek masa depan tersebut, Sahabat bisa memilih salah satu dari daftar yang sudah Jitaksara siapkan. Simak di bawah ini, ya!

1. Tenaga didik

prospek kerja sastra inggris

minutemediacdn.com

Lulusan sastra Inggris juga dibekali dengan mental pengajar saat kuliah. Hal ini bisa berguna ketika Sahabat memilih untuk bekerja sebagai tenaga didik.

Mau menjadi seorang guru di sekolah, dosen, pengajar kursus atau volunteer pun juga bisa.

Jangan hanya melihat sebagai tenaga pengajar lokal saja lho Sahabat, ada banyak penawaran menjadi tenaga pengajar untuk negara lain.

Misalnya di beberapa universitas di Australia yang membuka kelas Bahasa Indonesia.

2. Editor

Editor

romadecade.org

Semakin berkembangnya media online sekarang ini juga membutuhkan semakin banyak tenaga kerja. Salah satunya adalah editor untuk menyunting naskah atau artikel yang ingin diterbitkan.

Tugas editor ini untuk media adalah mengecek dan menulis ulang rangkaian kata yang tidak sesuai dengan kaidah yang berlaku.

Jadi ibaratnya, seorang editor ini adalah pemolesnya agar tampil semakin menawan. Sahabat bisa memilih pekerjaan ini untuk prospek masa depan yang cerah.

3. Penulis

Penulis

ninaamir.com

Pilihan ini banyak diambil oleh lulusan sastra Inggris karena sudah sewajarnya jika masuk dalam jurusan ini akan menghasilkan suatu karya sastra.

Pekerjaan ini memungkinkan Sahabat aktif untuk menciptakan dan mengembangkan karya fiksi atau non fiksi. Banyak juga perusahaan media yang membutuhkan lulusan ini sebagai content creatornya.

Baca juga: 7 Tempat Belajar TOEFL Online Gratis dan Mudah Dipahami

4. Penerjemah

Penerjemah

verbatimlanguages.com

Sebetulnya, lulusan dari sastra Inggris ini lebih memiliki banyak peluang di masa depan. Sebagai contoh dalam dunia translation, entah itu dalam bentuk lisan atau tulisan.

Sahabat bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang luar negeri sehingga penawaran untuk menjadi penerjemah pun semakin terbuka.

Sahabat bisa bekerja secara mandiri (freelancer) atau ikut dalam suatu perusahaan.

5. Ahli bahasa

prospek kerja sastra inggris

dculs.dcu.ie

Pekerjaan satu ini juga cocok bagi Sahabat yang mengambil konsentrasi linguistik saat kuliah.

Seorang ahli bahasa bekerja untuk meneliti interaksi unsur bahasa dan meneliti hubungan antara satu bahasa dengan bahasa lain.

Jadi hampir mirip seperti penerjemah namun memiliki tingat di atasnya lagi.

6. Asisten editorial

6. Asisten editorial

gearpatrol.com

Dalam sebuah perusahaan media, ada beberapa posisi yang bisa Sahabat ambil yaitu jurnalis, editor dan eksekutif direktur.

Nah bagi Sahabat yang baru saja lulus dari sastra Inggris bisa mengambil asisten editor sebelum terjun ke posisi editor.

Dengan mengetahui dan menguasai bagian tersebut, Sahabat bisa lebih berkembang dan mengambil pekerjaan yang lebih tinggi lagi.

Baca juga: 10 Jurusan yang Jarang Diminati Tapi Dibutuhkan di Dunia Kerja

7. Eksekutif periklanan

7. Eksekutif periklanan

linkedin.com

Seorang yang bekerja sebagai eksekutif periklanan memiliki tanggung jawab yang besar. Hal ini berhubungan dengan kerjasama iklan antara klien dan perusahaan.

Semua komunikasi harus lancar dan jelas pada pihak yang terlibat di dalamnya. Maka dari itu lulusan dari sastra Inggris sangat dibutuhkan dalam hal ini.

8. Pemandu wisata

8. Pemandu wisata

getyourguide.com

Bagi Sahabat yang punya hobi traveling dan baru saja lulus dari jurusan sastra Inggris tentu akan cocok dengan pekerjaan ini.

Pemandu wisata atau tour guide membutuhkan skill bahasa yang tinggi. Sahabat bisa menyampaikan informasi terkait tempat wisata tujuan kepada turis nantinya.

Untuk pendapatannya termasuk tinggi, lho Sahabat!

9. Wirausaha

Wirausaha

aimjakarta.com

Bekerja secara mandiri tentu tidak mudah dilakukan, namun anak muda sekarang ini banyak yang menekuninya.

Salah satunya adalah lulusan sastra Inggris yang membuka usaha sendiri seperti les privat, jasa penerjemah, travel agent dan masih banyak lagi.

Dengan bekerja secara mandiri, Sahabat bisa lebih leluasa mengembangkan diri bersama dengan orang baru nantinya.

10. Staf diplomatik

prospek kerja sastra inggris

cufi.org.uk

Banyak orang yang menyangka jika staf diplomatik harus diambil dari lulusan hubungan internasional.

Namun kenyataannya justru lulusan sastra Inggris juga banyak dibutuhkan.

Staf diplomatik ini diambil dari lulusan sastra Inggris karena banyak ditempatkan sebagai pengajar, staf penerjemah, editor dan masih banyak lagi.

Nah itulah beberapa prospek masa depan bagi lulusan sastra Inggris. Pastinya masa depan akan lebih cerah lagi jika Sahabat bersungguh-sungguh dalam belajar. Terus berjuang, ya!

1 Comment

Most Popular

To Top