Career and Education

7 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yang Ada di Indonesia

sekolah tinggi ikatan dinas

Berminat jadi taruna?

Di Indonesia ada banyak sekali sekolah tinggi ikatan dinas yang sudah ada. Sekolah tinggi ikatan dinas yang dimaksud adalah sekolah yang mengajarkan pendidikan profesional ke bidangnya masing-masing dan ketika lulus nantinya sudah ada ikatan kerja dengan dinas terkait. Jadi tak perlu susah mencari pekerjaan karena setelah lulus bisa langsung kerja, lho Sahabat.

Berbagai sekolah tinggi tersebut menjadi incaran bagi lulusan SMA ataupun SMK karena memang terbaik dan lulusannya terjamin untuk bisa bekerja bagi negara. Namun dalam sekolah tinggi tersebut persaingan dan sistem pendidikannya pun berbeda dengan sekolah tinggi lain. Jadi perlu mempersiapkan diri lebih baik karena yang dicari oleh sekolah tersebut juga harus memiliki SDM yang bagus pula.

Nah di bawah ini ada beberapa rekomendasi sekolah tinggi ikatan dinas yang ada di Indonesia nih bagi Sahabat yang sedang mencarinya. Simak informasi dari Jitaksara di bawah ini!

1. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

STPI

Sekolah tinggi ikatan dinas yang pertama adalah STPI yang berlokasi di Curug, Tangerang, Banten. STPI ini berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia langsung, lho Sahabat. Di sekolah ini nantinya putra-putri terbaik Indonesia akan menjadi SDM yang ahli dan terampil di bidang penerbangan. Tak hanya itu saja, didikannya pun diakui secara nasional dan internasional. Jadi sangat pas jika Sahabat yang bercita-cita menjadi pilot untuk masuk ke sekolah tinggi ini.

2. Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)

STTD

Ada juga sekolah tinggi ikatan dinas yang berhubungan tentang transportasi darat, lho Sahabat. Namanya adalah STTD yang berada di bawah naungan  Kementerian Perhubungan. STTD memiliki tugas untuk menyelenggarakan pendidikan profesional pada bidang transportasi darat tersebut. Sekolah tinggi ini menyediakan 1 program diploma II, 3 program diploma III dan 1 program diploma IV. Program tersebut seperti:

  1. Program Diploma II PKB (Penguji Kendaraan Bermotor)
  2. Program Diploma III LLASDP (Lalu Lintas Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan)
  3. Program Diploma III Perkeretaapian
  4. Program Diploma III Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
  5. Program Diploma IV Transportasi Darat

3. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG

Sekolah tinggi yang berada di bawah naungan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ini sangat cocok bagi Sahabat yang gemar akan geografi dan fisika. Baik tentang cuaca, bencana alam, tentang planet, bumi dan alam semesta bisa dipelajari di sini. Tentunya dengan beasiswa full cover (penuh) dapat menunjang pendidikan Sahabat lebih baik ke depannya.

Baca juga: 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

4. Sekolah Tinggi Intelejen Negara (STIN)

STIN

Ada juga sekolah tinggi negara yang bergerak di bidang intelejen, lho Sahabat. Jadi hampir mirip seperti di film, Sahabat akan mempelajari banyak hal dalam dunia intel. Jadi Sahabat siap-siap untuk terjun ke dunia intel seperti yang ada di film, ya!

Berbagai program studi dalam sekolah tinggi ini dipersiapkan bagi Sahabat yang berminat serius di bidang tersebut. Setelah lulus nantinya akan ada ikatan dinas dan bisa langsung dapat kerja. Sahabat bisa berkunjung ke daerah Sentul Bogor, Jawa Barat untuk datang ke lokasi sekolah tinggi tersebut.

5. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

sekolah tinggi ikatan dinas

Ternyata di Indonesia ada sekolah tinggi yang bergerak di bidang siber dan persandian, lho Sahabat. sekolah tinggi ikatan dinas ini bernama STSN yang berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia.

Jadi soal keamanan data negara akan terjamin penuh karena pendidikan di dalamnya sangat profesional. Tantangan akan perkembangan teknologi dunia kini kian tinggi sehingga membutuhkan peningkatan kualitas SDM yang mumpuni juga, terutama jika berurusan dengan data rahasia negara, keren kan Sahabat!

6. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

sekolah tinggi ikatan dinas

Sekolah tinggi ikatan dinas selanjutnya adalah STIS yang bergerak di bidang statistika di bawah naungan BPS sejak 1958 lalu. Lulusan dari jenjang SMA jurusan IPA akan dididik menjadi ahli statistik untuk negara. Nah, STIS ini merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang memiliki fungsi mengembangkan dan menyebarkan ilmu pengetahuan nih Sahabat. Ada dua jurusan yang ada yaitu Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik. Berminat masuk ke sekolah tinggi ini, Sahabat?

7. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

STAN

Setiap lulusan SMA dan SMK pasti banyak yang mengenal STAN atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ini. STAN merupakan sekolah tinggi yang berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Selama menjalani pendidikan di STAN ini, Sahabat tidak dipungut biaya sepeser pun dan tidak ada asrama.

Beberapa program studi yang disediakan adalah Diploma III/IV Akuntansi, Diploma I/III Pajak, Diploma III Penilai / Pajak Bumi dan Bangunan, Diploma I/III Kepabeanan dan Cukai, Diploma I/III Kebendaharaan Negara, dan Diploma III Manajemen Aset.

Nah dari banyaknya sekolah tinggi ikatan dinas di atas yang mana yang menjadi incaran Sahabat? Tentunya belajar lebih giat lagi untuk dapat masuk ke sekolah tinggi tersebut, ya Sahabat!

2 Comments

Most Popular

To Top