Parenting

11 Tanda-Tanda Hamil Awal yang Jarang Disadari. Mana yang Sudah Kamu Rasakan?

Mana yang sudah kamu rasakan?

Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu karena sebagai pertanda hadirnya buah hati dalam keluarga. Momen bahagia ini bisa diketahui melalui tanda-tanda hamil yang biasanya dirasakan oleh wanita hamil.

Biasanya bagi mereka yang masih mengalami kehamilan pertama akan bingung apa saja tanda-tanda kehamilan tersebut. Beberapa orang mengatakan bahwa ciri-cirinya hampir mirip seperti saat menstruasi. Namun bisa saja hal tersebut memang menstruasi atau bisa juga sebagai tanda kehamilan.

Jika memang sebelumnya Sahabat melakukan program sebelum kehamilan maka perlu mengeceknya secara berkala. Dikhawatirkan jika sampai orang tersebut tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil maka bisa berdampak buruk bagi janinnya.

Nah Sahabat, Jitaksara sudah menyiapkan berbagai infomasi tersebut di bawah ini agar mudah untuk dipahami. Simak baik-baik, ya!

1. Tanda kehamilan pertama, terjadi perubahan payudara

tanda tanda hamil

shutterstock.com

Tanda kehamilan yang pertama adalah terjadinya perubahan pada payudara. Biasanya mereka yang mengalami hamil pertama akan merasakan payudara mereka bertambah besar. Selain itu payudara akan terasa lebih sensitif dan nyeri saat dipegang. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormon progresteron dan esterogen selama masa kehamilan. Jadi jangan heran jika payudara akan terasa lebih sensitif ketika tersentuh, ya Sahabat!

Baca juga: 9 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Ibu Hamil Wajib Ketahui

2. Muncul flek dan keram perut seperti orang hamil umumnya

tanda tanda hamil

theindependent.co.uk

Bercak darah ini datang sebelum menstruasi selanjutnya. Biasanya akan terjadi antara 8 sampai 10 hari setelah terjadi ovulasi (pembuahan). Bercak darah ini bisa menjadi ciri-ciri kehamilan karena disebabkan implantasi atau menempelnya embrio ke dinding rahim.

Biasanya ketika seseorang merasakan kehamilan pertama akan mengira sebagai menstruasi dini. Bercak darah ini biasanya diikuti dengan kram perut yang terjadi secara teratur dan berlanjut sampai trimester kedua.

Bercak dan flek ini juga perlu diwaspadai ketika seseorang sudah dinyatakan positif hamil karena bisa menjadi indikasi kesehatan di dalam rahim. Periksakan diri jika dirasa terdapat bercak dengan warna yang tidak normal setelah dinyatakan hamil.

3. Morning sickness

3. Morning sickness

happyfamilyorganics.com

Tanda-tanda kehamilan ini yang paling mudah dikenali jika Sahabat benar-benar hamil. Tanda morning sickness terjadi akibat hormon HCG yang meningkat secara drastis. Peningkatan hormon ini juga terjadi di saluran kencing, maka dari itu orang yang hamil pasti sering keluar masuk toilet.

Jika dirasa Sahabat merasakan morning sickness ini bisa langsung menggunakan test pack untuk membuktikan kehamilan tersebut. Rasa mual dan muntah ini akan berangsur-angsur hilang setelah memasuki trimester kedua.

Apabila rasa mual tersebut masih berlanjut setelah melewati trimester kedua maka harus segera memeriksakan diri ke dokter. Morning sickness ini tidak hanya terjadi saat pagi saja, namun bisa juga terjadi saat siang atau malam hari.

Indera penciuman wanita hamil akan lebih sensitif, jadi ketika tercium bau yang agak menyengat pasti akan langsung mengalami hal tersebut.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

4. Sering buang air kecil

4. Sering buang air kecil

theindependent.co.uk

Tak heran jika wanita hamil akan lebih sering ke toilet untuk buang air kecil. Hal ini disebabkan karena janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan kandung kemih sehingga mengalami peningkatan sirkuliasi darah.

Selain itu kandung kemih tersebut akan cepat penuh dan membuat orang tersebut berkeinginan untuk buang air kecil. Walaupun dirasa terlalu sering buang air kecil, itu merupakan pertanda yang normal.

Jadi jangan sampai untuk membatasi atau menahannya, ya Sahabat! Agar tidak dehidrasi, Sahabat perlu mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya secara optimal.

5. Sering pusing dan sakit kepala

5. Sering pusing dan sakit kepala

hawaiipacifichealth.org

Merasa pusing dan sakit kepala berlebih? Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu pertanda kehamilan awal. Sakit kepala ini disebabkan karena faktor fisik seperti tekanan darah rendah, mual, lapar dan rasa lelah yang tak biasa.

Penyebab lainnya juga bisa dari depresi atau perasaan yang tegang. Jangan buru-buru mengonsumsi obat karena jika Sahabat sedang hamil bisa membahayakan janin yang terkandung. Ada baiknya untuk mengecek kepastian kehamilan tersebut sebelum mengonsumsi obat sakit kepala.

6. Lelah dan mengantuk

6. Lelah dan mengantuk

today.com

Mudah lelah dan mengantuk disebabkan oleh perubahan hormonal di dalam tubuh seseorang. Hal ini juga terkait dengan kinerja organ tubuh lain seperti ginjal, paru-paru dan jantung. Apabila akhir-akhir ini Sahabat sering sekali merasa kelelahan bisa berarti tanda kehamilan awal.

Organ vital tersebut akan bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya karena untuk perkembangan janin juga. Semakin membesar perut ibu nantinya akan semakin memberikan beban bagi tubuh ibu tersebut. Selalu jaga kondisi dan kebugaran tubuh, ya Sahabat!

7. Sembelit

7. Sembelit

doktersehat.com

Seseorang yang hamil tidak akan lepas dari masalah sembelit. Efek ini memang bisa terjadi karena peningkatan hormon progesteron di dalam tubuh.

Hormon ini bekerja untuk mengendurkan otot rahim sehingga otot dinding usus juga mengendur. Itulah sebabnya ibu hamil pasti mengalami sembelit. Namun ada sisi positif dari sembelit tersebut, penyerapan nutrisi akan leih optimal ke dalam tubuh.

Sahabat bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi lebih banyak makanan berserat tinggi agar pencernaan semakin lancar. Selain itu dukung juga dengan nutrisi tambahan lain untuk mengurangi masalah sembelit tersebut.

Baca juga: 5 Makanan Agar Cepat Hamil yang Wajib Dikonsumsi Saat Promil

8. Sering meludah

8. Sering meludah

personalcaredentistry.com

Hipersalivasi atau seringnya meludah ini dipicu oleh perubahan hormon estrogen dan biasanya terjadi saat trimester pertama. Seperti morning sickness, tanda ini juga akan hilang dengan sendirinya saat memasuki trimester kedua.

9. Peningkatan temperatur basal tubuh

9. Peningkatan temperatur basal tubuh

popmama.com

Saat terjadi kehamilan tersebut, tubuh akan mengalami peningkatan basal selama masa kehamilan. Kondisi peningkatan ini pun juga tidak akan turun seperti saat sebelum terjadinya ovulasi. Walau sebetulnya, semua tanda-tanda kehamilan ini merupakan tanda pribadi. Artinya, tidak semua orang memiliki tanda yang sama.

10. Tanda seperti saat menstruasi

tanda tanda hamil

hellosehat.com

Banyak yang sudah terjadi jika tanda kehamilan mirip seperti menstruasi. Ketidaktahuan seseorang mengenali tanda kehamilan ini akan menyebabkan kasus buruk ke depannya. Misalnya saja keguguran atau preeklampsia pada tubuh ibu hamil.

Keguguran ini juga dapat terjadi karena aktivitas atau konsumsi makanan yang salah. Ditambah lagi dengan ketidaktahuan ini bisa menyebabkan potensi yang lebih buruk lagi. Jadi ketika terjadi tanda-tanda tersebut alangkah baiknya untuk mengecek dengan menggunakan test pack kehamilan, ya Sahabat.

11. Dukung langkah kehamilan yang tepat

tanda tanda hamil

purchasemedicineonline.in

Satu hal yang tak kalah penting dari setiap tanda-tanda tersebut. Jika Sahabat sudah mendapati jika hasil dari kehamilan tersebut adalah positif maka harus langsung mendukungnya dengan berbagai produk bernutrisi. Bisa dari susu kehamilan atau suplemen lain yang direkomendasikan.

Pada tahap trimester pertama ini sangat penting sekali untuk memenuhi nutrisi bagi janin yang dikandung. Pasalnya, bentuk tubuh dan jaringan tubuhnya akan terbentuk dari awal trimester pertama ini. Jika asupan yang diberikan cukup, maka perkembangan tubuh dan otaknya semakin lebih baik.

Nah itulah beberapa tanda-tanda kehamilan yang perlu Sahabat ketahui. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter masing-masing perihal program hamil atau program sebelum hamil. Hal ini bertujuan untuk menjaga perkembangan tubuh si kecil semakin lebih sempurna.

Click to comment

Most Popular

To Top