Parenting

8 Tips Puasa untuk Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman

tips ibu hamil puasa

Perhatikan tips ini agar puasa tetap lancar, Sahabat

Sudah sewajarnya jika memasuki bulan puasa maka umat Islam akan menjalankan ibadah puasa. Hal ini termasuk pada ibu hamil dan menyusui walau hukumnya tidak wajib. Nah, dalam puasa ini tubuh akan bertahan seharian tanpa ada tambahan makanan yang masuk. Tubuh akan lebih banyak kekurangan cairan dan sering merasa lelah. Untuk itulah perlu mengoptimalkan ibadah tersebut dengan berbagai cara terutama bagi ibu hamil.

Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat Sahabat lakukan untuk dapat berpuasa saat sedang hamil. Yuk simak tips dari Jitaksara di bawah ini, Sahabat!

1. Hindari stres saat berpuasa

1. Hindari stres saat berpuasa

Sebisa mungkin dalam beraktivitas sehari-hari untuk dapat menghindari stres yang berlebih terutama selama berpuasa. Ketika hormon stres ini meningkat akan membuat tubuh menjadi lebih memburuk, bahkan bisa berdampak yang tidak diinginkan pada kesehatan ibu dan janinnya.

Untuk itu ketika sedang stres berat, sebaiknya Sahabat berhenti melakukan aktivitas dan segera cari cara untuk relaksasi. Jika Sahabat bekerja di kantor, bisa minta keringanan untuk pekerjaan yang diberikan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan.

2. Hindari mengangkat beban berat atau berjalan jauh

2. Hindari mengangkat beban berat atau berjalan jauh

Bagi Sahabat yang masih hamil sebaiknya untuk menghindari mengangkat beban berat atau berjalan jauh. Bisa juga mengurangi aktivitas rumah tangga yang melelahkan. Jika memang merasa lelah bisa istirahat sejenak, kemudian baru bisa melanjutkan apabila fisik sudah benar-benar sanggup melakukannya. Jangan memaksakan juga untuk berjalan jauh karena bisa menguras banyak energi dan cairan tubuh.

3. Waktu istirahat yang cukup

3. Waktu istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga merupakan kunci kesuksesan dalam masa hamil. Banyak wanita hamil yang waktu istirahatnya kurang atau bahkan sering memaksakan diri. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kandungannya. Jika Sahabat sedang bekerja di kantor, sebaiknya untuk minta keringanan pekerjaan atau waktu tambahan untuk beristirahat apalagi saat menjalani ibadah berpuasa.

4. Makanan khusus

ibu hamil puasa

Saat sahur, Sahabat bisa memilih makanan khusus  yang banyak mengandung karbohidrat kompleks dan serat. Beberapa pilihan makanannya yaitu gandum utuh, buah kering, aneka sayuran, dan masih banyak lagi. Karbohidrat kompleks akan lebih lama memberikan rasa kenyang pada perut sehingga baik dikonsumsi selama bulan puasa.

5. Hindari makanan manis

5. Hindari makanan manis

Berbagai makanan manis dapat membuat kadar gula jadi naik dan turun dengan cepat. Nah ketika kadar gula tersebut berubah dengan cepat akan membuat tubuh Sahabat menjadi lemas dan pusing. Sebaiknya untuk mengonsumsi jenis-jenis makanan ini dan atur porsi gula yang tepat untuk konsumsi sehari-hari.

6. Penuhi kebutuhan protein

6. Penuhi kebutuhan protein

Berbagai makanan yang mengandung banyak protein seperti kacang-kacangan, ikan, telur dan daging utuh yang sudah matang sangat rekomendasi bagi ibu hamil. Protein ini juga membantu menutrisi janin yang sedang dikandungnya. Sahabat perlu memenuhi kebutuhan protein ini untuk tubuh dan kembangnya kandungan, ya!

7. Batasi makanan tinggi lemak

7. Batasi makanan tinggi lemak

Sahabat juga harus membatasi makanan yang berlemak apalagi makanan cepat saji. Hal ini dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan ibu dan janinnya. Pilihlah makanan yang rendah lemak dan tidak terlalu berminyak.

8. Cukupi kebutuhan air minum

ibu hamil puasa

Kebutuhan air minum setiap orangnya berbeda-beda namun rata-rata konsumsi harian adalah 1,5 liter sampai 2 liter per harinya. Selain itu hindari minuman seperti teh dan kopi karena dapat membuat tubuh menjadi lebih mudah dehidrasi.

Demikian beberapa tips berpuasa bagi ibu hamil yang bisa Sahabat ketahui. Jika memang sudah tidak kuat untuk berpuasa sebaiknya bisa membatalkan dulu karena kesehatan ibu dan janinnya lebih penting. Selain itu hindari konsumsi makanan-makan yang membuat ibu hamil menjadi mual. Selamat mencoba, ya Sahabat!

Click to comment

Most Popular

To Top