Travel

Visa Korea Ditolak? Ini Dia Penyebab yang Harus Kamu Hindari!

Hindari hal-hal ini, ya!

Visa Korea merupakan salah satu hal yang wajib dimiliki ketika Sahabat memutuskan untuk berkunjung ke Negeri K-Pop ini. Dengan menggunakan visa maka Sahabat bisa bebas berlibur di Korea Selatan. Namun tak mudah dalam mendapatkan visa Korea Selatan tersebut karena negara ini termasuk negara maju. Jadi aturannya lebih ketat dan sulit dibandingkan dengan negara di sekitarnya.

Penyebab Visa Korea Ditolak

Banyak orang sebelumnya yang mengeluh visa Korea mereka ditolak. Hal ini sangat wajar karena penilaian dari kedutaan Korea sendiri sangat detail dan ketat. Tidak sembarang orang bisa berlibur dengan bebas di negeri ini. Beberapa alasan mengapa visa Korea ditolak seperti:

  1. Terlibat kriminalisme, kejahatan dan aksi teror,
  2. dokumen kurang lengkap,
  3. tidak memiliki cukup dana untuk selama kunjungan ke Korea,
  4. tindakan ilegal,
  5. atau alasan lainnya.

Baca juga: Visa Schengen Ditolak? Ini Dia Penyebab dan Apa yang Harus Dilakukan

Nah untuk itu Sahabat harus benar-benar tahu cara mengurusnya dan apa saja dokumen yang dibutuhkan agar saat pengajuan tidak harus buang-buang uang saja. Yuk simak informasi dari Jitaksara di bawah ini untuk lebih lengkapnya!

visa korea ditolak

thereshegoesagain.com

Syarat dan dokumen pembuatan visa Korea

Bagi Sahabat yang masih pertama kali dalam mengurus visa Korea Selatan tersebut tidak perlu panik. Jitaksara sudah menyiapkan beberapa langkah dan dokumen yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa tersebut. Simak di bawah ini, ya!

1. Waktu pengajuan

Untuk waktu pengajuannya sendiri, Sahabat bisa mulai mengajukannya 3 bulan atau 90 hari sebelum keberangkatan. Semakin lama tenggang waktu pengajuan tersebut akan semakin memudahkan Sahabat untuk mempersiapkannya. Mulai dari titik ini, perjuangan Sahabat akan mulai terasa!

2. Masa berlaku paspor

Pastikan paspor yang Sahabat miliki masih memiliki tenggang waktu yang lama. Untuk amannya, pastikan minimal tersisa 8 bulan sebelum paspor diperpanjang lagi. Jika di bawah itu Sahabat bisa langsung memperpanjangnya dulu di Kantor Imigrasi. Jika memiliki paspor yang sudah digunakan sebelumnya, tak ada salahnya untuk disertakan karena bisa menjadi bahan penilaian untuk bagian pengajuan visa tersebut.

visa korea ditolak

himsydrifter.com

3. Surat sponsor dari kantor

Jika Sahabat merupakan karyawan sebuah perusahaan bisa langsung meminta surat sponsor dari perusahaan. Surat sponsor ini semakin memperkuat pengajuan visa karena bisa menjadi jaminan jika Sahabat akan kembali lagi ke negara asal untuk bekerja. Surat ini bisa diperoleh di HRD masing-masing perusahaan, jangan lupa untuk memintanya dalam bahasa Inggris, ya Sahabat!

Baca juga: 7 Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Tonton

4. Fotokopi SIUP/TDP/HO/NPWP

Jika Sahabat termasuk wirausaha, sebaiknya melampirkan fotokopi dokumen yang dibutuhkan yaitu SIUP/TDP/HO/NPWP. Pastikan jika semua dokumen tersebut asli dan tanpa edit karena jika sampai ketahuan dokumen tersebut palsu, Sahabat bisa dibanned untuk ke Korea seumur hidup.

5. Fotokopi rekening 3 bulan terakhir

Adanya fotokopi dokumen ini juga membuktikan bahwa Sahabat adalah orang yang mampu untuk berlibur di Korea Selatan. Beberapa alasan visa ditolak karena dianggap tidak memiliki dana yang cukup untuk berlibur ke Korea sehingga mereka berpikir bahwa Sahabat akan menetap dan bekerja di sana. Setidaknya untuk bisa hidup di Korea Selatan selama satu hari membutuhkan dana sekitar 1 juta rupiah per harinya, jadi jika ingin berlibur selama 12 hari maka membutuhkan total dana yang tersisa adalah 12 juta rupiah. Sebaiknya Sahabat menyiapkan dana dua kali lebih banyak dari kebutuhan tersebut.

6. Fotokopi identitas

Sudah menjadi hal yang wajar jika setiap pengajuan visa membutuhkan fotokopi dari identitas pribadi. Sahabat perlu menyertakan fotokopi KTP, KK, akte dan surat nikah. Jika berstatus sebagai pelajar maka wajib menyertakan kartu pelajar dan surat keterangan dari instansinya masing-masing.

7. Pas foto berwarna

Ajukan setiap dokumen visa dengan pas foto yang berwarna dengan latar belakang warna putih. Ukurannya 4 x 6, jika ragu bisa membuat salinannya dalam berbagai ukuran. Foto diharuskan menggunakan foto terbaru yang tidak boleh diedit dengan aplikasi apapun.

Baca juga: 10 Drama Korea Terbaru 2018 Rating Tinggi yang Wajib Ditonton

8. Salinan konfirmasi booking hotel, tiket dan itinerary

Salinan dokumen ini juga penting karena dapat membuat kedutaan Korea semakin percaya pada Sahabat jika menyertakannya. Baik dari salinan hotel, jadwal kunjungan, tiket pesawat dan sebagainya perlu dilampirkan.

9. Biaya pembuatan visa

Biaya untuk pembuatan visa Korea Selatan tersebut untuk sekali kunjungan adalah Rp560 ribu dengan masa berlaku di bawah 90 hari. Jika di atas 90 hari maka bisa menyediakan dana sebesar Rp840 ribu. Jika ingin berkunjung beberapa kali ke Korea Selatan, Sahabat perlu menyiapkan dana sekitar Rp1,2 jutaan yang berlaku selama 5 tahun.

10. Formulir permohonan visa

Terakhir, Sahabat perlu mengunduh formulir permohonan visa yang terkait. Pastikan juga untuk print dalam ukuran kertas A4 dan ditulis jelas tanpa adanya coretan. Sahabat bisa mengisinya dengan data pribadi dan sesungguhnya.

Nah itulah beberapa langkah mudah dalam membuat visa Korea Selatan dan alasan mengapa visa Korea ditolak. Jadi kini Sahabat bisa benar-benar mempersiapkannya agar saat berkunjung ke negeri K-Pop tersebut bisa lebih lega dan aman.

 

2 Comments

Most Popular

To Top