Gadget

6 Radiasi HP Tertinggi yang Beredar di Tahun 2019. HP-mu Termasuk?

radiasi hp tertinggi

Apakah smartphone-mu masuk dalam daftar ini?

Teknologi smartphone kini sudah lebih maju dari sebelum-sebelumnya. Teknologi yang ditanam di dalamnya bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti chatting, browsing, memotret, dan bahkan untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Nah, teknologi ini tentunya tak lepas dari kadar radiasi yang dipancarkan oleh smartphone tersebut. Menurut Federal Communications Commission (FCC) memberikan syarat maksimal SAR pada smartphone tak lebih dari 1,6W/kg.

SAR atau specific absorption rate ini merupakan ukuran laju energi yang diserap oleh manusia jika terkena frekuensi radio elektromagnetik. Tak hanya di smartphone, SAR ini juga ditemukan di MRI Scanner yang ada di rumah sakit. Nah bagi Sahabat yang penasaran tentang radiasi smartphone manakah yang paling tinggi, simak daftar yang sudah Jitaksara siapkan di bawah ini ya!

1. Xiaomi Mi A1 (1,75W/kg)

radiasi hp tertinggi

Urutan pertama ditempati oleh Xiaomi Mi A1 yang memiliki kadar SAR mencapai 1,75W/kg, angka yang lebih tinggi dari yang disyaratkan oleh FCC. Tingkat radiasi yang tinggi memang dikhawatirkan mengganggu kesehatan dan keamanan bagi penggunanya. Jadi perlu bijaksana dalam memilih smartphone tersebut, ya Sahabat!

2. OnePlus 5T (1,68W/kg)

2. OnePlus 5T (1,68W/kg)

Peringkat kedua ditempati oleh smartphone merk OnePlus 5T yang kadar SARnya juga diambang batas sesuai yang disyaratkan. Lewat situs Statista menyebutkan bahwa smartphone ini memiliki radiasi yang tinggi dibandingkan dengan smartphone lainnya.

3. Xiaomi Mi Max 3 (1,58W/kg)

3. Xiaomi Mi Max 3 (1,58W/kg)

Lagi-lagi dari merk Xiaomi yang memiliki kadar radiasi yang tinggi. Pada merek ini tercatat kadar SARnya mencapai 1,58W/kg. Walau masih dibawah ambang batas yang disyaratkan namun nilainya juga mendekati kadar yang disyaratkan. Smartphone ini dikenal sebagai smartphone andalan bagi para gamers karena dukungan perangkat yang ditanamkan di dalamnya. Terdapat RAM kapasitas 6 GB, internal 128 GB dan versi Android OS 8.1 Oreo.

4. OnePlus 6T (1,55W/kg)

4. OnePlus 6T (1,55W/kg)

Smartphone yang dilengkapi dengan Android OS versi 9.1 Pie, Corning Gorilla Glass 6 dan berbagai fitur lainnya sangat mendukung aktivitas Sahabat. Namun tak memungkiri bahwa smartphone ini juga memiliki kadar SAR yang cukup tinggi yaitu 1,55W/kg. Smartphone OnePlus 6T juga masuk ke dalam daftar ponsel pintar yang memiliki radiasi paling tinggi.

5. HTC U12 Life (1,48W/kg)

radiasi hp tertinggi

Ada juga merk HTC yang memiliki kadar radiasi yang tinggi yaitu HTC U12 Life. Dikenal sebagai smartphone terbaru dengan kapasitas RAM 4 GB, internal 64 GB dan dual kamera ini memang menjadi andalan bagi penggemarnya. Lewat situs Statista, merk ini juga masuk ke dalam daftar smartphone dengan radiasi yang tinggi yaitu 1,48W/kg. Walaupun memiliki radiasi yang tinggi, tak menyurutkan niat peminatnya untuk membeli smartphone ini.

6. Xiaomi Mi Mix 3 (1,45W/kg)

6. Xiaomi Mi Mix 3 (1,45W/kg)

Dalam daftar terakhir smartphone dengan radiasi tertinggi masih ditempati oleh merk Xiaomi Mi Mix 3 dengan kadar SAR mencapai 1,45W/kg. Walau sebenarnya banyak perangkat yang sudah ditanamkan di dalamnya begitu canggih. Smartphone ini sangat cocok bagi Sahabat pecinta game bergrafis HD karena bisa mudah menjalankan tanpa adanya gangguan. Namun perlu berhati-hati karena kadar radiasinya juga termasuk tinggi. Batasi untuk tidak selalu menggunakan smartphone tersebut agar tubuh tetap terjaga.

Nah itulah daftar smartphone dengan kadar radiasi yang tinggi. Apakah smartphone Sahabat termasuk dalam salah satunya? Terlepas smartphone tersebut memiliki radiasi tinggi atau tidak, Sahabat perlu bijaksana dalam menggunakannya, ya!

Click to comment

Most Popular

To Top