Career and Education

5 Prospek Kerja Teknologi Pangan. Masa Depan Cerah, lho!

Yuk, kuliah teknologi pangan!

Dibandingkan dengan jurusan lain, jurusan teknologi pangan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

Selain karena prospek kerjanya yang bagus, hanya sedikit universitas yang membuka jurusan teknologi pangan.

Jadi peluangnya untuk bersaing mendapatkan pekerjaan jadi lebih mudah. Berbagai instansi dari swasta atau pemerintahan pun juga daya serapnya tinggi untuk lulusan ini.

Dari sekian banyaknya prospek kerja tersebut, Jitaksara sudah mengambil beberapa pilihan bagus di bawah ini. Simak, ya Sahabat!

1. Pengembangan produk pangan

prospek kerja teknologi pangan

radiantenergyllc.com

Setiap perusahaan atau lembaga pangan pasti punya tim untuk pengembangan produknya.

Inilah yang membuat lulusan teknologi pangan disegani karena di dalamnya ada banyak resep rahasia perusahaan.

Sahabat akan turut serta mengembangkan produk sekarang ini untuk menarik minat pelanggan lebih banyak. Misalnya saja pengembangan pada rasa, bentuk atau varian dari produk tersebut.

Peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan posisi lainnya yang ada di perusahaan.

Biasanya, perusahaan lebih menyukai Sahabat yang memiliki pemikiran kreatif dan di luar kotak untuk ditempatkan pada posisi ini.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Penyiar Radio. Ada Saran dari Penyiar Profesional, lho!

2. Instansi pemerintahan

2. Instansi pemerintahan

suara.com

Tak hanya perusahaan swasta saja, Sahabat juga bisa melamar pekerjaan di instansi pemerintahan.

Ada beberapa instansi yang terkait dengan pangan seperti BPOM, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan dan masih banyak lagi.

Ada banyak pekerjaan yang bisa mengasah potensi yang Sahabat miliki di bidang pangan. Selain itu, instansi pemerintah juga dianggap memiliki masa depan yang cerah saat ini.

Di tempat ini Sahabat juga bisa berkarya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat mulai dari pengembangan produk, pengolahan, dan promosi untuk produk mereka.

3. Konsultan pangan dan gizi

3. Konsultan pangan dan gizi

npif.co.uk

Mereka yang bekerja sebagai konsultan pangan dan gizi ini biasanya memberikan konsultasi pada berbagai industri makanan.

Misalnya tentang bagaimana produksinya, perangkat yang digunakan, trend produk dan kualitas produk.

Selain itu dengan menggunakan konsultan pangan dan gizi ini, perusahaan jadi lebih tahu tentang permasalahan yang selama ini mereka hadapi.

Untuk memiliki profesi ini, Sahabat harus benar-benar menguasai bidang pangan dan berbagai aspek yang terkait di dalamnya.

Konsultan pangan dan gizi yang sudah profesional memiliki bayaran yang sangat tinggi untuk setiap konsultasi yang mereka lakukan.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Sastra Inggris di Berbagai Sektor Industri

4. Quality control

4. Quality control

manufacturingglobal.com

Kebanyakan lulusan dari teknologi pangan banyak yang bekerja sebagai Quality Control atau Pengendalian Mutu.

Pekerjaan ini memastikan setiap pengolahan pangan sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku. Walaupun pabrik tersebut menggunakan mesin otomatis tetap saja membutuhkan seorang Quality Control.

Mulai dari persiapan bahan, pengolahan bahan, packing hingga pengiriman pun harus tetap terkontrol dengan baik.

Biasanya lulusan dari teknologi pangan ini mengawali karirnya sebagai Quality Control. Setidaknya Sahabat perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar sebagai seorang Quality Control.

5. Wirausaha

prospek kerja teknologi pangan

insurancejournal.com

Salah satu cara untuk ikut serta membangun bangsa adalah dengan mengembangkan ekonomi rakyat. Dalam hal ini Sahabat bisa ikut berperan serta menjadi wirausaha dalam bidang pangan.

Berbagai produk olahan pangan memang lebih laris dan mudah diterima oleh masyarakat. Selain itu potensinya pun juga besar di luar negeri.

Namun Sahabat juga perlu belajar aspek lain seperti manajemen perusahaan dan manajemen produksi. Setelah berkembang nantinya, Sahabat juga bisa mendirikan pabrik sendiri.

Itulah beberapa prospek masa depan untuk lulusan teknologi pangan. Sahabat kini bisa lebih serius dalam belajar untuk menggapai masa depan yang lebih baik lagi. Selamat belajar, ya!

1 Comment

Most Popular

To Top