Parenting

Test Pack Negatif Tapi Hamil? Ini Penjelasannya!

Simak penjelasannya di sini!

Menstruasi yang terlambat biasanya menjadi pertanda awal bahwa seseorang tengah berbadan dua. Namun untuk membuktikan kebenarannya dibutuhkan alat khusus yaitu test pack kehamilan.

Ada satu kasus di mana seseorang sudah melakukan test pack namun hasilnya negatif. Beberapa hari kemudian untuk memastikannya, dirinya mendapatkan hasil yang positif dari dokter terkait.

Lalu bagaimana kondisi ini bisa terjadi dan apa penyebabnya? Ada banyak faktor yang bisa terjadi salah satunya adalah kadar hCG yang berbeda-beda pada setiap wanita.

Untuk lebih jelasnya, Sahabat Jitaksara bisa melihat informasi tentang apa saja yang menjadi faktor penyebab test pack negatif. Yuk simak di bawah ini, Sahabat!

1. Pengetesan terlalu awal

test pack negatif tapi hamil

bukalapak.com

Sahabat dinyatakan sedang hamil oleh dokter namun sebelumnya sudah dilakukan pengecekan dan hasilnya negatif.

Hal ini bisa terjadi karena pengetesan dilakukan lebih dini sehingga hasilnya negatif. Kadar hCG yang belum muncul di urine ini menjadi penyebabnya.

Ini juga bisa terjadi karena tidak semua wanita memiliki kadar hCG yang sama dalam urine mereka.

Sahabat bisa rutin mengecek kehamilan dengan alat test pack selama seminggu sekali untuk memastikannya.

2. Banyak minum air putih

test pack negatif tapi hamil

medicalnewstoday.com

Banyak menimun air putih juga bisa membuat kadar hCG di dalam urine menjadi encer. Jadi hal ini sulit dideteksi dengan test pack biasa.

Seringnya, wanita yang sudah mengetesnya akan mendapatkan hasil yang negatif sehingga mengira bahwa dirinya tidak hamil.

Usahakan untuk mengurangi minum air putih sebelum melakukan pengecekan kehamilan tersebut.

Baca juga: 7 Larangan Ibu Hamil Muda. Jangan Dilakukan, ya!

3. Tingkat sensitif alat tes yang berbeda

bukalapak.com

Dari beberapa produk test pack yang beredar memiliki tingkat sensitif yang berbeda-beda juga. Ada yang bisa mendeteksi kadar hCG sampai 10 mlU/mL namun ada juga yang sampai di 50 mlU/mL.

Misal Sahabat sudah mengetesnya namun tidak terjadi apa-apa padahal dinyatakan hamil, bisa jadi alat test pack tersebut memiliki daya sensitif yang rendah.

Hasil tes yang kurang akurat juga bisa disebabkan karena pengetesan dilakukan sebelum periode menstruasi.

4. Alat test pack sudah kadaluarsa

grid.id

Biasanya, masa kadaluarsa dari alat test pack adalah 2 – 3 tahun lamanya. Jika sudah melewati masa kadaluarsa tersebut maka hasilnya tidak akan akurat.

Sahabat bisa mengecek tanggal kadaluarsanya sebelum membeli dan menggunakan alat test pack tersebut.

5. Urine yang keluar sedikit

self.com

Saat ingin melakukan pengetesan sebaiknya Sahabat menyiapkan wadah khusus untuk menampung urine. Kebersihan dari wadah tersebut perlu dijaga agar tidak mempengaruhi hasil tes yang dilakukan.

Kebanyakan test pack memang tidak menyediakan wadah khusus, jadi Sahabat perlu mempersiapkannya sendiri.

Baca juga: 11 Tanda-Tanda Hamil Awal yang Jarang Disadari. Mana yang Sudah Kamu Rasakan?

6. Test pack terlalu lama dibiarkan terbuka

test pack negatif tapi hamil

orami.co.id

Ketika Sahabat sudah membuka alat tes sebaiknya langsung segera menggunakannya. Jika dibiarkan berada di udara terbuka maka hasilnya tidak akan akurat atau bahkan tidak ada hasil sama sekali.

Sahabat bisa mempersiapkan wadah terlebih dahulu sebelum membuka test pack dan menggunakannya.

7. Memiliki kadar hCG di bawah normal

test pack negatif tapi hamil

hellosehat.com

Salah sastu penyebabnya adalah rendahnya kadar hCG yang ada di dalam tubuh. Bisa jadi karena gaya hidup yang tidak sehat atau kegiatan lain yang bisa mempengaruhi kadar tersebut.

Selain itu adanya kehamilan ektopik juga bisa menjadi penyebabnya.

Kehamilan ektopik adalah kondisi abnormal di mana embrio tidak menempel di dinding rahim namun justru di tempat lain seperti tuba falopi. Hanya sekitar 10% wanita saja yang memiliki masalah ini.

Untuk benar-benar memastikannya, Sahabat bisa melakukannya pengetesan seminggu sekali. Selain itu perlu datang ke dokter kandungan untuk memastikan benar atau tidaknya Sahabat sedang mengandung.

Click to comment

Most Popular

To Top